Serial Manifest di Netflix antara Mitologi, Panggilan dan Fakta

 12 Mei 2023/ 06.05

Kembali setelah 5,5 tahun menghilang. Apa yang kamu rasakan? Penumpang pesawat 828 tujuan Jamaika mendadak hilang selama 5,5 tahun dan kembali dalam keadaan utuh di New York. Semua penumpangnya masih utuh dan usianya bertahan di 5,5 tahun sebelumnya saat mereka melakukan penerbangan. Pilot pesawat 828 waktu di wawancarai, hanya berkata bahwa mereka menembus awan hitam yang diselimuti petir. 

Unik dan bikin penasaran film yang satu ini. Aku gak akan ikut sampai ber season-season jika tidak menarik. Awal pertama menonton aku sempat skip, karena kaya gak real gitu, tapi setelah tahu  ad kerjasama pemerintah dalam hal ini, tapi juga ada mitologinya aku jadi penasaran.

Awalnya di season 1 Manifest ini menceritakan bagaimana penumpang pesawat 828 kembali setelah 5,5 tahun menghilang. Tentunya banyak yang berubah setelah 5,5 tahun kan? Ada yang pasangannya sudah menikah kembali, ada yang anggota keluarganya sudah meninggal, ada yang kehilangan pekerjaan, banyak sekali perubahan. 

Season 2 menceritakan bahwa kejadian munculnya pesawat 828 adalah proyek penelitian pemerintah yang menghubungkan sinapsis otak manusia yang satu dengan yang lainnya. Penelitian ini membuat semua penumpang pesawat 828 memiliki panggilan. Ada tokoh yang di sebut Mayor, sebagai dalangnya. Tapi di Season 3 Mayor meninggal, sementara itu semua jadi terhubung dengan mitologi, jadi bikin penasaran kan ini tuh fakta, buatan pemerintah atau mitologi ya?

Panggilan ini unik, jadi buat penumpang 828 sebanyak 191 orang ini bisa menerima panggilan untuk menolong banyak orang, seperti dikasih gambaran ada kecelakaan atau ada orang yang harus diselamatkan. Menjadi tokoh utama adalah keluarga Stone. Ada Ben Stone, Michaela Stone dan Cal Stone. Awalnya mereka akan pergi ke Jamaica sekeluarga, tapi dua anggota keluarganya tidak bisa pergi dan akan naik pesawat berikutnya. 

Grace Stone sang ibu dan Olive Stone kembaran Cal Stone batal pergi ke Jamaica, mereka merasa terpukul dengan hilangnya pesawat 828. Selama 5,5 tahun ini mereka menunggu dan memberi kesempatan pada Danny orang lain untuk masuk ke dalam kehidupan Grace dan Olive, sehingga saat Ben kembali, semuanya jadi membingungkan, sampai akhirnya Danny mengalah.

Michaela Stone juga mengalami kesedihan yang cukup mendalam, karena saat dia kembali setelah 5,5 tahun ibunya sudah meninggal dan calon suaminya sudah menikah dengan sahabatanya Lourdes. Sakit banget ya. Sementara Cal Stone yang sebelum berangkat didiagnosa kena kanker leukimia, sekarang didiagnosa sehat wal'afiat. 

Ben, Michaela dan Cal sering mendapat panggilan. Terutama Cal, dia sering menggambar apapun yang dia dapatkan dari panggilanya, dan itu menjadi kenyataan. Cerita dalam film ini makin melebar karena ada orang yang tidak ada di pesawat dan bisa dihidupkan kembali. Tapi  orang-orang ini hidup selama dia tenggelam atau selama dia mati.

Komentar