Menikah Dengan Bule,Siapkan Beberapa Hal Ini

 11 Januari 2023/06.58

Nur Khamid dan Alexandrea Robinson

"Jatuh Cinta Berjuta Rasanya,biar siang biar malam terbayang wajahnya." Salah satu penggalan bait lagu Titiek Puspa ini jadi acuan banget ya,kalau jatuh cinta gak pandang bulu. Bisa sesama orang yang ada di satu negara atau beda negara.

Seperti beberapa kisah yang ada disekitaran kita,apa yang bisanya terbayang di benakmu saat ada orang terdekat kita,saudara atau tetangga yang menikah dengan bule? Campur-campir ya rasanya,bisa jadi khawatir takut dipermainkan bulenya atau turut bahagia karwna bakal punya uang banyak dan hidup bahagia karena cowok bule beda kebiasaan dengan cowok lokal. Apa iya semulus dan semudah itu?

Percayalah,bahwa pernikahan ini punya air mata dan bahagianya sendiri.  Kok bisa? Iya,karena jodoh ditangan allah itu nyata adanya moms. Kita gak akan pernah bisa paksain hati kita berlabuh sama siapa,kadang udah di tulis pengenannya sama cowok yang kriterianya A-Z tapi kenyataannya dapetnya cuma A-D dikit banget kan,hehe. Tapi itulah kenyataann,kalo gak bisa terima malah cari kesenangan di tempat lain,naudzubillahimindzalik.

Bule alias foreign selalu dapat personanya sendiri buat para wanita Indonesia. Tapi kembali lagi ke keluarga besarnya apakah bisa menerima perbedaan budaya? Orang Depok sama Orang Padang aja udah beda banget kan budayanya,apalagi ini sama beda negara,bisa bayangin ya,belum lagi kalau beda agama,ini alasan beberapa orangtua kurang setuju jika anak-anaknya menikahi bule.

Tapi gak salah juga sih kalau kamu dari remaja udah bertekad menikah dengan bule,itu hak preogratif semua orang ,ya kan? Tapi perlu diketahui juga kalau gaj semua bule itu kaya raya,dan baik. Ada juga yang sebaliknya,jadi better do'anya tambahin kalo mau dapet bule. Yang soleh,yang bertanggung jawab sama keluarga,itu aja dua udah penting,karena banyak bule yang suka pergi gitu aja pulang ke kampung halaman gak balik-balik lagi, banyak tuh yang kamin kontrak,jangan sampe ya. Atau pembatalan pernikahan kaya Jessica Iskandar. Makanya kamu harus kenal banget sama keluarga dan perangainya itu jauh lebih baik sebelum terjadi pernikahan.Gak sama bule aja sih kalo ini,sama cowok lokal juga harus cek dan ricek dulu.

Beberapa kisah artis yang menikah dengan bule,ada yang langgeng seperti Maudy Koesnadi dan Frederik Johanner Mijer. Bahagianya lagi suaminya mualaf dan tinggal di Indonesia. Tapi ada juga kisah orang biasa yang menikah dengan bule,ada yang rela beternak unggas di Indonesia, jadi endorse-an barang,banyak macamnya,tapi gak semuanya soal indah-indah semua,banyak juga gak enaknya,yuk pahami beberapa hal di bawah ini,sebelum memutuskan untuk menikah dengan bule :

Bisa bertukar wawasan soal budaya dan bahasa,setiap hari ada saja yang dibicarakan

1.Bisa Memiliki Pengetahuan yang Lebih Luas

Karena budayanya berbeda,maka masing-masing akan membawa budaya nya masing-masing sehingga wawasan kita bertambah,dan bisa saling bertukar budaya dan pengalaman.

Waw banyak juga porsi bule makan yak.

2. Menu Makanan Sehari-hari Berbeda

Kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan pedas, berbeda dengan orang Eropa yang nggak tahan dengan makanan pedas. Sedikit rasa pedasbisa membuat mereka merasa mulutnya terbakar.

Bule jarang makan nasi loh,biasanya roti dan kentang. Sudah siap dengan perbedaan ini? Yang berarti kudu masak lebih banyak untuk menyenangkan hati suami 🤭.
Beda ras mempengaruhi proses memiliki keturunan dan kesehatan anak nya kelak. Tapi kembali lagi ke Allah ya yang kasih rejeki dan kesehatan anaknya.

3. Tingkat Kesuburan

Karena perbedaan ras biasanya mempengaruhi kesuburan masing-masing. Indonesia adalah ras melanosoid dan Eropa Kaukasoid. Selain kesuburan,jika terjadi kehamilan,segera di cek apa rhesus anaknya,karena biasanya karena perbedaan ras tersebut maka anak bisa terjadi kelainan rhesus. Karena beda ras juga bisa memperlambat kehamilan. 

