BRI Memberdayakan UMKM Indonesia dan berkomitmen dengan program yang terkait dengan ESG (Enviromental, Social and Goverment)

 Senin, 27 November 2022/10.21

Awal mula BRI di Purwokerto.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan bank tertua di Indonesia. Sebagai mahasiswa kampus UNSOED yang terletak di kota Purwokerto, cukup berbangga hati juga, karena ternyata BRI ini di dirikan di Purwokerto sejak tahun 1895 oleh Raden Bei Aria Wiraatmadja. Awal mula Bank ini berdiri namanya adalah De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Bank ini dibangun untuk membantu pengoperasian masyarakat Indonesia terutama yang ada di pedesaan. 

Raden Bei Aria Wiraatmadja dijenal juga sebagai pahlawan Perbankan.

Seperti kita ketahui, dahulu kala itu perekonomian berjalan dengan sistem yang bernama barter, alias menukar barang dengan barang lain yang senilai. Saat kolonial Belanda datang ke Indonesia, mulailah dikenalkan bangsa Indonesia dengan menukar barang dengan mata uang. Kolonial Belanda mempercayakan sistem pengoperasian sistem perekonomian pada Raden Bei Aria Wiraatmadja, penduduk Banyumas Asli yang dipercaya oleh kolonial Belanda.

Di tahun 1948, sempat terhenti pengoperasiannya karena ada massa perang, tapi saat ada perjanjian Renville di tahun 1949, BRI kembali aktif dan namanya berubah menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat (BRIS). 

Bank BRI  menjadi bank yang penting bagi pembangunan ekonomi dan keuangan di Indonesia. Bank ini memainkan peran penting dalam pembangunan infrastruktur, perkebunan, dan industri di berbagai wilayah di Indonesia. Pada tahun 1959, tercatat sejarah bank BRI menjadi bank pertama di Indonesia yang diberikan status bank umum. 

Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) merupakan salah satu bank milik pemerintah yang tertua di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan perbankan dan keuangan bagi masyarakat. Selama bertahun-tahun, tercatat dalam sejarah bank, BRI telah menjadi bank yang dipercaya dan dapat diandalkan bagi masyarakat Indonesia. Bank ini telah menjadi salah satu pemimpin dalam menyediakan layanan keuangan bagi segmen masyarakat yang kurang mampu, termasuk melalui program-program microfinance dan pembiayaan usaha kecil.

Karena awal berdirinya di pedesaan, maka masyarakat pedesaan sudah akrab dengan program-program bantuan finansial, untuk membangun perekonomian. BRI membantu masyarakat dari pedesaan sampai perkotaan untuk memiliki ekonomi yang mapan, serta membantu bergulirnya ekonomi negara dengan baik.

Produk2 UMKM BRI

Bank BRI sangat memperhatikan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), BRI memberikan  3 program dalam mendukung UMKM,dalam bentuk simpanan, pinjaman dan BRI Link.

Dahulu kala banyak masyarakat pedesaan yang terjebak ijon, atau lintah darat. Mereka bekerja seperti rentenir, bunganya terus bertambah, jika tidak segera melunasi hutang-hutang. Banyak petani yang terkena ijon dan lintah darat sehingga harus merelakan tanah pertaniannya. Selain itu juga banyak penduduk desa yang terlilit hutang merelakan tanahnya. 

Persyaratan untuk mengajukan Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Sejak BRI hadir dengan KUR (Kredit Usaha Rakyat) sangat membantu masyarakat di pedesaan untuk tetap mempertahankan hartanya dan menyelesaikan permasalahan hutang-hutangnya juga bisa memulai usaha barunya. Tidak hanya itu KUR juga diperuntukkan untuk TKI, bagi masyarakat pedesaan atau perkotaan yang ingin mencoba menjadi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri, dapat mengajukan Kredit Usaha Rakyat ini.

