10 Reaksi Berbeda Ketika Menerima Pujian

 22/11/2022- 10.12

Selamat Pagi SAWI (Shabat Wijayastuti), semoga pagi harinya berjalan lancar ya, Kalau aku hari ini alhamdulillah bisa masakin paksu, sebenernya ngangetin kwetiau yang semalem dibeli nih, terus udah sempet upload Podcast, temanya "seru-seruan sama keluarga", sudah berkabar dengan sesepuh komplek, ngobrol sama Bapak yang baru pulang jalan pagi dan mengurus tanaman kesayangan aku adenium. Senang sekali kalo biji-bijinya sudah berubah menjadi baby adenium, kalau ada yang mau adopsi mampir ke sini ya @wijayastutiplant murah-murah dan banyak jenis tanaman yang aku jual juga, hehe, promosi tipis-tipis nih, soalnya lagi mau beli rak buat tanaman, supaya terlihat lebih rapih.

Setelah selesai, nyantai bentar di sofa dan..... yes, scrol akun instagram, aku llihat akun instagram @imelpc yang sedang berpose OOTDnya tanpa caption, aku scroll komen-komennya rerata muji si selebgram ini. Hmmm, sebenernya aku suka gagal paham deh, kalau ada yang posting OOTD tanpa caption, terus kita yang lihat postingan dia dapet insight apa ya? Minimal ada caption harga baju atau lokasinya dimana pas foto kan kita jadi nambah ilmu pengetahuan ya gak ya? Aku sih termassuk tim caption panjang kalo posting. Kalau gak ada informasi atau ngetag akun klien mah buat apa gitu posting kalau aku ya, ada yang samaan gak? Apakah mau dipuji dibilang cantik gitu kali ya? Astaghfirullah jadi kaya lambe turah aja nih aku.

Tapi ya, ternyata oh ternyata Reaksi orang saat di puji tuh beda-beda loh, coba cek deh, kamu yang mana?

senyum lebar kalo abis di puji

1. Senang Pake Banget Saat di puji Orang Lain

Beberapa orang ada yang senang sekali dipuji, bahkan merasa lebih percaya diri dengan pujian orang lain terhadap dirinya. Asal jangan jadi arogan ya setelah dipuji. Iya juga sih, terkadang kita merasa insecure saat ingin melakukan sesuatu, tapi kalau ada yang bilang " kamu cantik deh pake baju ini", wah auto langsung semangat dan gak insecure lagi nih.

Dipuji malah marah-marah

2. Sensitif dan Marah Saat di Puji Orang Lain

Manusia itu memang unik dengan segala watak yang dimiliki, ada yang selalu berprasangka baik, ada juga yang selalu berprasangka buruk. Kebalikan dengan poin nomer satu, di poin nomer dua ini sifat orang tersebut saat di puji malah marah dan gak terima, karena dianggap orang yang memujinya sebenarnya sedang merendahkan dia atau menyindir dia, ada-ada saja ya. Kalau sudah terbiasa berprasangka buruk dipuji juga jadinya salah dimata orang tersebut, ckckck.

Serius?

3. Gak Percaya dengan Pujian Orang Lain

Saat ada orang yang tidak percaya diri, justru ada orang yang sangat percaya diri dan tahu siapa dirinya, sehingga dia tidak percaya dengan pujian orang lain, karena merasa lebih tahu siapa dirinya di bandingkan orang lain.Wah, keren juga sih orang yang seperti ini, tapi kalau kamu termasuk yang seperti ini, jangan lupa untuk tetap menghargai orang yang memuji kamu ya dengan berikan senyum manis atau ucapkan terimakasih. Biasanya orang yang gak percaya ini saaat dipuji akan mengatakan  "Masa sih aku cantik?". " Masa Sih Aku pinter" kalau sekarang bisa balik dibercandain dengan kata "Kamu nanya? Kamu bertanya-tanya?" hehe.

