Smartfren Community Melahirkan Teman Kreasi Indonesia

27/3/2021 14.26

Logo Teman Kreasi Indonesia

Aku tuh makin fallin love sama provider yang satu ini nih. Baru tahu juga sebenarnya nih, karena sempat berhilang kabar dengan Smartfren pasca tidak memiliki seluler Smartfren di tulisan aku Nostalgia dengan Smart Fren . Provider Smartfren yang sekarang memiliki kartu GSM ini berkolaborasi dengan smartfren communitynya untuk lebih memberdayakan kaula muda yang kreatif dan UMKM yang go digital.

PT. Smartfren Tbk (IDX:FREN) merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terdepan  di Indonesia. Pada tahun 2015, Smartfren berinovasi dengan meluncurkan layanan 4G LTE Advanced  komersial pertama di Indonesia, di awal tahun 2016, Smartfren kembali mencetak sejarah sebagai perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan Voice Over LTE (VoLTE) secara komersial. Pada tahun 2017 Smartfren mengukuhkan posisinya sebagai penyedia layanana operator telekomunikasi terdepan dalam menghadirkan layanan telekomunikasi berbasis 4G dan menjadikan Smartfren sebagai satu-satunya operator yang beroperasi di jaringan 4G sepenuhnya.

Pada tahun 2019 , Smartfren sukses melaksanakan uji coba 5G yang dilaksanakan di Jakarta. Tahun 2019 ini juga Smartfren menjadi oprator utama yang menghadirkan inovasi eSIM. Dengan adanya inovasi eSIM, Smartfren memberikan keuntungan kepada pelanggannya untuk mengakses jaringan Smartfren ke perangkat komunikasinya tanpa menggunakan kartu SIM fisik. eSIM menyimpan nomer telpon, paket berlangganan, konfigurasi jaringan yang membuat perangkat kita tetap terhubung ke Smartfren. Dengan wilayah cakupan jaringan yang luas melalui sekitar 38.800 BTS 4G yang tersebar di 200 kota di seluruh Indonesia. Smartfren di daulat menjadi official telco partner untuk brand-brand smartphone global ternama, seperi iphone(Apple) dan Samsung. 

Untuk paket layanan internetnya Smartfren saat ini mengukuhkan diri sebagai operator telekomunikasi yang memberikan beragam kartu perdana, layanan paket internet, mulai dari paket Smartfren Super4G unlimited dan paket super4G Kuota. Pada tahun 2020, Smartfren merilis kartu perdana dan paket internet Smartfren 1ON+. Selain menawarkan beragam produk serta layanan data dan suara, Smartfren juga menyediakan solusi bisnis korporasi, untuk solusi bisnis bagi lembaga dan korporasi di Indonesia. Untuk lebih lanjut bisa mengunjungi www.smartfren.com.

Di Jakarta, tanggal 25 maret 2021 Smartfren menyatakan dukungannya pada kaula muda dan UMKM dengan melahirkan Teman Kreasi Indonesia. Acara launching di zoom dan live youtube ini menampilkan Djoko Tata Ibrahim selaku Deputi CEO SmartFren yang mendukung program baru dari Smartfren setelah Rejeki Wow yang banyak menguntungkan bagi pengguna Smartfren. 

Menurut Pak Djoko Tata Ibrahim, komunitas Smartfren ini sudah ada sejak tahun 2011 yang tersebar di 100 kota di Idonesia, anggotanya sudah ada 90 ribu an orang. Awalnya Komunitas ini berdiri secara independent di tahun 2011 dan baru melakukan partnership dengan Smartfren setelah tahun 2015.

Smartfren dengan program barunya ini, ingin memperkuat dukungannya terhadap produsen, wirausahawan dan kreator lokal dengan meluncurkan program Teman Kreasi Indonesia. Program ini merupakan sarana pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Menggunakan prinsip Kokreasi yang saling mendukung, Teman Kreasi Indonesia diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital , serta kreator lokal di Indonesia. 

