Promil Oh Promil

 9 Januari 2023/13.36 WIB

Kami Pejuang Garis Dua

Sudah hampir 7 tahun menikah,kami belum dikaruniai keturunan. Diagnosa awal kami berdua sama-sama bermasalah. Kami mencoba rutin,tapi sekarang mentok di fase galau,histeroskopi dan laparaskopi atau herbal saja ya. Mau libur tapi kok rasanya sayang,karena waktu berjalan terus,dan usia ku tahun ini 39 tahun. 

Gimana sih seharusnya pasangan itu mulai promil? Oke,sebenarnya kalau usianya masih 20 tahunan tunggu sampai 1 tahun pernikahan baru lakukan program untuk hamil,tapi jika usianya sudah di kepala 3,kasih jeda 6 bulan pada pernikahannya kemudian promil.

Aku sudah mulai promil sejak pernikhanaku berusia 1 tahun,agak terlambat sih,karena aku menikah di usia 32 tahun. Tapi kami on -off karena uangnya antara ada dan tiada,jadi pas ada uangnya lanjut,pas gak ada ya berhenti dulu.

Kanan PCOs,kiri normal

Dulu aku di vonis PCOs sel telur aku kecil-kecil,tapi semuanya normal dan baik-baik saja,aku setiap bulan mestruasi. Akhirnya cek sperma suami. Oh iya aku sarankan untuk lebih dulu mengecek kualitas sperma suami saat program hamil terlebih dahulu,dibandingkan cek keseburan organ reproduksi wanita,kenapa?

Karena proses pengecekan pada pria realtif singkat dan mudah. Untuk pengecekan sperma bisa dilakukan hanya satu kali setelah itu diberi suplemen voila,tunggu hasilnya selama 3 bulan. Tapi kalau wanita,widih banyak bener.

Ini hal yang sudah aku kerjakan belakangan ini ya. Di hari kedua menstruasi dilakukan transvaginal untuk mengetahui apakah ada kelainan pada sel telur. Lanjut mendekati hari ke -14 apakah ada sel telur yang sudah membesar sehingga bisa di buahi oleh sperma.

Ini yang terjadi saat HSG

Belum lagi kalau ada masalah harus cek HSG untuk mengetahui paten atau tidak ovaum dan ada masalah atau tidak di tuba falopiinya. Wew,itu mah rasanya nyusss bener kaya mau mens. Yang belum pernah ngerasain HSG nih,jadi kita nanti akan tidur di meja X-Ray untuk disuntikkan cairan kontras ke dalam vagina kita untuk mengetahui apakah terjadi penyempitan di tuba falopii atau tidak. Setelah itu dilarang berhubungan 2-3 hari,nanti setelah tindakan kita akan diberi softex untuk menanmpung keluarnya cairan yang masih tersisa. Beberapa orang minta untuk di anestesi,tapi dua kali HSG aku gak di anestesi,alhamdulillah gak terlalu nyeri seperti beberapa orang pada umumnya yang sampai pingsan,mual,dll.

HSG pertama di Sammarie, HSG kedua di RS. Bunda. Kalau lebih sakit,lebih sakit yang di Bunda,tapi hasilnya sama2 akurat dan alhamdulillah setelah di HSG aku baik2 aja.

Polip pada rahim

Lanjut nih di dokter terakhir nih Oktober 2022 aku divonis ada polip di rahim aku. Shock dong,karena biasanya diagnosa dojter cuma seputaran PCOs dan Miom kecil yang gak mengganggu,tetiba ada polip di rahim,ya allah ini apalagi?

Aku browse dan dijelasin sama dokter kalau aku harus melakukan kuretase atau histeroskopi bahkan laparoskopi. Apalagi itu? Buka mbah google dan aku lihat yutub juga diskusi sama dokterku untuk tambahan ilmuku. 

Semakin banyak ilmu aku jadi makin ragu melakukan tindakan,apakah aku harus cari dokter kandungan lain lagi untuk cari second opinion?

Menurut dokter yang menanganiku di salah satu klinik di Depok,aku baru bisa hamil jika aku dibersihkan rahimnya dari si polip rahim ini. Ada dua cara untuk menghilangkan polip di rahimku,pertama aku disarankan untuk kuretase dengan konsekuensi semua sel yang baik pun ikut hilang,karena konsep kuretase adalah mengerok rahim tanpa melihat,yang penting dibersihkan. 