Orang Asia biasanya rhesus positif,sementara orang Eropa rhesusnya negatif. Jika terjadi kehamilan biasanya akan terjadi kelainan hemolitik.

Hal ini akan menjadi masalah saat istri mempunyai rhesus negatif dan suami rhesus positif. Jika terjadi, maka diperlukan pemeriksaan bernama Coomb test kehamilan.

Biasanya, wanita dengan rhesus negatif akan mengandung bayi dengan rhesus positif. Apabila hal ini terjadi, maka terjadi perbedaan golongan darah antara si ibu dan si bayi atau yang disebut dengan hemolitik . Bahayanya ialah, saat antibodi ibu bereaksi dengan cara menghancurkan sel darah merah bayi yang dikandungnya.

Tapi ini kembali pada pola hidup setiap orang ya,gak bisa disamaratakan.  Atau sebelum menikah bisa cek lengkap darah terlebih dahulu supaya aman.

Bahagia ketemu matahari kalo bule,kalo kita jauh2 deh dari matahari 🤭

4. Hobi dan Kebiasaannya Beda

Hidup di negara beriklim tropis, orang Indonesia justru selalu menghindari sinar matahari. Berbeda dengan turis asing yang senang menghabiskan waktu untuk berjemur, karena bagi mereka sinar matahari itu spesial.

Iya kan,karena kita merasa kulitnya sudah gelap,jadi kalau berjemur bikin tambah kusam wajah,soalnya hampir tiap hari kan cuacanya panas ya,kalau di Indonesia. Tapi karena di luar negeri lebih cenderung dingin,bule selalu mencari  sinar matahari untuk berjemur.

Bule gak suka bawa barang banyak saat naik mototr,sementara kita tuh kalo masih bisa dibawa pas naik motor hayo aja.

Bule juga gak bisa mandi kalo gak pake shower,bisa2 selang toilet dia pake juga tuh,hehe. Yang begini-begini kudu diomongin sama pasangan bule kamu,ya gak ya?

Belum porsi makan nih,sama kebiasaan makannya,orang bule kalo pagi lebih suka sarapan roti,atau kadang dia lebih sukanya brunch disatukan antara breakfast dan lunch. Kalo kita pagi-pagi kudu ada nasi ududk,ya gak? Kudu diomongin nih sama pasangan bule kamu.

Cara makan mereka juga beda sama kita,kalo kita senang makan menggunakan tangan,mereka kesulitan menggunakan tangan ,lebih memilih mengunakan sendok dan garpu.

Postur tubuh juga nih,tapi kalo postur tubuh masih bisa diakalain ya,kalau kita lebih kecil bisa naik kursi deh kalo mau kissing.

Auto mabok darat deh suaminya ya,padahal duren enak bneer,suer dwh.

5. Gak suka Duren dan Kerokan

Bagi bule duren adalah makanan yang bau sampah,mereka sangat membenci baunya,dan menurut mereka ini adalah buah yang tidak ada kandungan gizinya,hanya berupa lemak.

Sementara pengobatan tradisional untuk masuk angin dan flu dengan kerokan dianggap penyiksaan oleh bule. Tapi ada bule yang masih setuju sama bekam nih.  Bule muslim ya.


Udah bisa jauh dari keluarga?

6. Kemungkinan Jauh dari Keluarga

Ada beberapa bule yang gak mau tinggal di Indonesia,maunya kita ikut dia ke luar negeri nih. Yakin bisa jauh dari orangtua? Tapi bisa video call ya,cuma pasti rasanya beda nih. Ini perlu dipikirin nih,kalo gak nanti bisa shock. Schok segala-galanya dari culture sama perlakuan mertua atau pergaulan di negara lain,gimana?

Duh,bule kalo pake baju adat tetap ganteng ya.

7. Perbedaan Budaya,Agama  Dan Bahasa

Ini urgent sih menurutku,karena dalam setiap hubungan yang terpenting adalah komunikasi,ya kan. Nah kalau komunikasinya gak pas,bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nih. Sama beda budaya masih satu warga negara Indonesia aja,kadang gak sepaham,apalagi ini ya kan?

Beda Agama ini gak harus bule sih,lokal pun bisa bikin hubungan kamu sama orangtua atau saudara-saudara kamu terputus loh,jadi lebih baik pikirkan matang-matang. Sebab kalau akhirnya mau,di Indonesia masih belum bisa nih,berarti harus menikah di luar negeri. Tapi saranku cari yang seuman,karena kalau sudah beda kaasihan anak-anaknya kelak.

Kurang lebih 7 hal itu deh kudu dipahami,sebelum kamu memutuskan untuk menikah dengan bule. Karena kalau diniatkan pernikahan itu ibadah kepada Allah SWT. Insyaallah akan dikasih jalan aja sih buat jadi langgeng.

Komentar