Untuk TKI,maksimum pinjaman di 25 juta dengan pelunasan selama 3 tahun. Uang ini bisa di pakai untuk biaya menjadi TKI atau untuk usaha keluarga yang ditinggalkan selama yang bersangkutan melaksanakan pekerjaannya di luar negeri. Negara tujuan yang di ijinkan mendapatkan KUR adalah Hongkong, Singapura, Brunei Darussalam, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan.

Sudah mendapatkan piagam dari G20.

BRI sekarang juga memiliki layanan untuk Individu, UMKM,Wealth Management,Investasi, dan sudah ada Digital bankingnya. Selain itu BRI juga berfokus ke pada ESG (Enviromental, Social, Governance). BRI memperhatikan lingkungan, mulai dari menanam pohon dihalaman kantor BRI dan juga bekerjasama dengan masyarakat pedesaan untuk lebih banyak menanam pohon sekaligus mensosialisasikan KUR. Program terbarunya dari BRI adalah BRILiaN.

Tahun ini pendaftaran sudah tutup,cek berkala saja ya.

BRILiaN adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa terpilih yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penerima BRILiaN Scholarship melaui program-program yang di susun dalam kurikulum BRILiaN Scholarship, sehingga nantinya diharapkan mampu menjadi kader pemimpin BRI di masa depan melalui BRILiaN Future Leader Program (BFLP). Untuk mahasiswa terpilih, berkesempatan untuk bekerja di BRI.

BRI juga mendukung program pemerintah untuk mengurangi polusi udara dengan menggunakan kendaraan listrik bagi para staf BRI.

Sangat membantu masyarakat kecil dan menengah

Di era digital seperti sekarang ini, BRI juga sudah mulai mendigitalisasi beberapa program yang juga bisa digunakan oleh masyarakat pedesaan atau perkotaan. Digital BRI dibagi menjadi 3, yaitu Channel, Pinjaman digital dan Ekosistem and integrasi.

Didalam Channel ini pengguna BRI dapat melakukan transaksi seperti pembayaran listrik, telpon, gaji pegawai,Taspen, tabungan haji , juga bisa setor valas,dll. Sementara dalam Peminjaman ada aplikasi Ceria yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian produk yang di bayar bulan depan atau di cicil beberapa bulan seperti paylater. Untuk produk Ekosistem dan Integrasi didalamnya terdapat Brimola dan Junio Smart.

Brimola membantu masyarakat untuk mendapatkan LPG dengan mudah. Sementara Junio Smart digunakan oleh sekolah untuk mengelola kegiatan akademik disekolah dan mengkaitkan dengan pihak orang tua murid. Keuntungan yang di dapat oleh sekolah adalah Pengelolaan akademik administrasi sekolah menjadi lebih cepat, tepat dan akurat. Keuntungan yang didapat oleh orangtua adalahorangtua dapat mendukung perkembangan akademik siswa. Keuntungan siswa adalahsiswa menjadi mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi akademik dan kegiatan sekolah.

Fitur unggulan yang didapat orangtua berupa:absensi, laporan akademik siswa, dan kemudahan pembayaran SPP.

Memudahkan orangtua JUNIO SMART BRI

Fitur Unggulan yang di dapat siswa berupa : Informasi kegiatan sekolah, Jadwal Pelajaran, dan Nilai Akademik. 

Memudahkan siswa JUNIO SMART BRI

Fitur Unggulan yang di dapat sekolah berupa : Pengelolaan Administrasi,Laporan Akademi, Informasi Online.

Fitur unggulan untuk sekolah Junio Smart BRI

Perkembangan BRI dari tahun ke tahun cukup pesat dan stabil, Misi BRI memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil dan menengah demi menunjang peningkatan ekonomi masyarakat membuktikan bahwa BRI tetap berdiri dan menjadi garda terdepan untuk ,membantu ekonomi kecil dan menengah.

Dari sekian program BRI ini kamu tertarik dengan program yang mana?

Komentar