Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan

 12 Januari 2023/06.49

Chia seed sebelah kanan,biji selasih sebelah kiri.

Sering dikasih tahu sama orang-orang kaya adik ipar aku,temen-temen aku,seliweran di sosial media kalau chia seed itu bisa bikin kurus,dih kok bisa? Beberapa hari ini juga lagi konsumsi sama paksu karena ngerasa badannya udah bohay banget dan kaki mulai sakit-sakit keberatan badan. Langsung aja deh aku cari tahu nih. 

Aku share tipis-tipis ya sama moms semua kandungan Chia Seed, manfaatnya dan ternyata ada efek sampingnya juga loh,kalau mengkonsumsi Chia Seed berlebihan. Hmmm,tapi masih kalah sih efek.sampingnya dubanding sama manfaatnya yang luar biasa banyak.

Oke,kandungan nutrisi di Chia Seed itu banyak sekali. Bentar nih sebelum ke kandungannya,moms harus tahu dulu nih perbedaan Biji Selasih dengan Chia Seed. Sekilas keduanya cukup mirip,tapi sebenarnya bentuknya beda. Kalau biji selasih warnanya hitam pekat dan merupakan biji dari tanaman Selasih atau basil, sementara Chia Seed adalah biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica. Ini merupakan tanaman yang masih satu keluarga dari daun mint, di Meksiko dan Guatemala.

Cara konsumsinya juga beda nih moms. Chia Seed bisa dimakan dalam keadaan mentah sementara kalau Biji Selasih sebaiknya di konsumsi dalam keadaan matang setelah direndam. Kedua biji ini sama-sama mengandung antioksidan. Tapi kandungan omega dalam Chia seed tiga kali lebih banyak.

Chia seed dan biji selasih tergolong aman dikonsumsi. Namun, tak menutup kemungkinan keduanya bisa memberikan efek samping atau risiko tertentu.

Dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry, dijelaskan kalau chia seed mempunyai struktur yang sama dengan biji wijen serta kacang-kacangan lainnya. 

Ini bisa membuat sebagian orang bisa saja alergi terhadap chia seed. Perhatikan gejala alergi makanan dan konsultasikan dengan dokter.

Kandungan serat tinggi pada biji selasih  juga bisa memberikan efek gangguan pencernaan seperti kembung. Perhatikan asupan serat harian Anda, sebaiknya konsumsi secara bertahap. 

Ada pula kandungan vitamin K yang cukup tinggi di dalam biji selasih, yang mungkin bisa mengganggu kinerja obat pengencer darah seperti warfarin.

Intinya jangan berlebihan ya dalam mengkonsumsi Chia Seed dan biji selasih maksimal 2sdm dalam 1 hari atau setara dengan 28 gram.

Dilansir dari USDA (United States Department of Agriculture), 2 sendok makan biji chia atau setara dengan 30 gram mengandung 150 kkal energi, 5 gram protein, dan 12 gram karbohidrat. Chia seed juga mengandung nol gula dan kolesterol.

Tak berhenti di sana, biji chia juga mengandung serat 11 gram, 189 mg kalsium, 2 mg zat besi, dan 5,1 mg sodium.

Selain itu, biji chia juga kaya akan antioksidan yang memberikan perlindungan dari stres oksidatif, radikal bebas, dan mengurangi risiko penyakit kronis serta penuaan dini. Inilah mengapa makanan ini kerap disebut sebagai superfood.

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai dalam.mengkonsumsi chia seed berlebihan. Karena  jika dikonsumsi secara berlebihan,maka akan menyebabkan beberapa resiko seperti tersedak,alergi, gangguan pencernaan, juga menyebabkan prostat dan reaksi terhadap obat yang sedang diminum,jadi kalau sedang meminum obat khusus sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memakan chia seed. 

Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan :

1. Kaya Antioksidan

Chia seed memilki antioksidan yang tinggi ,swhingga baik untuk kulit wajah dan tulang. Antioksidan pada biji chia juga telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi ini juga yang membuatnya mampu bertahan lebih lama jika disimpan dibandingkan benih/bijian lainnya.

Tulang menjadi kuat

2. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Ada manfaat chia seed untuk kesehatan dengan kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang. Ini termasuk:

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Protein

Bahkan, kadar kalsium dalam biji chia termasuk tinggi, yakni 28 gram, yang lebih tinggi dari susu lho, Moms!

Kombinasi dari mineral-mineral ini, di samping nutrisi lain dan aktivitas fisik yang teratur, bisa melindungi kepadatan tulang.

Kandungan kalsium dari biji chia juga menjadikannya sumber mineral penting yang baik bagi mereka yang kurang suka dengan susu

3.Bisa Digunakan Sebagai Pengganti Telur

Untuk kamu yang tidak menyukai telur,bisa menggunakan cara ini.

Prosesnya sederhana, Anda hanya membutuhkan satu sendok makan biji chia dan 3 sendok makan air. Kemudian, campurkan biji chia tersebut dengan air ke dalam mangkuk kecil. Tunggu hingga kurang lebih selama 5 menit, dan lihatlah hasilnya!

Konsistensi campuran biji chia dan air akan terlihat lengket-lengket, mirip dengan kuning telur mentah. Anda bisa menambahkan makanan ini ke piring, lalu nikmatilah kebaikan protein berkualitas tinggi tanpa perlu memakan telur yang bagi sebagian orang terasa amis.

4.Meningkatkan Omega 3 Dalam Darah

Asam lemak omega-3 sangat penting bagi tubuh dan otak, dan biji chia adalah sumber ALA, asam lemak omega-3 yang sangat baik.

Namun, ALA perlu diubah menjadi bentuk aktif, seperti EPA, sebelum tubuh dapat menggunakannya.

Studi dalam PubMed menunjukkan bahwa biji chia dapat meningkatkan kadar ALA dalam darah hingga 138% dan EPA hingga 39%.

5.Kaya Mangan

Selain banyak nutrisi lainnya, chia seed juga kaya akan mangan. Mangan ini bisa membantu dalam pengobatan radang sendi, diabetes, dan epilepsi. Mangan juga memiliki sifat antioksidan yang sangat baik dan dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta mempercepat penyembuhan luka.

Bagi yang tidak menyukai sayuran bisa makan chia seed

6.Membantu memenuhi asupan serat

Satu ons (28 gram) biji chia menyediakan 11 gram serat, yang merupakan 29-44% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI) untuk pria dan wanita.

Kemampuan menyerap airnya yang luar biasa, membuat biji chia dapat meningkatkan volume makanan di saluran pencernaan.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan rasa kenyang dan penurunan asupan makanan.

Terlebih lagi, biji chia sangat tinggi serat tidak larut, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko: Diabetes, peningkatan massa tinja,berkurangnya sembelit.

7.Memperbaiki Kualitas Tidur

Ada dua hormon yang penting untuk tidur, yaitu serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini diproduksi oleh triptofan, asam amino dalam tubuh. Chia seed tinggi akan triptofan yang tentunya dapat membantu tidur dan relaksasi dengan lebih baik. Menurut sebuah penelitian di Amerika, triptofan juga digunakan untuk mengobati banyak gangguan tidur.

Secara keseluruhan Chia seed banyak manfaatnya,sehingga sering digunakan juga untuk diet. Yuk mulai mengkonsumsi superfood ini,tapi ingat ya,jangan berlebihan,supaya tidak ada efek sampingnya 🤗.

Komentar

  1. Awalnya bingung banget karena Chia seed mulai tren dan aku gak familiar banget.
    Ternyata manfaatnya luar biasa, apalagi yang sedang jalani diet sehat ya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Insyaallah saya akan berkunjung balik. Silahkan berkomentar dengan sopan, dan berbagi tips untuk sesama pembaca.