Nostalgia dengan Smart Fren Saat Menjadi Penyiar Jaman Kuliah

 28 Februari 2021/ 16.06


" One of Five Point Seven Smart Radio for Smart People, balik lagi bersama Nessa Crackers dalam acara bincang siang di RGM Metro FM"

Kangen banget nih,memulai siaran dengan kata-kata seperti ini. Dulu enam belas tahun yang lalu, saat diajak teman dekatku  untuk melamar di stasiun radio yang baru buka di depan kosanku, rasanya ragu, gak bakalan mungkin keterima. Aku adalah penikmat lagu tapi tidak pernah hafal nama penyanyi dan judul lagunya.

Saat itu sebenarnya aku gak berniat melamar di stasiun radio, karena saat itu sudah hampir 5 tahun aku kuliah belum lulus-lulus. Aku  kuliah di jurusan Bilologi, Universitas Jenderal Soedirman, penelitianku ini lamanya sampai setahun loh. Waktu itu aku lagi penelitian dan kumpul dengan teman-teman sekampus di taman kampus Biologi yang rimbun, tetiba teman dekatku menelpon "daftar jadi penyiar yuk!" Aku menolak dengan halus karena masih fokus untuk penelitian, temen deketku ini bilang " Ayo dong, masa kamu kalah sebelum berperang sih?". Tahu aja dia, kalau aku anaknya gak bisa di tantang, langsung nyusul temen deketku ke stasiun radio Gema Mahasiswa Metro FM yang ada di depan kosanku.

Sampailah aku di stasiun radio baru itu. Di tes judul lagu dan nama penyanyinya, dari sekian banyak lagu aku cuma bisa jawab satu lagu, dan itu pun  cuma nama penyanyi aja, karena dia ganteng, hehe. Christian Bautista, lagunya 'The Way  You Look At Me'. Lucunya, aku lulus loh, sangat tidak ku sangka. Sementara teman dekatku yang semangat sekali mengajakku untuk ikutan jadi penyiar tidak keterima menjadi penyiar. Padahal niatku  cuma menjawab tantangan teman dekatku nih,untuk tetap ikutan tes jadi penyiar, mau buktikan kalau aku juga berjuang gak kalah sebelum berperang, eh  malah aku yang lulus jadi penyiar. Setelah tes sebutkan judul lagu  dan penyanyinya, aku di tes baca artikel kaya penyiar. Katanya suaraku mirip dengan manajernya Mba Vita yang dulu adalah penyiar radio Padasuka, makanya aku langsung ke terima.

Jaman aku kuliah tahun 2004-2005, lagi tren banget beli ponsel yang udah ada nomernya. Nomer fren yang depannya 888 gitu deh. Teman dekatku ini ponselnya Fren, dulu dia suka jaga counter HP lepas kuliah, jadi aku lumayan sering tanya-tanya dan terbantu soalan ponsel atau  pulsa. Waktu itu harga ponsel Fren dan sudah dapat nomernya hanya 200 ribu tupiah, dei apa coba ya kan, dapet nomer cantik aja sekarang harganya gak segitu. 

Gajian pertama Al temen deketku ini ngeledekin nih " Cie, gaji pertama, traktir dong." Dulu gajinya aku jadi penyiar di daerah itu sebulan dapet 250 ribu, gak dihitung perjam, tapi dihitungnya perbulan. Beda nih sama penyiar di kota besar yang dapet gaji bulanan dan ada bayaran perjamnya. Pada saat traktir Al, dia ngeluarin ponsel barunya, "Lucu banget Al, ponsel apa tuh kok bentuknya kotak? . "Iya, aku baru jual ponsel lamaku buat biaya sekolah adikku, terus ganti deh sama ini, bagus, unik, sederhana, dan udah ada nomer telponnya juga, simpen ya nomerku." Al, memang termasuk anak broken home, ayahnya pernah berselingkuh, hartanya berkurang sedikit demi sedikit, jadi Al yang bantu biaya sekolah adiknya, sehingga Al harus kuliah dan bekerja juga.

