ISEF: Halal Lifestyle Inside and OutSide bersama Paragon (Wardah)

 30 Oktober 2023/07.03

Bismillahirrahmanirrahiim,

Difotoin sama paksu

Hari itu ada pesan masuk kedalam ponselku dari Kak Tahnia, pegawai Paragon. Selamat ya, kakak mendapatkan undangan dari Wardah untuk mengikuti Talkshow Halal Lifestyle. Acaranya pukul 19.00 - 20.30 WIB di acara ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival) di JCC. Tersanjung sekali mendapatkan tawaran sebagai tamu undangan di acara talkshow Paragon ini. Menurutku dengan undangan pribadi exclusive hanya untuk 50 orang adalah penghargaan, karena biasanya kan melalui MG dan lain-lain.

Alhamdulillah dapet Biodef Kahf dan Liptint

Sempet dijutekin temen aku nih, karena dianggap gak ngajak-ngajak , tapi aku aja ajak suami gak bisa buat daftar, jadi sepertinya mereka sudah punya list tersendiri, semoga temanku mau paham ya. karena kalau tidak terdaftar tidak mendapatkan freebies. Freebiesnya sabun cair Biodef, Liptint  Wadah dan Facial Wash Kahf. Hanya 50 orang tamu undangan yang mendapatkan freevies ini. Ada beberapa pengunjung ISEF yang mengikuti acara tersebut mendapatkan hadiah dengan menjawab pertanyaaan para narasumber.

Ricky Harun ,Herfiza Novianti,Guzeme,Dima,Shafira Umm

Bintang tamunya cukup inspiratif, ada Ricky Harun dan istrinya Herfiza Novianti dan juga pasangan keren Guzeme dan Dima. Dari dulu cita-citaku memang punya keluarga syar'i tapi perlahan ya, dimulai dari perubahan aku lebih baik balik lagi dulu seperti sebelum menikah, rajin banget ibadahnya, sekarang sudah menikah, agak banyak bolong-bolongnya, diperbaiki dari arah situ dulu ya.

Habis swlesai acara,humble banget bintang tamunya

Karena dari obrolan keempat narasumber yang dimoderatori oleh Shafira Umm itu kayaknya sudah level di atas aku deh, karena jujur mengaplikasikan hidup halal lifestyle outside and inside itu gak mudah. Acara hari ini seperti menampar aku pelan nih. Bagaimana tidak, untuk beberapa hal aku masih ada cicilan, masih menikmati pembayaran menggunakan paylater. Susah juga nih lepasnya, tapi insyaaallah bisa, doakan ya teman-teman, bisa melakukan transaksi dengan cara cash. Amiin.

Dibahas untuk halal life style itu kegunaannya apa sih?

كُلُّ لَحْمٍ وَدَمٍ نَبَتَا مِنْ سُحْتٍ فَالنَّارُ أَوْلَى بِهِمَا

Artinya, “Setiap daging dan darah yang tumbuh dari perkara haram, maka neraka lebih utama terhadap keduanya,” (HR. ath-Thabrani).

Halal Lifestyle seharusnya dilakukan oleh seluruh muslim di dunia, tapi ada beberapa yang saklek ada beberapa yang tidak mempermasalahkan hal-hal seperti ini selama apa yang masuk kedalam tubuh adalah makanan halal.

Tapi nyatanya banyak barang-barang disekitar kita terbuat dari turunan hal yang diharamkan. Babi misalnya, binatang ini dihaaramkan untuk dimakan karena didalamnya ada cacing pita yang walaupun di masak di 1000 derajat Celcius tidak akan mati. Sekarang banyak turunan dari babi seperti minyak yang di dapat dari kulit babi, di buat untuk skin care, bulu bbi dipaai untuk brush. Bahkan ada salah satu sepatu lari yang menggunakan kulit babi dalam pembuatannya.

Jangan heran, kalau akhirnya do'a -do'a kita mentok dan belum dikabulkan, karena tanpa kita sadari, kita masih menggunakan produk-produk yang haram dalam keseharian kita. Untuk makanana atau restoran, biasanya sudah paham pegawainya dengan fashion atau baju yag kita guakan, penggunaan hijab kadang menolong kita dengan pegawai mengatakan bahwa ini ada minyak babi atau tidak halal, bagaimana dengan muslimah yang tidak berhijab?

Sulit ya, tapi insyaallah bisa dimulai dari  pemilihan skin care. paragon menyediakan produk-produk skincare dan make-up yang halal. Guzeme kebangsaan Rusia-Prerancis, memilih paragon dan menjurus ke Wardahuntuk pemeliharaan kulitnya. Karena saat baru menikah dengan Dima, dari awal dia sudah sangat detail. 

Bagi kita orang Indonesia, selama tidak makan Babi atau Ajing, itu berarti aman. Tapi tidak dengan Guzeme, di negara kelahirannya, sebuah makanan selama itu daging , kalau tidak ada tulisan halalnya, dia tidak yakin. Contohnya ayam, ada tulisan halal berarti pada saat pemotongan sudah mengucapkan bismillah sebelumnya dan tidak menyimpan darahnya untuk dijadikan makanan kembali. JAdi kalau memang tidak ada logo halal dan pengolahannya tidak halal, karena menggunakan minyak babi atau apapun yang beralkohol, Guzeme lebih memilih untuk makan sayur dan buah-buahan, masyaallah.

Pengetahuan seputaran produk makanan halal dan skincare halal, sepertinya harus lebih sering diperdengarkan sehingga para muslim tidak terperangkap dalam produk-produk yang tidak halal. 

Tidak hanya makanan, tapi perlengkapan sehari-hari seperti body care, skincare dan make -up juga peralatan yang ada di rumah, sebaiknya halal, jika tidak, maka akan mengurangi terkabulnya do'a -do'a kita. 

Terkadang ada juga produk yang belum terlabel halal, bagaimana kita menghadapinya?
Bisa dibuang atau diberikan kepada yang membutuhkan atau dismpan sampai ada label halalnya.

Tapi bisa diusahakan mulai dari makanan, kita cari dulu label halalnya, kalau belum ada gak makan disana.

Kalau memang ada event yang lokasinya kita belum tahu, atau ada yang kasih oleh-oleh, kita tidak tahu halal atau tidak, bisa dikasihkan ke orang lain, atau kita baca do'a sebelum makan , minta dilindungin sama allah, tapi ini jika dalam keadaan darurat ya, kalau sudah tahu dari awal, hindari, karena bisa menyebabkan hidup kita jadi sulit dan bergelimang dosa. Naudzubillahimindzalik.

Yuk, kita usahakan unntuk menggunakan produk halal, dan menjadikan Halal sebagai lifestyle kita sehari-hari. Paling minimal mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim sebelum melakukan kegiatan apapun, ucapkan Alhamdulillah setelah selesai melakukan aktivitas.

Alhamdulillah,
Semoga bermanfaat dan menginspirassi kalian untuk mulai mencanangkan halal lifestyle di kehidupan sehari-hari.

Komentar