Histeroskopi adalah proses pengambilan polip rahim dan hal-hal yang mengganggu rahim menggunakan alat seperti sedotan yang di ujungnya terdapat gunting kecil sekali yang disterilkan. Ada lampu yang akan menunjukkan dimana letak polip rahim dan permasalahan rahim lainnya. Kalau hanya tindakan ini tidak usah dibius masih bisa,kalau yang berani visa sambil nonton isi xalam rahim kita sewaktu tindakan. 

Laparoskopi biasanya digunakan untuk mengambil miom atau kista di dalam rahim. Prosesnya terbilang rumit karena harus memotong miomnya kemudia dikeluarkan kembali melalui vagina. Nah tapi kalau miomnya masih kecil,belum ada 3 cm,maka biarkan saja,lakukan pola hidup sehat untuk menghilangkan Miom tersebut.

Oh iya,bagi yang dari sebelum menikah mensnya berantakan kudu aware nih,yang penting dibikin teratur dulu nih menstruasinya,gunanya untuk mengetahui masa subur kita.

Siklus menstruasi itu ada yang 21-35 hari. Untuk yang mensnya gak berubah di tanggal yang sama setiap bulan,akan mudah menghitung masa subur, beberapa dokter menyarankan padaku untuk menghitung hari pertama di tambah 14 hari, itulah masa subur nya sampai tiga hari ke depan.  Aku setiap bulan gak pernah sama nih,suka maju semingguan gitu.

Apa itu masa subur? Masa subur seorang wanita adalah masa dimana sel telur sudah membesar minimal 1,6 mm sehingga siap dibuahi sperma. Pada penderita PCOs sel telurnya kecil-kecil dan sulit membesar di masa subur,sehingga sulit dibuahi oleh sperma karena ukurannya yang kecil.

Biasanya akan ketahuan dengan ciri-ciri berikut 

ini :

  • Keluar Lendir/Mukus dari VaginaApabila konsistensi lendir atau mukus yang keluar dari vagina seperti putih telur. Itu menandakan Bunda dalam masa subur.
  •  Suhu Tubuh Basal MeningkatSuhu tubuh basal yang meningkat bisa menjadi penanda Bunda dalam fase subur. Cara mengeceknya dengan melihat suhu tubuh sebelum buang air kecil di pagi hari.

Ada alat yang bisa digunakan untuk mengecek namanya Ovutest,harganya gak terlalu mahal,tapi akurat,bentuknya seperti test pack pada umumnya menggunakan urin,ada juga yang menggunakan air liur untuk mengetahui apakah kita sedang dalam masa subur atau tidak.

Menurutku siklus menstruasi adalah hal terpenting yang perlu diketahui saat program hamil,sebab dengan mengetahui siklus menstruasi kita,kita jadi bisa menganalisa masa subur kita dan memprediksi terjadinya kehamilan.

Karena saat kita mau program hamil,dokter akan menyarankan untuk proses alami terlebih dahulu selama tiga bulan,jika tidak ada hasilnya maka akan dirujuk untuk melakukan hal lain seperti inseminasi atau bayi tabung jika tidak ada masalah dalam rahim yang perlu tindakan selain inseminasi dan bayi tabung.

Panjang loh proses promil ini,jadi harus punya waktu lebih dan uang yang cukup serta kebesaran hari akan hasil dari promil ini. Karena banyak yang sudah melakukan hal ini,tapi ujung-ujungnya gagal. Bahkan ada yang sudah keluar uang ratusan juta pun gagal juga.

Kalau sudah gitu baru ngeh ya,kalau kehamilan adalah hak preogeratif allah,karena ada dan tidak adanya makhluk kecil dalam rahim kita,Allah yang atur. Jadi sebaiknya lakukan bersamaan anatara doa dan usaha,sehingga jika hasilnya menyedihkan tidak ada rasa kekecewaan yang mendalam. Semangat para pejuang garis dua,semoga tahun 2023 ini lekas diberi momongan ya.

Bantuin aku juga yuk putuskan histeroskopi dan laparoskopi atau herbal aja ya?

Komentar