Blogger dari Masa ke Masa

 2 Juli 2022/05.59 WIB

I am A Blogger

Gak terasa ya,sudah pertengahan tahun saja,resolusi kamu sudah mulai terpenuhi,beberapa belum? aku masih on going 🥰. Gak papa yang penting jangan berhenti,lakukan terus,perjuangkan terus,layaknya kayuhan sepeda,pada akhirnya usaha kita akan membuahkan hasil.

Pagi ini aku mau share soal Blog nih. Apa itu Blog? Menurut Wikipedia, Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.Seputar Blog.

Dahulu kala,blog ini tidak sepopuler sekarang. Blog digunakan oleh orang-orang  introvert yang sedikit nerd yang menutup diri dengan dunia luar dan mencurahkan semua isi hatinya dalam blognya. Belum banyak orang yang mengakses blog,jadi pemilik akun merasa safety,karena curhatnya aman.

Mungkin,kalau harus curhat ke orang yang dikenalnya,maka akan membuat rikuh atau takut membuat sebuah pertengkaran,maka curhat di blog menjadi lebih nyaman.

Sekarang blog tidak lagi hanya digunakan untuk curhat,tapi juga berbagi pengalaman dan menghasilkan cuan,dan juga  sebagai ajang promosi suatu produk.

Dulu,pertama kali blogku menghasilkan uang,adalah saat aku membagikan pengalaman aku naik travel pulang pergi Bandung-Depok nengokin mamer yang sakit kanker nasofaring. Nama travelnya Pasteur Trans. Info dari omnya suamiku,travel ini baru buka,harganya murah dan mobilnya bagus,warnanya banyak ungunya. Secara aku suka warna ungu,kita cari sampai dapet travelnya pull dimana,berangkat jam berapa aja. Ini link tulisanku seputar travel Pasteur Trans.. Tulisanku di respon oleh banyak orang sampai akhirnya aku dapet 4 tiket  travel,bukan uang sih,tapi itu udah bikin happy banget loh.

Dari mulai harga 25-100 rb.

Beberapa artis juga menggunakan blog untuk mempromosikan dirinya. Kim Kadarshian adalah salah satu artis yang menggunakan blog sebagai media promosi dirinya sebelum ada youtube. blog juga termasuk dalam sosial media. Blog dengan platform Tumbler dulu cukup sangat populer. Sebelum instagram,facebook,dan youtube juga twitter seperti sekarang ini. Kim menjadi artis populer sejak sosial media belum seviral sekarang.

Blog bisa membangun image penulisnya,setiap penulis bisa memiliki niche yang berbeda. Ada dua cara untuk memiliki sebuah blog,yang pertama menulis sesuka hati dengan memiliki nama belakang blognya sesuai dengan platform yang menyediakan. Misalnya  www.cendol.wordpress.com, sementara jika sudah berbayar biasanya nama website blognya menjadi www.cendol.com karena sudah TLD (Top Level Domain). Jika sudah TLD maka ada cost yang harus dibayarkan pertahunnya.

Macam-macam platform  pun sangat beragam, harga dan kapasitas penyimpanan juga sistem yang digunakan dapat menentukan SEO kita. Aku akan ambil dua contoh platform besar ya,karena aku memakai keduanya ,tapi salah satunya belum aku buat TLD karena harganya juga lumayan dengan kapasitas yang kecil tapi jangakuan SEO yang tinggi,apa itu platformnya? Yup wordpress. Sementara itu aku menggunakan blogspot untuk yang TLD,karena biata pertahunnya lebih murah dan tidak ada pembatasan kapasitas penyimpanan,tapi SEOnya agak rendah.

Kembali lagi ke tujuan kalian waktu membuat blog nih,apakah hanya ingin menulis curhatan,atau ingin menghasilkan cuan dari blognya. Karena sekarang banyak sekali pebisnis, umkm yang melirik blog untuk mempromosikan bisnisnya. 

Kenapa blog? karena di dalam blog,kita bisa menulis sepuasnya  dibandingkan menulis di instagram atau facebook atau twitter yang terbatas,selain itu menulis di blog  tidak harus menggunakan bahasa baku,bisa menggunakan copy writing atau bahasa sehari- hari seperti menceritakan pengalaman pribadi dan lain-lain.