Suatu hari Al, menelponku katanya penjualan sedang berkurang, padahal banyak barang baru masuk, salah satunya ponsel Fren. Hmmm, karena aku senang banget jadi penyiar, karena tantangan Al, aku berpikir untuk membahagiakan Al dengan membeli ponsel Fren. Aku tipe orang yang gak mau rugi nih. Kalau beli sesuatu harus yang sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatan. Aku tanya kelebihan ponsel Fren sama Al.

Ini bentukan Fren CDMA jaman tahun 2004.

Menurut Al, ponsel Fren ini kalau menelpon sesama Fren bisa cenderung gratis biayanya murah banget 400/menit, sms hanya 50 rupiah. Sinyalnya bagus. Karena cerita Al, akhirnya aku membeli ponsel Fren untuk membantu penjualan dan memudahkan komunikasiku dengan Al. Kalau aku baru pulang dari Depok ke Purwokerto aku terbiasa menelpon Al di pagi hari untuk menjemputku siaran, dan ngobrol jadi lebih seru karena bisa berjam-jam gak mahal bayar pulsa sesama nomer Fren. Oh iya sebutannya CDMA untuk ponsel yang sudah ada nomernya, gak bisa buat video call, hanya bisa untuk telpon dan mengirimkan pesan saja. 

Setelah lulus kuliah tahun 2007  dan mulai bekerja, aku mulai jarang berkomunikasi dengan Al, sepertinya Al tenggelam dalam kehidupannya begitupun aku, tapi ternyata Fren terus berkembang dan memperbaiki diri dari waktu ke waktu.  Fren ini dibuat oleh PT. Mobile 8, awalnya akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan dan mengeluarkan produk dengan beragam merek seperti Esia, Hepi dan Mobi. Setelah berselang lama PT. Mobile 8 memutuskan untuk hanya bekerjasama dengan PT. Smart Telecom dan membuat brand dengan satu nama Smart Fren. Kerjasama mereka sudah dimulai dari tahun 2011 sampai dengan sekarang.

Smart Fren kuotanya murah banget,dan on selama 24 jam 365 hari.

Smart Fren ini sekarang gak mengeluarkan produk ponsel bernomer telepon, karena mungkin sekarang sudah banyak ponsel yang memiliki teknologi lebih dari sekadar telepon dan mengirimkan pesan. Smart Fren mengeluarkan produk berupa Kartu Perdana ( SIM /Subscriber Identification Module Card dalam bentuk fisik kartu), ada juga e-SIM, kartu elektronik tanpa bentuk fisik dan Bundling (program paket data yang lebih hemat dibandingkan yang lainnya). Harga nya dimulai dari 5000 rupiah saja nih tapi layanannya lengkap dan gak kaleng-kaleng, banyak dapet bonus dan awet irit bisa sampai setahun.

Djoko Tata Ibrahim CEO SmartFren

Menurut Bapak Djoko Tata Ibrahim Deputy CEO Smart Fren. Smart Fren selalu memperhatikan kebaikan dari produknya dan memanjakan pelanggan setia Smart Fren. Kelebihan Smart Fren adalah, selain terus mengembangkan produk-produknya, tetapi juga harganya sangat terjangkau, promonya juga banyak sekali, banyak promo setiap harinya berbagi rejeki dan ada pendistribusian serta orang-orang yang bekerjasama dalam tercapainya program-program yang diadakan oleh smartfren.

Berikut ini adalah hadiah2 yang akan didapatkan oleh konsumen Smart Fren jika memenangka  hadiahnya.

Smart Fren sekarang berbagi rejeki nih, setiap hari dan setiap kegiatan bersama smart fren akan mendapatkan hadiah dari Smart Fren, ada grand prizenya keren banget nih. Hadiah yang akan di dapatkan adalah bonus pulsa, smart Phone canggih, laptop sampai sepeda motor dapatkan juga smart poin untuk mendapatkan hadiah menarik, menangkan juga grand prize berupa mobil dan tabungan ratusan juta rupiah.

