Banyak Cara Untuk Tabung Pahala

 21/11/2022- 06.20

Irfan Hakim dan Felix Siauw

Assalammualaikum, selamat pagi pembaca setia Wijayastuti.com, bismillahirrahmanirrahiim per hari ini, setiap hari Senin aku akan posting 1 artikel baik itu blog experience atau apa yang mengganggu pikiranku, atau review film, atau posting blog terkait dengan klien. Bismillah ya, bisa yuk bisa konsisten seminggu posting blog 1x minimal. Semoga teman-teman yang belum konsisten posting Blog setiap Minggu 1 post, juga bisa ya.

Pagi ini, sambil menunggu suamiku berwudhu dan shalat sunah qobliyah Subuh suamiku, aku scroll instagram, eh, ada anaknya Irfan Hakim, masyaallah tabarakallah udah gadis aja, bentar lagi mantu deh artis ini, terus karena penasaran, aku buka akun youtube mengetik nama Irfan Hakim, diarahkan lah aku ke Channel Youtubenya De Hakim, seperti biasa, aku scrolll postingan youtube Irfan Hakim yang ada di channelnya, sampailah di video ke-21, karena hari ini tanggal 21, gini cara aku menghilangkan kegalauan, hehe.

Sampailah pada Video Irfan Hakim dan Felix Siauw. Masyaallah Felix Siauw ini adalah seorang mualaf yang benar-benar mendalami agama islam, lebih dari orang islam itu sendiri, gak pernah bosan mendengar penjelasan beliau, karena bisa diterima logika dan selalu dikaitkan dengan ilmu pengetahuan. Felix Siauw menurutku bisa menggabungkan antara ayat-ayat suci Al-Qur'an dengan logika dan ilmu pengetahuan yang ada dalam pelajaran atau di  pelajari di sekolah-sekolah.

Awal pembicaraan  dalam video Youtube Irfan Hakim membahas soal penyakit Ain, saat Irfan Hakim ditanya oleh Felix Siauw soal hewan mana yang dia sukai. Irfan menolak menjawab pertanyaan Felix Siauw dengan mengatakan bahwa dia menyukai semua binatang yang dipelihara. Pernah suatu hari saat di wawancara dia mengatakan salah satu hewan yang dia sukai, gak lama kemudian hewan tersebut mati dan akhirnya Irfan Hakim kembali bersedih dengan menguburkan hewan peliharaannya. Menyentil soal hewan kurban pun menurut Irfan Hakim, sebaiknya membeli hewan kurbannya langsung, agar kita bisa lebih menghargai hewan. " Cobai deh, rasanya beda dengan hanya transfer" bgitu kata Irfan. Tapi kembali ke sahabat Wijayastuti ya, apakah lebih memilih transfer atau menyaksikan saat penyembelihan hewan qurban.

Menurut Ustadz Felix Siauw juga, ada kisah saat Rasulullah s.a.w sedang berkhutbah di mimbar. Para sahabat mendengar ada tangisan, ternyata itu adalah tangisan pohon kurma yang sudah mati, dia merasa bersedih tidak dapat berdzikir lagi, maka dikuburkanlah tanaman itu dekat raudah. Wah, ternyata nih kita harus baik kepada makhluk hidup terutama makhluk berperut, binatang, tanaman, arena mereka juga berdzikir kepada Allah SWT, dan mendo'akan kita.

Ada satu quote yang bikin aku termenung "Kematian seorang manusia tidak lebih berarti daripada matinya sebuah ekosistem, atau punahnya tanaman dan hewan dari muka bumi ini". Kok bisa? Karena tanpa alam, ekosistem, hewan-hewan yang ada, maka bumi akan rusak, manusia juga gak dapet asupan makanan kan, tapi tanpa adanya manusia, maka semesta akan baik-baik saja. Dulu sebelum ada Adam dan Hawa bumi baik-baik saja.

Tapi quote diatas bukan berarti saling bunuh membunuh manusia diperbolehkan ya, maksud dari quote ini adalah sebagai manusia kita harus menjaga kelestarian alam dan juga mengasihi hewan-hewan di sekitar kita, karena hewan juga makhluk Allah yang berperut, membutuhan makan, bisa jadi ladang pahala juga nih.

Sebenarnya untuk mendapatkan pahala itu mudah loh, bagaimana caranya :

Senyumlah, karena senyum adalah sedekah yang mendatangkan pahala

1. Senyum

Menjadi ramah ini ternyata memberikan pahala juga loh, tersenyum juga termasuk ke dalam sedekah. Sedekah termudah. Bagi sebagian orang memang agak sulit nih tersenyum, apalagi ke orang yang belum kenal. atau memang ada karakter orang yang males nih beramah tamah dengan orang lain yang sudah dikenal ataupun yang belum dikenal. Padahal ini cara dapet pahal termudah ya :).

Memberikan makan dan minum pada hewan liar atau apapun hewan yang berperut dan butuh makan, akan mendatangkan pahala.

