Tips Rumah Tangga Awet Rajeg Sampai Maut Memisahkan

 23/11/2022-18.54

Enam tahun pernikahan sudah kami jalani,alhamdulillah banyak up and down, kalau menurut pop sugar pernikahan aku di sebut SUGAR klik deh cari tahu ulang pernikahanmu sebutannya apa. Wah kalau dari namaku pernikahannya lagi sweet2nya ya,iya juga sih mulai paham karakter masing-masing nih,tapi tetap sih ada berantem2 kecilnya  yang bikin makin seru nih rumah tangga kita.

Di ke enam tahun pernikahan kami,sudah mulai saling nih,sesejali masih emosi satu sama lain,wajar apalagi kalau lagi pada lelah,jadi kalau lagi emosi better kita tahan emosi dengan diam,saat sudah tidak lelah baru deh ngobrol dan bercanda lagi. Kalo aku sama paksu salah satu bikin kita tetap awet rajeg sampe sekarang,banyak bercanda dan berusaha untuk saling membantu satu sama lain,SAWI gitu juga ga?

Aku mau share beberapa tips supaya pernikahan kita tetap Awet Rajeg sampai maut memisahkan.

Gaya hidup sehat harmoniskan keluarga

1. Biasakan Gaya Hidup Sehat

Susah-susah gampang nih ya,karena kadang yang satunya semangat hidup sehat yang satunya gak. Tapi sebenernya supaya bisa saling ingetin gaya hidup sehat,salah satunya harus praktekin dulu nih,kalau sudah berhasil pasti yang lainnya mengikuti.

Kalau sudah punya anak sebaiknya kedua orangtua kompak melakukan gaya hidup sehat agar anak mengikuti,ini idealnya ya. 

Tapi kalau misalnya belum ideal mulai dari diri kita sendiri ya SAWI,nanti kalau sudah ada hasilnya badan kuta lebih sehat,baru mulai ajak bareng suami buat jogging atau melakukan olahraga bersama dan ubah makanan kita menjadi lebih sehat lagi.

Shalat berjamaah ritual baik untuk keluarga harmonis

2. Punya Ritual Khusus

Ritual disini bukan sekte,seperti yang belakangan ini sedang ramai ya. Tapi lebih kepada kebiasaan baik yang dilakukan bersama,seperti sholat berjamaah,atau sebelum tidur biasakan do'a bersama. Atau setelah shalat isya semua keluarga kumpul bersama di meja makan untuk menceritakan keseharian anggota keluarga saat beraktivitas.

Peluk pasangan dan ucapkan 3 magic words (Tolong,Terimakasih,Maaf)

3. Tunjukkan perasaan dan beri penghargaan pada  pasangan

Terkadang karena sudah lama menikah,maka kita suka lupa untuk memuji atau sekadar berterimakasih dengan pasangan. Mengucap kata I Love You juga suka malu,padahal,hal kecil semacam ini yang busa menambah erat pasangan suami istri dalam rumah tangga. 

Coba deh SAWI sering 2 bilang I Love You,dan gunakan 3 magic words seperti Terimakasih,Maaf,dan Tolong ke pasangan,pasti nanti pasangan akan melakukan hal yang sama. Oh iya biasakan memeluk pasangan minimal sekali dalam sehari selama 21 detik.

Minta maaf duluan bukan berarti kalah

4. Turunkan Ego dan Ambil Inisiatif untuk meminta Maaf

Wah,awal-awal pernikahan praktekin minta maaf duluan tuh syulit banget. Apalagi kalau yang melakukan kesalahan pasangan kita. Tapi percayalah,setelah tiga tahun menikah,walaupun suamiku yang bersalah,aku merendah dengan mengucapkan maaf terlebih dahulu kepadanya. 

Percaya gak? Besoknya dia juga minta maaf sama aku. Gondok banget sih ya,tapi ini strategi rumah tangga awet rajeg sampai maut memisahkan.

Berkomunikasi,bercerita aktivitas sehari2,enaknya sambil makan atau saat mau tidur.

5. Berkomunikasi Seperti Teman Baik

Doktrin bahwa laki-laki adalah imam dari wanitanya suka disalah artikan. Bukan berarti laki2 kemudian harus menjadi diktator dalam keluarga,tapi tetap lah berbicara dengan pasangan seakan-akan kita sedang bicara dengan teman baik atau sahabat. Terbukalah,jangan menutup-nutupi.

Bicarakan permasalahan keluarga dengan baik. Kalau tidak tercapai kata sepakat, jangan dipaksakan kasih waktu pasangan untuk berpikir terlebih dahulu. Kalau sudah reda bisa bicarakan atau komunikasikan kembali permasalahan.

Kalau gak ada kata sepakat juga, terakhir nih, doa sama allah soal semua uneg-uneg dan keinginan kita soal pasangan.

Intinya kalau yang satu sedang marah yang lainnya stop gak usah bicara,juka bicara juga maka yang ada perang dunia. 

Aku juga masih belajar nih untuk menjadi keluarga yang harmonis,sakinah,mawaddah wa rahmah. SAWI ada tips lain kah supaya rumah tangga awet rajeg sampai maut memisahkan,boleh di share ya🤗.


Komentar

  1. Wah keren mau minta maaf meski suami yg salah hihi, kalo tips tambahan dari aki, jangan pernah sebutkan kekurangan suami yg udah kita tabu sejak awal pas emosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah,bener juga tuh ya,tapi kalo lagi emosi suka khilaf ,hehe

      Hapus
  2. Selamat yaa udah memasuki tahun keenam, tahun tahap pertama lolos dalam ujian rumah tangga. Kalau nanti sudah sampai tahun ke sepuluh, insyaallah makin mesra lengket kaya perangko hehe. Memang pentingnya komunikasi dan saling memaafkan jadi gak bakal jadi neraka di rumah. Alhamdulillah aku dan suami sudah 18 tahun berjalan, semoga sakinah mawaddah wa rohmah selamanya untuk kami dan kamu ya

    BalasHapus
  3. Tips yang bermanfaat ini buat daku yang bisa dipraktikkan ketika punya pasangan halal besok hehe.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah yah klo bs saling memahami antara suami istri. Klo aku boleh saran sih, ya ga sll istri yg hrs minta maaf, liat tipe suaminya dulu wkwkwk. Tp intinya emang hrs meredam ego. Ego ini sih biang keladinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahay,iya juga sih ya,tapi biasanya kalau aku dah minta maaf duluan abis iru gak lama dia juga minta maaf kak,hehe. Bener nih ego emang biangkerok,haha.

      Hapus
  5. Tips2nya bener banget nih memang y pernikahan kalau mau awet harus saling mengalah satu sama lainnya supaya pernikahan gak berantem terus...banyakin minta maaf

    BalasHapus
  6. Wuow tipsnya kece badai. Aku sempet serem baca judul tulisannya. Moga samara selamanya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serem kenapa teh? Hehe. Amiin ya robbal'alamiin,makasih ya teh yayu

      Hapus
  7. Pernah denger sebuah ungkapan klo komunikasi dan saling percaya menjadi sebuah krusial dlm keharmonisan rumah tangga.
    Mempersatukan dua pribadi yg berbeda itu sebabnya harus saling mengerti, poin yg disampaikan di artikel ini juga sangat bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget ini. Terimakasih kak,selalu terus melakukan yang terbaik untuk komunikasi terbaik dengan suami.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Insyaallah saya akan berkunjung balik. Silahkan berkomentar dengan sopan, dan berbagi tips untuk sesama pembaca.