Libur Telah Tiba Saatnya Beraktivitas Bersama Anak yang Murah Bermakna

 18 Juni 2023/08.35

Libur telah tiba.

Beberapa hari ini sekolah di dekat rumahku dan beberapa sekolah lainnya  mulai ramai pengunjung, karena ujian sudah selesai, sebelum penerimaan rapot ada performance dari anak-anak untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Dulu performance atau penampilan hanya ada di sekolah-sekolah swasta , tetapi sejak nadim makarim mengubah kurikulum hampir di semua sekolah melakukan aktivitas performance ini, termasuk sekolah negeri.

Waktu aku mengajar di salah sekolah swasta, performance ini sudah menjadi acuan atau kebiasaan sekolah bergilir, misalnya minggu pertama kebagian kelaas TKB  yang tampil, maka, siswa lain yang tergabung dalam primary school menonton. Begitu seterusnya bergilir. Di sekolah tempatku mengajar dulu, diadakan setiap hari Jum'at dan dihadiri oleh orang tua murid. Sementara jelang penerimaan rapot kami akan mengadakan konser besar kolaborasi dari setiap angkatan, seru banget nih kalau sudah mau mulai konser. Beban kerja guru luar biasa dong, melatih performance, mengisi raport, wah tapi semuanya terbayar pas melihat mereka diatas panggung dan apa yang dilatih berhasil. 

Di beberapa sekolah juga ada kolaborasi dengan performance orangtua saja atau orangtua dan guru, luar biasa ya hiruk pikuk sebelum penerimaan raport ini. Nah, setelah penerimaan rapot ada beberapa orangtua yang bertanya soalan libur berapa lama, karena mereka biasanya para orangtua ini kalau anak libur terlalu lama suka stres sendiri, me time mereka jadi berkurang, hehe. Tapi tidak semua orangtua ya, ada yang menyambut sukacita karena sudah punya rencana untuk liburan, yang belum punya rencana nih yang sewot :).

Tenang, aku kasih tahu ya beberapa Aktivitas yang bikin liburan anak lebih bermakna dan bermanfaat nih. Apa aja nih? Tenang moms, Liburannya gak harus keluar uang banyak nih, banyak hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah tapi akan sangat berkesan dan membuat anak akan teringat masa liburan ini.

Pengen kan kebunnya gini,hehe.


1. Gardening 

Kalau aku dikaruniai anak, ini adalah hal yang paling menyenangkan, karena aku termasuk suka berkebun, koleksi tanamanku lumayan banyak. Kalau ponakanku main ke rumah, kegiatan menyiram tanaman adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Senang sekali dia, apalagi kalau di suruh menyiram tanaman. Tanamanku Happy, anak juga happy ya kan.

Selain membantu menyiram tanaman, kita bisa bantu rasa ingin tahunya dengan memisahkan tanaman yang sudah beranak pinak. Sekaligus memberitahu kepada anak tentang manfaat tanaman itu. Ajarkan cara menanam, dan kegunaan tanaman untuk kehidupan. Sambil bermain dia bisa belajar.  Beritahu juga mana yang alami, mana yang kimiawi, mana yang bahaya dan tidak. Bagi anak yang naturalis, kegiatan ini akan berlanjut setelah liburan selesai. Lumayan kan ada yang bantu menyiram tanaman.

Kegiatan murah meriah tapi tak ternilai.

Ajak anak beresin sudut tumpukan barang dirumah mu moms.

2. Decluttering dan Berdonasi

Coba cek sekeliling rumahmu moms, pastinya ada pojok yang isinya barang-barang gak jelas, gak dipake tapi dibuang sayang, iya gak? Daripada jalan-jalan menghabiskan uang, kita bereskan saja nih bagian rumah yang penuh barang. Ajak anak untuk memilah mana barang yang masih bisa dipakai dan tidak, kemudian pisahkan di dalam kardus yang berbeda. Hal ini bisa juga dilakukan pada mainan anak moms.

