Makanan Yang Baik di Konsumsi Oleh Pria Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

 13 Juli 2022/14.21

Mulai bulan Juni 2022,bismillah keluarga wijayastuti mulai lagi nih untuk program hamil, setelah vakum 3 tahun yang lalu. Program hamil kami dimlai dari 1 tahun setelah Pernikahan, kemudian 3 tahun setelah pernikahan dan sekarang genap 6 tahun pernikahan kami. Do'akan bisa istiqomah sampai berhasil ya. amiin ya robbal'alamiin. Dua kali mencoba itu masih dengan cara kehamilan alami, belum melangkah ke arah inseminasi atau bayi tabung. 

Perjalanan di tahun pertama dan ke tiga itu tidak murah,sudah lebih dari 10 juta hingga sampai dikeputusan kita mulai lagi konsultasi sampai ke program inseminasi atau bayi tabung,semua proses pemeriksaan dimulai dari awal lagi.  Kami berharap kehamilan terjadi secara alami, atau kalapun sulit minimal inseminasi, karena kalau sampai bayi tabung belum tentu kita mampu.

Tahun pertama sampai dengan tahun ketiga hasil untuk sperma suamiku sama Asthenozoospermia, Asthenozoospermia merupakan satu kondisi dimana sebagaian besar atau seluruh sel sperma tidak memiliki motilitas yang baik. Karena gangguan motilitas ini, sel sperma akan sulit mencapai sel telur dan kehamilan jadi sulit terjadi, yang bisa diusahakan adalah inseminasi atau bayi tabung.

Ada berbagai macam penyebab Asthenozoosperma, diantaranya yakni :

  • Kelainan hormon (ketidakseimbangan hormon testosteron)
  • Kelainan metabolik, misalnya kegemukan
  • Infeksi pada organ reproduksi pria (misalnya di epididimis, vas deferens, prostat)
  • Penyakit autoimun yang menyerang sel sperma
  • Varikokel (pembengkakan vena skrotum)
  • Kebiasaan merokok, minum alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Paparan radiasi, misalnya aktifitas pekerjaan
  • Paparan panas berlebih di sekitar testis, misalnya karena kebiasan mengggunakan pakaian ketat, terlalu lama duduk, atau bekerja di lingkungan panas
  • Idiopatik (tidak diketahui penyebabnya)
Setelah mengetahui hal ini, aku pikir apakah ada hubungan dengan konsumsi makanan, pekerjaannya dan kurang olahraganya? bisa jadi semuanya, karena kita belum ketemu lagi sama dokter andrologi di tempat program hamil kita di klinik Ovarya Klinik.

Bagi pasangan yang subur kehamilan bisa terjadi 6 bulan sampai 1 tahun setelah pernikahan. Di atas 1 tahun belum ada tanda-tanda kehamilan maka sebaiknya di cek ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk melakukan program hamil. Sebaiknya lakukan pengecekan pada pria, karena pemeriiksaannya tidak seribet wanita. Pantangannya hanya jangan berhubungan seks 1- 5 hari jelang cek sperma. Sedangkan wanita harus menunggu waktu-waktu tertentu untuk dilakukan pemeriksaan.

Rencananya kalau aku menstruasi bulan ini, di hari keduanya baru akan di cek HSG dan hormon dalam tubuhku, sekalian mau konsultasi soal kualitas sperma suami biar sekalian. Sementara itu dokter menyarankan untuk menurunkan berat badan dengan olahraga berjalan kaki setiap hari selama 30 menit dan makan-makanan yang sehat serta hindari makanan olahan dan kemasan.

Kita belajar bareng-bareng yuk, ini aku ambil dari beberapa artikel, makanan yang bagus untuk memperbaiki kuantitas sperma dan pantanggan makanan yang bisa memperburuk kualitas sperma, semoga bermanfaat untuk yang membaca dan khususnya buat aku nih.

Makanan Yang Bagus Untuk Memperbaiki Kualitas Sperma :
Dark Chocolate

1. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan kesehatan untuk memperbaiki kulaitas sperma. Flavanol dalam dark chocolate dapat menurunkan kolesterol jahat , meningkatkan sirkulasi darah, hingga menjaga tekanan darah.

Makanan yang Mengandung vitamin B 12

2. Makanan Yang Mengandung Vitamin B12

Beberapa studi menyatakan bahwa asupan B12 yang cukup pada pria dapat membantu menningkatkan jumlah sperma, mengurangi resiko DNA sperma rusak, serta membantu meningkatkan motiliitas sperma. Motilitas sperma adalah kemampuan sperma untuk bergerak atau berenang. 

Makanan yang mmengandung viitamin B12 yaitu :
  • Makanan Laut  : Kerang, Ikan tuna, Salmon, Ikan Forel dan Ikan Sarden.
  • Daging              : Sapi
  • Hati                   : Ayam, Sapi, Domba
  • Susu                  : Sapi Murni, Produk Olahan Susu 
  • Sereal                : Sereal dari Gandum Utuh    
  • Telur
  • Ragi              
3. Sayuran Hijau

Sayur2an Hijau.

Sayuran hijau mengandung asam folat dan vitamin B9. Pada pria kandungan tersebut dapat meregenerasi, serta meningkatkan kualitas sperma, sehingga dapat membuahi sel telur. Sayuran hijau yang di sarankan untuk di konsumsi adalah brokoli, asparagus bayam dan lobak hijau.

Buah-buahan


4. Buah-buahan 

Buah-buahan untuk memperbaiki kualitas sperma, adalah : Jeruk, Goji Berry, Tomat, Mangga, Alpukat,Pisang, Delima, Buah Berry.

Pantangan Makanan untuk memperbaiki Kualitas Sperma adalah :

lemak jahat

1. Makanan Yang Mengandung Gula dan Lemak Tinggi

Makanan yag mengandung gula dan lemak tinggi bisa meracuni sperma bakan merusaknya, hindari dan mulai denggan makanan yang rendah gula dan lemak. Daging olahan tidak baik di konsumsi.Selain itu hotdog, sosis, dendeng dan beacon juga tidak baik untuk kesehatan.

Makanan kaleng ,hindari.

2. Makanan Kalengan

Dalam makanan kaleng terdapat senyawa bisphenol yang menyebabkan berkurangnya jumlah sperma dan pergerakannya. Hindari makanan kaleng seperti sarden dan kornet. 

Minuman Beralkohol,No Way

3. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol ini jahat sekali moms, karena bisa mengurangi kualitas sperma, sekaligus kuantitas sperma. Juga menurunkan kadar hormon testosteron yang berfungsi dalam spermatogenesis atau pembentukan sperma.

kedelai seperti tahu dan tempe

4.Produk Kedelai Berlebih

Makan makanan yang berasal dari kedelai berlebihan seperti tahu, tempe dan susu kedelai berlebihan dapat menurunkan konsentrasi sperma. Karena makanan yang berasal dari kedelai ini mengandung fitoestrogen.

Wah, ternyata banyak yang dilanggar sama aku dan suamiku ya, perlu banyak perbaikan dalam penyajian  makanan untuk perbaikan kualitass sperma nih, semangat, yuk bisa yuk semoga bermanfaat ya untuk para pejuang garis dua mom and Dad.



Komentar