Dari Ka-Ki : Evan dari Show The Monster, Handy dari Common Spot, Pak Roberto Chief Deputy Smartfren

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren
mengatakan, “Kehadiran Teman Kreasi Indonesia adalah bukti bahwa sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik. Kami yakin Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital. Apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100% 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial.”

Partner Ko Kreasi ini menggandeng "Show The Monster" dan "Common Spot". Perwakilan yang hadir dalam acara launching Teman Kreasi Indonesia dari Show The Monster adalah Mas Evan, sementara dari Common Spot adalah mas Handy. Mereka adalah anak muda kreatif yang memiliki karya sangat tidak biasa. Program kolaborasinya dengan Smartfren di sebut Wow Lab. Menurut Pak Roberto, para anak muda Indonesia yang kreatif ini membutuhkan wadah yang bisa menyalurkan kreatifitas mereka. Smartfren berpikir untuk membuat satu platform yang bisa memberdayakan kreativitas kawula muda ini. Saatnya anak muda mendapatkan panggung dengan karyanya. 

Sudah sejak lama Smartfren menggaet anak muda yang kreatif, sehingga setiap baju yang dikenakan saat Smartfren memiliki event pun luar biasa. Baju yang digunakan Smartfren dalam membuat sebuah event adalah desain dari Atta Halilintar dan Mas Edy di Bandung. Tujuan Smartfren membangun Teman Kreasi ini adalah untuk mengenalkan produk lokal dan  membantu pemerintah untuk memberdayakan UMKM sekaligus mengenalkan pada masyarakat luas produk-produk lokal. 

Show The Monster bekerjasama dengan Atta Halilintar dan Smartfren dalam membuat karya pertamanya di desain mobil Atta Halilintar yang digunakannya pertama kali saat belum menjadi youtuber terkenal seperti sekarang ini. Menurut Kang Evan kenapa namanya Show The Monster, karena dia ingin memperlihatkan inti dari seorang manusia,jadi dalam karya-karyanya Evan ingin mengajak para kliennya untuk memuncuklkan karakter diri sendiri apa adanya yang tidak dibuat-buat.

Show The Monster mendesain topeng kosong di mobil Atta halilintar yang maksudnya adalah banyak harapan yang bisa di torehkan pada topeng kosong ini. Supaya Smartfren kelak bisa sesukses Atta Halilintar dalam perjalanannya menjadi youtuber sukses. Proses pewarnaan mobil Atta Halilintar seharian full, dibantu oleh Atta Halilintarnya juga.  

Show The Monster bekerjasama dengan Smartfren dalam program Wow Lab, tidak fokus pada segi ekonomi tapi juga ada fokus sosialnya. Show The Monster menggunakan aplikasi media dan kreativitasnya. Smartfrennya menjual merchandise dari Show The Monster yang hasilnya untuk membantu Teman Kreasi Indonesia.

Selain Show The Monster yang diajak bekerjasama oleh Smartfren adalah Common Spot. Common Spot ini baru berdiri loh. Tahun 2019 awal sebelum pandemi mulai, Common Spot membuat inovasi jersey baju sepeda, dan beragam perlengkapan untuk bersepeda. Common Spot juga berkolaborasi dalam program Wow Lab seperti Show The Monster yang hasil penjualan marchandisenya digunakan untuk membantu Teman Kreasi Indonesia. Sebenarnya tidak hanya dua produk lokal anak bangsa ini saja yang dajak untuk berkolaborasi dalam Wow Lab, ada Stay Hoops, Sepatu Limited Edition dari Pijak Bumi dan beberapa produk lokal lainnya karya anak muda Indonesia.

Arti dari logo Teman Keasi Indonesia yang berbentuk Anyaman adalah wujud dari sinergi antara Smart Fren , Lokal Heroes dan para UMKM di seluruh Indonesia.

Dari ka-ki Azka founder Platform Pasar Sayur, Didik Jatmiko leader Bojonegoro, Dani Akhyar Head Of Comunity smartfren, Roberto Saputro Chief Brand Officer Smartfren,Kennie Djafar MC.

Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren menambahkan, “Peluncuran Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi upaya Smartfren mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet. Saat ini program ini telah hadir di 24 kota, dengan dukungan dari Smartfren Community dan partner kokreasi Smartfren WOWLabs. Kami selalu terbuka dan aktif mencari kota-kota lain yang ingin bergabung sebagai keluarga Teman Kreasi Indonesia, serta bersama-sama membuka peluang baru.”

Sejak tahun 2019 Smartfren ingin memberikan social movement yang bergerak memiliki visi menumbuhkan sosial enterpreneur. Tahun 2021 terjawab dengan terbentuknya program Teman Kreasi. Ada 5 penerjemahan visi Smartfren dalam membuka peluang untuk anak muda dan masyarakat luas :

  1. Smartfren ingin teman kreasi yang dibentuk ini dapat membuka peluang seluas-luasnya bagi generasi muda dalam berkreasi lebih baik lagi. Untuk saat ini Teman Kreasi baru ada di 24 kota di Indonesia.
  2. Kokreasi atau sinergi antara 2 pihak untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik  dengan program Wow Lab, diharapkan bisa membantu Teman Kreasi Indonesia untuk menerapkan ilmu baru di daerahnya masing-masing.
  3. Social enterpreneur adalah dengan mensosialisakinan go digital untuk enterpreneur lokal guna menyelesaikan masalah di tempat masing-masing.
  4. Lokal Heroes adalah seperti Show The Monster, Common Spot, Sepatu Limited dari Pijak Bumi dan lain-lain yang hasil penjualan produknya dapat digunakan untuk membantu Teman Kreasi Indonesia.
  5. Sustainable Community Development. Diharapkan para pendukung Teman Kreasi Indonesia dan yang tergabung dalam teman Kreasi Indonesia bisa terus menjalankan bisnisnya lebih maju lagi, tidak stop hanya satu atau dua tahun. Diharapkan bisa Mandiri dan Berbagi. 

Program Teman Kreasi Indonesia berjalan melalui dukungan yang sinergi antara Smartfren, WOWLabs dan Smartfren Community. Smartfren sebelumnya telah meluncurkan WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten, dan melahirkan berbagai produk edisi terbatas. Karya terbaru kokreasi tersebut berupa jersey pesepeda dari Common Spot dan Show The Monster, akan dijual dan sebagian hasilnya digunakan sebagai modal pendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia.

Saat ini Teman Kreasi Indonesia telah hadir antara lain di wilayah Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya, dan Bali. Rencananya Smartfren akan menghadirkan program tersebut di berbagai wilayah lain yang sudah dijangkau oleh Smartfren Community. Produk yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia ini antara lain berupa kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, ledre. Cerita para teman kreasi ini sudah dibukukan dalam 30 kisah inspirasi dari para teman kreasi di Indonesia. 

Ada kisah salah seorang teman Kreasi dari Semarang. Inilah kisah Azka seorang leader dari komunitas Smartfren di Semarang. Azka membuat Platform Pasar Sayur. Awal mula Azka membuat platform ini adalah saat sedang berjalan-jalan di desa Telogo Hendro Kec. Petung Kriyono Kabupaten Pekalongan. 

Azka melihat banyak sekali hasil panen seperti kentang, kubis, dll. Saat itu Azka bermalam di perkebunan itu dan bicara dengan petaninya. Sedih hati Azka saat mengetahui para petani hanya mendapatkan harga yang sangat murah dari hasil jerih payahnya. Satu kilogram kubis dijual seharga 600 rupiah, sementara saat sudah sampai di tukang sayur harganya bisa mencapai ribuan perbuahnya. 

Ini disebabkan karena sistem ijon yang masih kuat, para tengkulak memberikan harga asal saja pada para petani, sementara petani di pihak yang merasa kebingungan jika hasil panennya tidak terjual dan hanya busuk saja. 

Azka berusaha membantu para petani tersebut dengan membuat platform Pasar sayur. Platform ini membantu petani untuk  mendapatkan penghasilan yang lebih besar dan memotong mata rantai sistem ijon. 