Caranya mudah dan rejekinya berlimpah

Cara mendapatkan banyak hadiahnya mudah sekali. Caranya :

1. Download aplikasi  My Smart Fren.

2. Klik Menu Rejeki Wow Treasure Hunt.

3. Lakukan transaksi dan miliki banyak kesempatan untuk mendapatkan bonus, terus transaksi dan bawa kapalmu menuju pulau -pulau harta, semakin banyak transsaki semakin mudah kapal-kapalmu menuju pulau harta yang ada hadiah, raih kesempatan mendapatkan grandprize dan selamat berlayar.

Semua orang berkesempatan mendapatkan hadiahnya. Kok bisa ya? 

Bapak Hermansyah Arifin sebagai Vice President of Product and Service Development

Menurut bapak Hermansyah Arifin selaku Vice President of Product and Services Development Smart Fren. Program Smart Fren Rejeki Wow edisi kali ini adalah  reward untuk para pelanggan setia Smart Fren. Promo sebelumnya hadiah grand prizenya berupa rumah. 

Rejeki Wow edisi Treasure Hunt merupaan pendekatan yang baru, karena semua pelanggan Smart Fren bisa melakukan permainan ini. Hadiahnya pasti didapatkan oleh semua pelanggan. Ada challenge tertentu yang nanti akan di dapat oleh pelanggan setia. Bagaimana cara mendapatkan hadiahnya, download secara gratis, untuk mengisi ulang dan membeli paket, bisa untuk android dan ios. Setelah men-download pengguna bisa membuka menu Smart Fren Rejeki Wow. Bahkan bagi pengguna Smart Fren yang baru, bisa ikutan Rejeki Wow Treasure Hunt. Aktifitas apa saja yang dilakukan seperti membeli pulsa, aktivasi nomer baru, maka perahu akan berlayar ke pulau-pulau harta. Banyak sekali hadiahnya. Di pulau harta pelanggan dapat mengumpulkan koin dan ayam opor. Setelah kunci terkumpul, baru setelah itu bisa mengikuti Grand prize. Periode Rejeki Wow ini berlaku sampai tiga bulan ke depan.

Selain hadiah Grand Prize ada juga hadiah harian berupa poin yang dapat ditukarkan secara langsung. Jika mengajak teman atau saudaranya bisa mendapatkan hadiah juga, keren kan. Program Rejeki Wow disebut juga program Kamu Semua Pasti Menang.

Host dan Narsum ( Atta Halilintar)


Dalam rangka mensosialisasikan program Rejeki Wow, mengundang Atta Halilintar dan beberapa media dalam zoom dan live Youtube. Atta Halilintar selalu membersamai Smart Fren dari beberapa tahun belakangan ini. Atta menceritakan bagaimana konsumen Smartfren banyak yang kehidupannya berubah menjadi lebih baik dalam menggunakan Smart Fren.

Paling berkesan dalam pembagian hadiah adalah saat konsumen mendapatkan kabar bahwa dia memenangkan grand prize berupa rumah. Karena pemenangnya memang banyak orang kampung yang rumahnya tidak layak dan bahagia karena mendapatkan hadiah yang wow.

Program Treasure Hunt menurut Atta cukup menarik, karena di saat orang kesulitan dan terkungkung pandemi. Program Rejeki Wow tahun ini lebih keren, karena semua pelanggan setia Smart Fren dapat rejeki untuk menjadi pemenang. Selain pengguna Smart Fren juga bisa muai menjadi penggua Smart Fren.

Salah satu pemenang Grand Prize tahun 2020. Sangat mudah menggunakan smartfren.

Ada salah satu pemenang rumah di program sebelumnya di program Rejeki Wow tahun 2020. Baroroh Shofiati memenangkan undian dengan cara, menggunakan smart fren selama 3 tahunan. Shofi memiliki banyak smart poin yang bisa digunakan untuk undian Rejeki Smartt Wow tahun 2020.

