Teman Kreasi Depok membawa Smartfren mendapatkan penghargaan dari IDX Channel

 25/8/2021 20.14

Penghargaan IDX Award bidang Sustainability

Makin jatuh cinta deh sama Smartfren baru aja beberapa bulan lalu uji coba jaringan 5G dan kasih kejutan setiap bulan melalui Rejeki Wow. Bulan Agustus tepatnya hari Kamis, tanggal 19 Agustus 2021 untuk kedua kalinya mendapatkan anugerah penghargaan dari IDX Channel dalam kategori khusus : Sustainable Innovative SME Development, atas inovasi "Teman Kreasi Indonesia." Ini adalah kali kedua bagi Smartfren mendapatkan anugerah penghargaan dari IDX Channel. Tahun 2020 Smartfren juga mendapatkan anugerah penghargaan dari IDX Channel dengan kategori Integreted Community Development melalui Smartfren Community.

Bapak Djoko Anwar Ibrahim

IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 dengan tema Acceleraty Economic Recovery During Covid-19 Pandemic memiliki beberapa kategori terpilih untuk produk-produk inovasi yang dihasilkan oleh para inovator yang sudah berpartisipasi dalam IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Beberapa kategori tersebut adalah : Kategori Proses Internal, Kategori Sustainability, Kategori Hubungan eksternal, serta Kategori produk dan modal bisnis. Dari semua kategori tersebut ada penganugerahan apresiasi, penganugerahan utama dan khusus, serta penganugerahan terbaik bagi perusahaan inovasi dan pemimpin inovatif.

Penjurian penerimaan Anugerah ini di lakukan oleh salah satunya Profesor Roy Sembel yang merupakan, praktisi bisnis, edukator, trainer, komisaris dan direktur. Sepak terjangnya sudah sangat terkenal dalam dunia bisnis dan perekonomian. Beliau pernah menjabat sebagai Dekan di beberapa Universitas seperti Universitas Multimedia Nusantara dan juga Universitas Pelita Harapan, serta menjadi Academic Expert Advisor di Universitas Ciputra Surabaya. Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Magister Management Finance and Investment Program di Binus University. Saat ini Prof Roy Sembel, menjabat sebagai Dekan dan Profesor di IPMI International Bussiness School, Ketua Dewan Pembina ASPIRASI (Asosisasi Penulis Inspirator Indonesia). Sudah lebih dari 30 buku dan lebih dari 1000 artikel ditulisnya di bidang manajemen, ekonomi, keuangan, investasi, kewirausahaan, dll.

Dua tahun berturut-turun Smartfren mendapatkan penghargaan dari IDX Channel adalah pencapaian yang sangat luar biasa. Tahun 2020 penghargaan yang di dapat adalah Integreted Community Development melalui Smartfren Community. Seperti telah diketahui bahwa Smartfren memiliki komunitas yang solid yang berada di 102 kota di Indonesia dengan 90 ribu lebih anggotanya. Komunitas Smartfren ini ada sudah selama 6 tahun dar tahun 2015 sampai dengan tahun 2021. Ulang tahun komunitasnya setiap tanggal 15 Oktober. 

Dari 102 kota yang tersebar di Indonesia ada 125 leader yang menjadi pengurus di setiap kotanya. Mengkoordinir setiap hal dalam komunitas Smartfren. Leader ini selain perpanjangan tangan dari PT. Smartfren juga merupakan pemimpin dan pencetus ide bagi terbentuknya Teman Kreasi.

Komunitas Smartfren memiliki dua program utama. Program yang pertama adalah  mengedukasi literasi digital ke masyarakat melalui kunjungan ke lebih dari 600 sekolah dan universitas. Selain itu setiap harinya dengan tema yang berbeda Smartfren mengedukasi masyarakat dengan program Live di Instagram Smartfren Community dengan tema berbeda yang sangat daging ilmunya  dan narasumber yang mumpuni di bidangnya. Program yang kedua dari komunitas Smartfren adalah Pengembangan Socioprenership melalui Teman Kreasi Indonesia.

Logo Teman Kreasi Indonesia

Teman Kreasi Indonesia memiliki logo seperti tangan yang saling berpegangan. Filosofi dari logo ini adalah kolaborasi kreasi atau kokrasi atau sinergi. Maksud dari filosofi logo ini adalah kita perlu berkolaborasi kreasi untuk menciptakan produk unggulan yang kreatif dan menjual di masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19. Misi dari Teman Kreasi adalah : mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaansosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM di berbagai daerah dimana terdapat komunitas Smartfren. 