Harapan Azka dalam kerjasama Pasar Sayur dan Smartfren adlahan banyak UMKM yang menjadi go digital dan menjangkau pasar yang lebih luas. 

Ada juga Mas Didik Jatmiko leader komunitas Smartfren dari Bojonegoro yang juga sebagai blogger dan suka mempromosikan jajanan kuliner di Bojonegoro. Awal mula Didik Jatmiko bergabung dengan komunitas Smartfren adalah pada 31 maret 2017, saat bulan ramadhan di Surabaya pada acara gathering Smartfren. Pada 17 Agustus 2019 Mas Didik ini dinobatkan sebagai leader komunitas smartfren Bojonegoro. Menurut Didik jatmiko dengan adanya kerjasama dengan Smartfren mencerdaskan masyarakat desa dalam menggunakan teknologi. Untuk bisa gabung enjadi Teman Kreasi Indonesia maka bergabungkah dulu dalam komunitas SmartFren. 

Menurut Pak Roberto, program Teman Kreasi ini dibuat untuk membuka peluang sebesar-besarnya dan pemanfaat teknologi. SmartFren mengempower para UMKM supaya bisnis lokal bertumbuh. Smartfren mengucapkan banyak terimakasih pada leader dan founder komunitas Smartfren di seluruh Indonesia. Smartfren 100 % 4G. 

Peserta program Teman Kreasi Indonesia mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online. Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat. 

Selain itu juga ada bantuan infra stuktur , sewa tempat, sewa produksi dll. Ada Capacity Building membangun kemampuan para pelaku bisnsi lokal melalui kelas online di instagram live dan smartfren Channel secara gratis.

Targetnya tahun 2021, seluruh kota di indonesia memiliki Teman Kreasi Indonesia. Smartfren dalam berbisnis tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi juga by doing good. Bukan hanya menyediakan jasa internetnya tapi uga melatih pengguna smartfren untuk bisa berkreasi dan bersinergi menjadi ahli dalam berbisnis dan muncul banyak bisnis lokal di Indonesia. Ada juga konten kreator bar yang menginspirasi. Karena dengan membeli produk lolak sama dengan membantu karya bangsa sendiri. Cintailah produk-produk Indonesia.

Bagi pelaku wirausaha atau mereka yang ingin mengembangkan wirausaha berbasis digital dan sosial dapat mengikuti akun Instagram resmi @SmartfrenCommunity kemudian DM asal daerahnya, selanjutnya akan di kasih link yang menuju pada komunitas Smartfren sesuai kota tempat tinggalnya. 

Untuk gabung mwnjadi member Teman kreasi Indonesia,harus menjadi member dari  komunitas Smartfren dulu,setelah itu follow instagramnya @TemanKreasi_id atau menghubungi info@temankreasi.id,untuk daftar menjadi Teman Kreasi Indonesia. Selama mempunyai bisnis dan usaha maka akan diterima dengan baik, karena Teman kreasi Indonesia ini seperti inkubator bisnis. 

Banyak sekali produk yang berhasil di pandu oleh Teman Kreasi Indonesia, seperti Kafe Nini, Pot Konkrit dari Bandung Barat, tempat lilin, Kripik Mangleng dari Cilacap, Ledrek dari Bojonegoro, ada pakan jangkrik juga. Packaging dan brandingnya dibantu oleh komunitas smartfren. Setiap daerah produk yang dibuat berbeda tergantung pada banyak yang dihasilkan dari daerah tersebut.

Program Teman Kreasi ini keren banget sih menurutku, karena dengan program ini banyak UMKM terbantu dan tidak hanya menjual tapi juga memiliki ilmu bisnis yang bisa diterapkan pada usahanya. Smartfren sepertinya lebih suka memberikan kail daripada ikannya, bagus kan? Yuk dukung SmartFren dengan membeli kartu perdananya, gabung di komunitas Smarfren dan beli produk hasil dari Lokal Heroesnya. Dengan cara ini kamu sudah membantu berkembangnya produk lokal di Indonesia :).

Video para Teman Kreasi Indonesia :




Komentar