datar banget kan ekspresinya

4. Datar Saja Saat Di Puji Orang Lain

Kamu pernah gak punya temen yang tanpa ekspresi ? Sedih, bahagia,marah semua ekspresinya sama, hehe. Nah begitu pula saat dipuji nih, ada orang yang datar-datar aja saat dipuji orang lain.  Positif thinking nya, dia gak tahu harus bagaimana menanggapi pujian orang lain atau dia menganggap pujian hanya angin lalu, karena menurut orang seperti ini, yang penting hasilnya, gak perduli dengan prosesnya.

ramah sekali nih

5. Lebih suka Memuji daripada Dipuji

Ada juga yang paling gak suka dipuji, jadi sebelum orang lain memuji dia lebih dulu memuji, atau biasanya orang seperti ini akan bilang " Ah kamu bisa aja, kamu yang terlihat lebih langsing loh, pakai suplemen apa?" Orang seperti ini akan lebih suka mendominasi percakapan, jadi terima saja pujiannya ya :).

Gak suka di puji

6. Menolak di Puji Orang Lain

Ada juga yang tidak suka di puji karena takut jadi tinggi hati dan mengucapkan bahwa ada yang lebih hebat atau pintar dari dirinya. Kalau bertemu dengan orang seperti ini, dan kamu termasuk orang yang senang memuji simpan saja pujianmu atau jika tetap ingin memuji terima sikap penolakannya ya.

Orang yang gak mau dipuji ini menganut paham, bahwa dia takut akan menjadi tinggi hati, maka dari itu dia akan lebih dulu mewanti-wanti orang di sekitarnya untuk tidak memuji dirinya. Dia akan langsung mencegah orang lain untuk memuji dirinya. Ya, orang seperti ini biasanya saklek sama ilmu agama yang menjelaskan bahwa pujian bisa membuat arogan dan tinggi hati. 

Terharu saat di puji

7. Terharu dengan Pujian Orang lain

Bagi beberapa orang yang suka Overthinking, pujian akan membantu mereka untuk menghilangkan kekhawatiran mereka terhadap hal-hal yang telah mereka lakukan. Bagi mereka apapun yang dilakukan selalu salah, sehingga saat mendapat pujian, seperti mendapatkan angin segar dan merasa kalau pekerjaannya ada yang benar.

Senyum Irit

8. Membalas Pujian Dengan Senyuman

Ada juga yang membalas pujian orang lain dengan senyumannya yang irit. Balas memuji pun tidak. Oh iya aku pernah membaca buku psikologi nih, terkadang saat orang lain memuji kita, orang tersebut ingin mendapatkan pujian balik, gak semua sih, tapi sebagian besar orang seperti itu, kalau ternyata cuma di senyumin aja jadinya keki ya gak SAWI?

Reaksi berlebihan saat dipuji

9.Berlebihan Dalam Membalas Pujian

Ada yang membalas pujian dengan senyuman iritnya, ada juga yang berlebihan dengan langsung memeluk dan mencium orang yang memujinya. Inget nih, gak semua orang suka dipeluk atau di cium di muka umum ya. kalau kamu termassuk yang berlebihan seperti ini,dikontrol ya, jangan jadi berantem cuma gegara pujian dan reaksi yang ditimbulkan ya.

curigaan nih bawaannya

10. Curiga Dalam Menerima Pujian

Orang ini biasanya langsung menganggap orang yang memuji dirinya pasti ada maunya, padahal gak semua orang bersikap seperti itu. Ada juga orang yang tulus dalam memuji karena memang sesuai dengan apa yang dilihat orang lain pada diri kita.


Ini kembali pada masing-masing orang ya, dalam menghadapi pujian, ada orang yang menganggap pujian sebagai motivasi ada juga yang sangat menjaga agar tidak menimbulkan sombong alias tinggi hati. Kalau aku termasuk yang mana ya? Kalau aku dipuji, senang sih, tapi termasuk yang suka mikir apa iya ya? Kayanya aku gak gitu deh, berarti aku termasuk nomer tiga ya, tapi aku suka tanpa sadar memuji orang lain kalau ketemuan seperti Nomer 5. Kalo SAWI gimana? Termasuk yang mana nih reaksinya saat dipuji?




Komentar