Sampai saat ini sudah ada 32 Teman Kreasi di 30 kota dari 102 kota yang terdapat komunitas Smartfren di dalamnya. Alhamdulillah di Depok sudah ada teman Kreasi nih. Produk UMKMnya juga beragam di kota Depok, ada kopi kemasan 1 liter dan 500 ml, sambal paru, sambal baby cumi yang bisa dibekukan sehingga awet gak mudah basi. Ada Pentol Jontor, Ayam Pedas, ada Ceker Mercon. Untuk lebih jelasnya bisa mampir ke akun Teman Kreasi Depok

Berikut ini adalah hasil dari produk-produk Teman Kreasi Depok.

Sambel Paru dan Baby Cumi Frozen sehingga aman dalam pengiriman.

kopi kemasan 500 ml dan 1 liter.

Awal pertama Teman Kreasi terbentuk adalah Juni tahun 2019. CSR Smartfren membantu bidang industri kreatif untuk komunitas Topi Bambu Tanggerang. Bulan Januari 2020 Komunitas Smartfren mendirikan Rumah Kreatif pertama di kabupaten Bandung Barat,  rumah Kreatif ini adalah cikal bakal dari Teman Kreasi. Maret 2021, Teman Kreasi mulai di resmikan, tujuan dari teman kreasi ini adalah untuk membuka peuang bagi  generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif. Bisa mampir ke artikel Teman Kreasi Indonesia.

Dukungan Smartfren pada Teman Kreasi berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat  bagi wirausahawan online. Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari komunitas Smartfren yang tersebar di 102 kota di Indonesia, diharapkan program ini dapat melahirkan jaringan wirausaha serta kreatir baru yang 100% lokal sehingga mempertahankan ekonomi masyarakat.

Selain dukungan jaringan yang memadai melalui Teman kreasi terdapat pembinaan kepada member Teman Kreasi dalam menjalankan usahanya. Beberapa program yang diadakan oleh teman kreasi yaitu :

1. Kelas Online melalui media digital bertema pengembangan bisnis

2. Event Hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan yang ketat

3. Pendampingan atau Bussiness Coaching secara virtual

Beberapa Workshop yang pernah dilakukan oleh Teman Kreasi seperti : Workshop e-marketing oleh Teman Kreasi Indonesia Tanggerang Selatan, Workshop Produk Packaging oleh Teman Kreasi Indonesia Cirebon, Workshop Manajemen SDM oleh Teman Kreasi Indonesia Cilacap dan Workshop Aspek Legal Teman Kreasi Indonesia Bojonegoro. Keren kan tema-temanya, yuk join di instagram @temankreasi_id .

Teman Kreasi Indoneisa ini menjadi faktor Smartfren mendapatkan penghargaan khusus di bidang Sustainability Inovation SME Development, karena belum ada perusahaan telco lain yang CSRnya bergerak dalam memajukan UMKM seperti Smartfren. 

Unsur Inovasi dari Teman Kreasi Indonesia adalah :

  1. Program inkubator berbasis komunitas pelanggan.sebuah korporasi sehingga ide berasal dari masyarakat bukan dari korporasi sehingga membuat program Teman Kreasi menjadi Sustanaible.
  2. Spirit Teman Kreasi tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan tetapi juga bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar.
Apa Dampaknya bagi Smartfren?
  1. Membuat nama baik untuk perusahaan, dengan liputan dari berbagai media. Selain itu juga makin memperkokoh komunitas Smartfren dengan dibantu para leader di setiap kota.
  2. Intangible benefit, karena mendapatkan apresiasi dari kepala daerah sehingga program ini bisa membantu masyarakat melewati masa -masa sulit selama pandemi.
  3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen dengan memenuhi kebutuhan costumer dalam melakukan aktualisasi diri dengan beragam aktivitas di Teman Kreasi Indonesia. Leader Community bisa menjadi brand ambassador yang dengan sustainable dapat menjadi influence bagi lingkunga mereka.
  4. Program Bottom-up lebih merata pembiayaannya dan menjangkau masyarakat luas dibandingkan jika programnya top-down.
  5. Secara tangible kegiatan sosial marketing dalam program ini meningkatkan awareness dan penjualan dari channel komunitas. sehingga terdapat repeat buying antara sesama Teman Kreasi di satu daerah ataupun beda daerah dan bisa membantu memasarkan produk hasil dari Teman Kreasi Indonesia lokal.
Keren banget kan, perusahaan telco lainnya belum ada yang memikirkan sampai sejauh ini, hal yang kebermanfaatan dengan masyarakat luas, terlebih dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Inovasi yang dibuat oleh PT. Smartfren memang layak mendapatkan penghargaan Anugerah Khusus Sustainable Innovative SME Development. Kalau sudah begini cuss langsung aja gabung dengan Teman Kreasi Indonesia dan miliki nomer Smartfren untuk mendapatkan bonus-bonus tak terduga dari setiap aktivitas kita menggunakan Smartfren.


 


Komentar