Tips menjadi pemenang Rejeki Wow, menurut Shofi : Kumpulkan smart Poinnya, lalu ikuti kuisnya. Hadiahnya juga diproses hanya 2 minggu saja kurang lebih. tahun ini Shofi mengajak saudara dan teman-temannya untuk mengikuti program Rejeki Wow Treasure Hunt karena prosesnya yang mudah digunakan. 

Smart Fren berterimakasih kepada para pengguna, sehingga program kali ini semuanya memiiki kesempatan untuk menang sebagai loyalitas kepada pelanggan,Terus gunakan smart fren dan ajak orang lain untuk menjadi pelaggan smart fren ( Djoko).

Walaupun pandemi kita sama-sama berjuang sehingga hadia 2 yang diberikan dapat membantu mengurangi masalah yang di hadapi (Hermansyah).

QA1:

Apakah Rejeki Wow bisa digunakan pada program pasca bayar? program rejeki wow berlaku untuk pelanggan pasca bayar dan pra bayar. Banyak orang Indonesia yang tidak menyukai keterikatan, jadi pengguna smartfren lebih banyak yang menggunakan pra bayar. Bahkan banyak orang indoensia yang sering bergont!⁶ nomer ponsel. Tidak ada perbedaan pada pasca dan pra bayar dalam melakukan permainan Treasure Hunt ini.

Untuk menumbuhkan kelompok Pascaa bayar maka akan ada kelebihan-kelebihan untuk pengguna pasca bayar.

QA2 : 

Program Rejeki Wow diadakan secara digital berbeda dengan tahun sebelumnya, karena program ini 100 % dilakukan dalam aplikasi. Sehingga tinggal mendowload, top up, beli paket apapun yang dilakukan pengguna, maka akan berpengaruh pada kapal itu melaju, menuju ke pulau harta dan mendapatkan kunci-kunci untuk mendapatkan hadiah grandprize.

perusahaan telekomunikasi banyak yang menggunakan layanan internet, sehingga perusahaan telekomunikasi tidak berdampak aojil baik ada pandemi, karena penghasilan semakin banyak sebab sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sebab pembelajaran jarak jauh juga menggunakan internet. 

Sebab menggunakan internet bisa melakuakn apa pun seperti belajar, membuatsuamau is bertter.

QA3 : Pengguna Mifi apakah bisa mengikuti ptogram rejeki wow? bisa, karen harus lihat di web, masukkan akunnya dan download di play store.

QA4: 

Produk Smartfren yng pling diminati yang mana saja?

Smartfren memberikan prgram gratis untuk pelajar dan guru. untu umum semua orang menggunakan internet, produk yang sangat cicok adalah unlimited smartfren, karena ada juota harian, jika sudah habis karena bisa tetep berjalan, sebab jam 1-5 wib ada free kuota. Selama sebulan pulsa aman. Cocok nih dilakukan saat pandemi. 

QA 5:

Bagaimana pengalaman Atta bertemu pemenang Smart Fen. Dipeluk lama, dielus dan nangis bercucuran air mata. Ternyata banyak orang bahagia mendapatkan hadiah dari Smart Fren. Ini adalah internet termurah di dunia, Kemanapun negara lain gak ada yang paling gila dengan 2000 rupiah per giga byte. Karena peduli dengan rakyat kecil dan mencakup semua kalangan. 

QA6:

Program terbaru pelayanan untuk pelanggan apakah akan ditingkatkan? pastinya aplikasi ditingkatkan dan ini akan menarik pelanggan setia smart fren tapi juga akan ada pelan!ggan-qpelanggan baru. Sehingga promosi-promosi ini akan semakin dierbaiki terus. Kita percaya bahwa pelanggan akan bertumbuh pesat dan menjadi pelanggan setia smart Fren.

Dari waktu ke waktu Smart Fren memperbaiki dirinya kalau dulu sistem rejekinya hanya diikuti berapa saja,sekarang siapun boleh ikutan bahkan untuk yang baru saja dowloand. Taglinenya Semua Bisa Menang. 



 



Komentar