Jika sudah, maka moms bisa mengajak anak untuk mendonasikan barang0barang layak pakai yang sudah tidak digunakan lagi ke panti asuhan dekat rumah atau lokasi-lokasi yang membutuhkan. 

Selain mengajarkan  anak untuk menggunakan barang-barang yang diperlukan saja dan tidak boros dalam membeli barang atau mainan. Anak juga menyadari bahwa ada orang lain yang tidak seberuntung dia, sehingga kita bisa mengajarkan anak untuk bersyukur atas apa yang dimiliki dan tepa selira dengan orang-orang yang kurang beruntung.

Wah,asyik nih,kruntelan satu tenda ya moms.

3. Berkemah

Berkemah adalah kegiatan yang sangat menyenangkan nih moms,selain memberi pengalaman baru bagi anak, kenangan ini tidak akan terlupakan oleh anak-anak kelak dikemudian hari. Berkemahnya tidak harus mewah, bisa dilakukan di depan rumah menggunakan tenda.

Pindah tidur yang biasa di kasur, tidur di tenda, menggunakan alas, atau kalau ada kasur lipat boleh juga nih, bikin api unggun ala-ala. Cerita sebelum tidur, jamin bondingnya akan lebih dapet antara moms, paksu dan anak-anak. 

Yang seru juga nih moms, kalau berkemah bisa cerita dengan bayangan, dulu aku suka melakukan hal ini dengan ibuku disaat mati lampu di rumah. Atau bisa juga memberikan challenge pada anak, untuk melakukan hal yang belum pernah dilakukan anak sebelumnya.

Sesekali anak juga merasakan tidur di alam terbuka tanpa AC dan selimut, seru nih buat uji mental anak, kira-kira pindah ke dalam rumah gak ya?

Ajarkan banyak olahraga saat liburan

4. Olahraga 

Melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki keliling komplek, setiap pagi, sehingga anak jadi lebih mengenal lingkungan ruahnya dan berkenalan dengan tetangga.

Bersepeda keliling komplek, selain sehat bisa menambah skill anak-anak dalam mengendarai sepeda roda duanya.

Jika ada taman bermain di komplek bisa digunakan untuk menggunakan fasilitas yang ada di taman bermain seperti ayunan, atau juga alat olahraganya. Bisa juga membawa peralatan olahraga dari rumah, seperti bola basket atau raket badminton.

Moms juga jadi ikutan sehat ya :).

Biarkan mereka mencoba sendiri cara bayarnya.

5. Menggunakan Ragam Moda Transportasi

Setiap hari pergi sekolah biasanya orangtua merasa lebih nyaman jika menganar anak dengan kendaraan pribadi atau jika rumah dekat anak bisa berjalan kaki atau naik sepeda. Saat liburan, kita bisa pergi ke rumah saudara sekaligus mengajarkan anak untuk naik moda transportasi umum nih.

Perhatikan jam berangkat dan pulang kantor ya moms. Jam 10-15 adalah jam anan untuk mencoba moda transportasi. 

Moms bisa mengajarkan naik angkot, delman,becak, bajaj, busway, MRT, LRT dan ajarkan anak cara membayarnya. Bagi sebagian anak berpikir kalau semua pembayaran bisa menggunakan kartu, ternyata ada yang bayar cash, bahkan lewat online.

Setelah anak mencoba ragam moda transportasi moms bisa bertanya moda trasnportasi mana yang disukai. Dari sini bisa ajak anak untuk bersyukur karena selama ini hidupnya sudah sangat mudah.


Dari ke -5 pilihan aktivitas murah yang bermakna di atas, mau pilih yang mana moms?




Komentar

  1. Kalau dulu, sepertinya semua pilihan liburan di atas dijajal semua.
    Maklum masih jadi mamak2 yang kaum mendang mendig, jadi pilih libur yang murmer tapi happy2 bareng anaknya tumpah ruah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Insyaallah saya akan berkunjung balik. Silahkan berkomentar dengan sopan, dan berbagi tips untuk sesama pembaca.