2. Memberi Makan Pada Hewan-hewan Liar

Banyak kucing liar, anjing liar di beberapa lingkungan perumahan atau dalam perjalanan kita menuju kantor. Sisihkan sedikit rejeki kita untuk memberi makanan pada hewan-hewan yang kita temui di lingkungan perumahan kita atau perjalanan menuju kantor. Insyaallah ini termasuk sedekah yang memberikan nilai pahala. Karena setiap makhluk hidup yang memiliki perut ini bisa menjadi ladang pahala buat kita kasih makanan. Ada sebuah kisah soal Abu Hurairah yang terkenal dengan bapak Kucing, bapaknya para kucing. Setiap hari beliau selalu memberi makan pada kucing yang dia temui selama dalam perjalanannya. Pada saat meninggal dunia, kucing-kucing yang diberi makan olehnya mengikuti jenazahnya sampai ke makam, masyaallah tabarakallah. 

Tapi ingat, kasih makan kucingnya, jangan semau kamu ya, kasih makan kucing dibangku rumah orang dan lain-lain, pernah kejadian waktu itu deket rumah kontrakanku ada cowok yang suka kasih makan kucing di komplekku, tapi kasih makannya tuh di taruh di kursi yang ada di halaman milik warga, jadi waktu itu beberapa tetanggaku ada yang rumahnya gak ada halaman, ini meresahkan ya, karena kucingnya menyangka kalau yang punya rumah yang kasih makan, padahal gak semua orang legowo ya rumahnya dimasukin sama kucing, eh jadi curcol ini. Intinya bersedekah dengan memberi makanan pada kucing baik, tapi perhatikan caranya ya, kalau merugikan orang lain itu bahaya. Bukannya nambah pahala malah minus deh pahalanya, hehe.

Menanam satu pohon, kebaikannya untuk seluruh makhluk hidup

3. Menanam Pohon

Wah, aku juga selama ini suka menananm pohon dan baru tahu, kalau ternyata ini juga merupakan sedekah. Bahkan ada turunan arti dalam bahasa arab kalau sedekah itu adalah menanam pohon. Kenapa hayo, sampai segitu pentingnya menanam pohon dimassukkan ke dalam sedekah? Ternyata, pohon itu punya cara komunikassi yang luar biasa. Kebermanfaatn pada manusia dan hewan juga luar biasa. Waktu kamu di sekolah belajar kan, kalau tanaman itu adalah produsen makanan terbesar di dunia, bayangin kalo gak ada tanaman di muka bumi ini. Hewan ternak makan apa? terus kalau gak ada tanaman, hewan ternak mati karena tidak ada tanaman, manusia makan apa? 

Segitu pentingnya tanaman, dan sebsar itu pahalanya menanam pohon. Irfan Hakim punya aviary atau kandang burung. Dia berusaha membuat Aviarynya sesuai dengan lingkungan asli dari burung-burung yang dipeliharanya, dengan menananm pohon. Awalnya tidak sadar nih Irfan Hakim dan tim, saat selesai menanam pohon, hujan, lama kelamaan mereka menyadari bahwa setiap selesai menanam pohon pasti hujan. Ternyata ada ilmu sainsnya menurut Felix Siauw, pohon membantu proses terjadinya hujan. Ada kisah soal seorang lelaki yang rajin menanam pohon di gurun pasir. Sehari satu pohon, sampai akhirnya banyak dan turun hujan di gurun pasir.

Tanamlah satu pohon, maka manfaatnya akan di rasakan oleh kita dan orang lain setelah kita meninggal pun, jika pohon tersebut masih ada dan bermanfaat, maka pahalanya akan terus mengalir pada kita yuk jaga lingkungan sekitar kamu ya.

Yuk baca Qur'an minimal satu halaman satu hari ya

4. Membaca Qur'an, Mengamalkan dan Menyampaikan walaupun satu ayat

Bagi Muslim, membaca Al-Qur'an satu ayatnya saja sudah mendapat pahala, bagaimana jika membaca satu halaman atau surat. Yang lebih hebat lagi adalah dengan mengamalkan apa yang ada dalam Al-qur'an di kehidupan kita sehari-hari. Lebih banyak pahalanya lagi jika kita mengingatkan orang di sekitar kita dengan menyampaikan satu ayat.

Bagi yang non muslim, bisa mengikuti kitab sucinya masing-masing  ya.

Jangan Pernah bosan berbuat baik

5. Berbuat Baiklah, Jangan Pernah Bosan

Lelah yah, sudah berbuat baik tapi diterimanya salah, atau gak dapet balasan dari orang atau gak dapet ucapan terimakasih atau air susu di balas dengan air tuba? Santai ya, semua perbuatan kita sudah di nilai pahala sama Allah, jadi teruslah berbuat baik, bagaimanapun orang lain menganggapnya, mungkin itu adalah ujian dari Allah. Apapun ujiannya dari Allah adalah bagaimana kita meresponnya, apakah marah, jadi gak mau berbuat baik, atau responnya terus berbuat baik apapun yan g terjadi pada kita, kembali ke sahabat Wijayastuti ya.


Yuk, nabung pahala sebanyak-banyaknya. Ini hanya segelintir ya sahabat, shalat berjama'ah juga merupakan cara untuk menabung pahala. Perbanyak pahala supaya bisa jadi tiket masuk kita ke surga kelak, jangan bosan berbuat baik, teruslah mematuhi aturan Nya.


Komentar