Penulisan artikel  di blog bisa menghasilkan cuan asal blog kita sudah TLD,kenapa harus TLD? dengan TLDnya blog kita,maka google akan mudah menemukan artikel kita.

Darimana sih info yang aku tahu dan dapet informasi cuan melalui blog ini? Semua ini berasal dari sebuah komunitas blogger bernama Bloggercrony Community. Dari beragam komunitas blogger yang ada di muka bumi ini,menurutku komunitas ini adalah komunitas yang isinya beragam ada laki -laki dan perempuan,juga fair,gak pake baper- baperan.

Selama bekerjasama dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia  banyak senengnya saripada kesalnya. Banyak hal baru yang aku dapat dari join di blogger crony,salah satunya dapet cuan,teman banyak dan ilmu. Karena komunitas yang dibangun oleh suami istri Wardah Fajri  dan Satto raji ini,banyak memberikan pelatihan melalui program yang disebut blogger hangout 59(angka tiap bulan berubah).

Kak Wardah Fajri (Wawa) dan kak Satto Radji (Satto)

Mereka tegas terhadap klien dan mengutamakan membernya terlebih  dahulu. Melalui Bloggercrony Community pun aku sampai terbang ke Padang meliput acara  Hari Nusantara ke -19 di Padang di Pantai Gandoriah bersama kementerian PUPR,waktu itu salah satu pemenang lainnya Nur said yang terkenal dengan sebutan bloggerhensem juga ke event yang sama bersama Kemkominfo. Ini hasil liputanku dalam bentuk tulisan Hari Nusantara ke -19. Videonya ada di  bawah ini,hari Nusantara ke-19 di Pantai Gandoriah ,Padang.

Sekarang blogger mulai diakui nih,mulai dilirik macam wartawan lepas ya. Banyak pelatihan menulis dan menaikkan SEO juga pasang adsense di blog. Dengan berbekal niat menuliskan apa yang kita alami dan bisa menjadikan pelajaran untuk mom yang lain,yuk coba bikin blog yang berisi tips- tips,atau cerita seputar keseharian kita mengurus anak,seperti Namira Monda atau Nyonya Sepatu.

Di kemudian hari Blog akan lebih digunakan,karena gak ada batasan usia dalam karir menjadi blogger. Selain itu menjadi blogger nanti kelak akan banyak dibutuhkan untuk industri kreatif dalam membantu mempromosikan  produk industri. Seorang blogger bisa menjadi copy writer,penulis novel, digital marketing,agency,speak person dan banyak lagi.

Pekerjaan yang dulu dipandang sebelah mata,sekarang tidak lagi,karena ternyata bisa memberikan banyak kebermanfaatan. Dengan menjadi blogger kita jadi lebih tahu dari banyak orang pada umumnya,lebih paham dengan banyak hal,karena biasanya menulis sebuah artikel membutuhkan riset. Setiap produk baru launching,kuta menjadi nomer satu yang bisa mencoba terlebih dahulu produk tersebut. Bangganya aku jadi blogger.

Supaya klien mudah menghubungi kita,tulis data pribadi di link bio,minimal email harus ada untuk pitching harga. Blogger boleh menentukan ratecard,asal sesuai dengan blognya. Cek deh,berapa banyak yang baca artikel kita,dari siru akan ketahuan DA/PA yang busa menentukan ratecard kita. Alangkah baiknya untuk ratecard ini lebih fleksibel untuk menjalin kerjasama yang lebih baik dan lama dengan klien.

Semangat menulis blog yuk,dan join di BloggerCrony Community. Untuk mendapatkan banyak wawasan dan informasi seputar cuan join di instagamnya@bloggercrony  🤗,kangen liputan offline lagi nih.




Komentar

  1. wah semangat sekali mbak.. kalau aku sih lebih suka platform blogger karena lebih mudah pemeliharaannya. Kalau tumbler belum pernah coba, tapi untuk sekarang kayaknya tumbler udah mulai jarang digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya,sudah lama sekali dan biasanya banyak orang bikin puisi ya di tumbler. Platform blogger maksudnya? blogspot kak? semangat terus untuk menulis ya 👍

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Insyaallah saya akan berkunjung balik. Silahkan berkomentar dengan sopan, dan berbagi tips untuk sesama pembaca.