Dubai dan Susu Unta

 30 November 2021/ 11.17

Apa bayangan kamu soal Dubai? Negara yang mewah dan damai serta always happy , gak pernah sedih karena sudah macam di surga, apapun yang diinginkan ada. bahkan Dubai adalah kota pertama yang memiliki ATM emas. Ya, ATMnya bisa mengeluarkan uang logam saking kayanya.

Ada hal menarik yang aku soroti dari Dubai, keistimewaan unta untuk masyarakat di kota ini. Kalau di belahan Uni Emirat lainnya, Unta hanyalah binatang ternak yang dapat digunakan sebagai bahan makanan saat ada pesta , tapi untuk Dubai, Unta lebih dari sekedar binatang ternak yang kelak dijadikan sajian makanan pada saat-saat tertentu.

Sebelum membahas alasan istimewanya Unta di Dubai, Aku mau bahas kelebihan Dubai dibandingkan kota-kota lainnya di Uni emirat Arab. Dubai menurut Lonely Planet mendapatkan penghargaan Best Travel di tahun 2020.Tom Hall, Vice President, Experience, Lonely Planet, mengatakan Dubai terkenal karena keinginanya untuk memikat pengunjung, dari makanan yang luar biasa, pusat perbelanjaan dan kehidupan malamnya yang berkelas dunia. Selain itu Dubai menambah rekor dunianya seperti Kincir Raksasa Ain Dubai, Museum Al Shindagha dan Jameel Arts Centre.

Dubai menyediakan banyak hal yang dibutuhkan oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Di Dubai para wisatawan dapat merasakan liburan romantis,liburan keluarga, mempelajari budaya hingga mempelajari gastronomi(ilmu yang berhubungan dengan makanan). Banyak hal baru yang memukau akan bisa dilihat di Dubai. Berdasarkan pada sains dan memperkenalkan budaya serta pemandangan yang indah, adalah hal-hal yang membuat Dubai mendapatkan penghargaan Best Travel 2020. Perlu di masukkan bucket List nih kayaknya supaya bisa mampir kesana di tahun 2022, langsung deh pada cek dompet, cukup gak uangnya ya, dan pastikan kita sudah vaksin sehingga gak khawatir saat bepergian. 

Apa keistimewaan Unta ?

Unta adalah salah satu hewan yang terdapat dalam Ayat suci Al-Qur'an Al-Ghasiyah ayat 17-21. 

"Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana dia diciptakan? Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung, bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi, bagaimana ia dihamparkan? Maka berilah peringatan karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan."

Kenapa hanya unta yang disebut dalam Al-qur'an karena dulu saat penyebaran islam di jazuiah Arab, Unta menjadi alat transportasi bagi masyarakat Arab. Karena keistimewaaannya sebagai alat transportasi dan sumber makanan bagi masyarakat Arab.

Dubai menjadikan susu unta sebagai makanan wajib di kotanya. Karena susu unta memiliki gizi yang hampir sama dengan ASI. Konon Dubai akan mulai membentuk susu formula dari susu unta yang memiliki banyak nutrisi. Konon produksi susu unta formula ini sudah mencapai kalangan Eropa.

Di beberapa restoran di Dubai, hampir seluruh olahan makanannya menggunakan susu unta. BAhkan ada susu unta coklat yang dibuat untuk memuaskan penyuka coklat. Di Dubai susu unta dijual kemasan macam susu ultra di Indonesia, bahkan sekarang kalau kita cari di platform belanja ada yang menyediakan susu unta, dalam bentuk bubuk, menarik.

Ternyata susu unta juga bisa digunakan untuk beberapa bayi yang mengalami alergi pada susu sapi. Perusahaan UEA ( Uni Emirat Arab), perusahaan ini diberi nama Camelicious. Perusahaan ini mengeluarkan produk berupa susu unta formula untuk bayi Februari 2018

Dubai adalah kota gastronomi. Daging dan susunya diolah menjadi makanan kekinian seperti bburger dari daging onta, carpacio unta dan susu cokelat unta, bahkan sekarang perusahaan Camelicious mengeluarkan produk susu formula dari susu unta, luar biasa. Aku jadi pengen nyobain deh rasanya susu unta.

Kamu sudah pernah coba susu unta? sudah pernah jalan-jalan ke Dubai? Yah, kalau belum ada uang untuk jalan-jalan ke Dubai, mencoba susu unta sepertinya bisa menjadi salah satu alternatif ya.

Komentar