Ibukota Pindah Ke kalimantan Timur, Saatnya Mengenal Makanan Khas di Kalimantan Timur

11 November 2023/08.44

Perayaan Upacara Terakhir di Jakarta

Perayaan 17-an tahun ini adalah perayaan terakhir di Jakarta. tahun depan perayaan 17-an akan dirayakan di Kalimantan Timur, ibukota negara indonesia yang terbaru, IKN sebutannya atau kita kenal dengan Ibu Kota Nusantara.

Awalnya aku kurang tertarik dengan perpindahan ibukota negara Indonesia ini, bahkan letaknya di kalimantan apapun aku kurang perduli, tapi karena penasaran dengan masakan khas Ibukota baru, aku terpikir untuk membahasnya nih. Akan ada 11 masakan khas Kalimantan timur yang akan aku bagikan, satu masakannya akan aku share bersama resepnya.

Yuk, kita mengenal lebih dekat makanan khass yang ada di Kalimantan Timur.

Daging Masak Bumbu Hangus

1. Daging Masak Bumi Hangus

Dari namanya pasti kalian akan membayangkan , kalau penampakan daging ini hitam pekat seperti arang, tapi tidak, warnanya masih cantik memikat selera makan. Warnanya agak kehitaman disebabkan penambahan kecap pada saat memasaknya. Campuran bumbu rempahnya membuat rasanya semakin enak. Cocok sekali daging masak bumi hangus ini jika dikonsumsi bersama Nasi Bekepor.

Nasi Bekepor makanan Khas Raja zaman Dahulu

2. Nasi Bekepor

Nasi ini sekilas mirip dengan nasi liwet, tapi isiannya lebih ramai. Kalau nasi liwet khas Sunda  hanya rempah dan ikan teri atau telur, kalau nasi bekepor, ada tambahan ubi dan kepala ikan, juga sayuran. Awalnya nasi bekepor adalah makanan spesial yang hanya boleh disajikan untuk Raja Kutainegara, tapi sekarang sudah bisa dinikmati oleh beragam kalangan.Zaman dahulu nasi bekepor digunakan sebagai salah satu cara Raja Kutai menyebarkan agama islam, dan menyuguhkan ini untuk para tamunya. Dahulu kala cara memasak nasi bekepor adalah dengan diputar di atas bara api menggunakan kenceng atau kendhil yang terbuat dari perunggu.Proses memutar tiga kali inilah yang membuat sebutan bekepor.

Sambal Raja yang disantap bersama nasi bekepor

3. Sambal Raja

Sambal ini isiannya juga cukup unik, kenapa disebut sambal raja, karena sambal ini biasa dimakan oleh raja Kutai bersamaan dengan nasi bekepor. Sambal ini terbuat dari aneka cabai dan sayuran. Sambal raja ini dibuat menggunakan campuran cabai dan aneka sayuran seperti terong ungu, kacang panjang, irisan bawang merah hingga telur rebus yang disiram bumbu pedas dari campuran cabai. Seperti lalapan di tanah Sunda, hanya bedanya ini siramannya bumbu cabai.

Ayam Cincanedari ayam kampung

4. Ayam Cincane

Unik yah namanya kaya bahasa Korea, hehe. Ayam Cincane adalah ayam bakar yang cara makannya ditutul dengan saus tomat. Sebelum dipanggang, ayam direbus dengan bumbu khusus, kemudian dilumuri bumbu merah. Rasa unik ayam cincane berasal dari lumuran bumbu merah yang terdiri dari lengkuas, jahe dan kemiri yang menggoda selera.

Ayam suwir cabe hijau khas Kalimantan Timur

5. Ayam Suwir Cabe Hijau

Jenis olahan ayam suwir ini, mungkin banyak ditemui di berbagai daerah, hanya saja, bumbunya yang khas dan berbeda. Ayam Suwirnya menggunakan daun salam, lengkuas, jahe dan daun jeruk sehingga cita rasanya lebih nikmat.

Sate Payau terbuat dari daging rusa

6. Sate Payau

Sate ini agak lain nih dari sate yang biasanya ada. Aku sudah pernah merasakan sate ayam, sate kambing, sate kelinci dan sate kuda. Ternyata di Kalimantan Timur, ada sate payau, sate ini terbuat dari daging rusa. Karena populasinya semakin berkurang, maka sate payau jarang terlihat di jual di emperan seperti sate-sate lainnya. KAlau ingin mencoba bisa mencoba di acara adat atau festival di Kalimantan Timur.

Gangan Manok

7. Gangan Manok

Unik ya namanya. Menu yang satu ini seperti sayur sop yang isinya bola daging. Hanya saja untuk bahan baksonya terbuat dari daging giling ayam. Isian sayurnya, ada sayur oyong dan bayam. Bisa di coba ini, karena rasanya gurih.

Sup Ikan Akmal

8. Sup Ikan Akmal

Untuk yang menyukai sup ikan, ini surga sekali, karena rasa amisnya tidak berasa dan sup ikan Akmal ini disajikan dengan rempah, rasanya pedas dan nikmat. Untuk bahan dasar ikannya menggunakan ikan patin.

Gence Ruan. Sumber foto dari Femina.

9. Gence Ruan

Unik dan agak aneh ya terdengar ditelinga kita. Karena ternyata makanan ini sealu bikin ketagihan untuk yang sudah mencobanya. Makanan ini adalah ikan gabus yang dibakar diatas bara api menggunakan bumbu tumis dan dilumuri sambal. Paling nikmat dimakan dengan nasi hangat dan tumis pakis.

Tumpi Udang

10. Tumpi Udang

Makanan khas Berau Kalimantan Timur ini biasanya dijadikan gidangan utama jamuan saat acara pernikahan. Tumpi udang terbuat dari kepala udang yang ditumpuk bersama parutan kelapa dan bumbu-bumbu seperti bawang merah,bawang putih,dan kunyit. Adonan yang sudah ditumbuk menjadi satu dibentuk menjadi bulat, kemudian digoreng. Tumpi udang ini memiliki cita rasa yang sedal,akan lebih nikmat dimakan dengan nasi hangat dan sambal.

Rabo Ruan dan resepnya

11. Rabo Ruan

Makanan ini merupakan suwiran yang terbuat dari olahan ikan gabus dan enak sekali di santap dengan nasi hangat.

Resep Rabo Ruan untuk 6 porsi,dengan durasi memasaknya 45 menit :

  1. Bahan:
    • 1 kilogram ikan gabus, bersihkan
    • 2 sendok teh air jeruk nipis
    • 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  2. Bumbu halus:
    • 12 butir bawang merah
    • 5 siung bawang putih
    • 6 buah cabai merah keriting
    • 4 buah cabai merah besar
    • 1/2 sendok teh ketrumbar
    • 1 sendok teh garam
    • 1/2 sendok teh gula merah, sisir

Cara Membuat Rabo Ruan: 1. Lumuri ikan bersama air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. 2. Kukus ikan gabus sampai matang. Angkat. Suwir-suwir kasar. 3. Aduk rata daging ikan, bumbu halus, dan santan. 4. Masak di atas api kecil sambil diaduk sampai matang dan kering. (Dn)  Sumber resep Rabo Ruan .

Masih banyak makanan khas Kalimantan Timur lainnya. Selamat mencoba makanan khas Kalimantan Timur nih,jadi kalau nanti main ke ibu kota Nusantara sudah tidak kaget lagi ya.


Komentar