Review Film Iljimae

 8 Juni 2021 / 14.21

Ganteng kan pemerannya.

Sudah lewat dari 8 hari di bulan Juni, baru nih menulis lagi, hehe, sekarang lagi coba konsisten di instagram dulu nih guys. Alhamdulillah bisa update posting tiap hari. Next Month konsisten ngisi blognya ya, gegara mampir ke instagramnya Namira Monda, suer salut banget aku sama dia yang bisa taft menghadapi cobaan dalam treatment anaknya. Mampir deh ke blognya Namira Monda supaya kamu semangat memberikan yang terbaik untuk anakmu. Pengen sih ceritain tentang mamer, tapi beliaunya sudah gak mau nerusin pengobatan, jadi kita tulis hal lain aja yah di blog aku.

Intermezo dikit ya gus, sebelum kita bermelow-melow ria me-review film Iljimae ini. Kan udah pada tahu kan kalau aku tuh kalau nonton film, gak harus film yang baru muncul gitu, kalau film itu menarik hati aku, baru deh aku tonton. Awalnya agak males nih nonton Iljimae di Viu, soalnya filmya cuma setengah, suer deh, udah di paling full layarnya tetap aja setengah, tapi ternyata filmya menarik bikin aku melek bela-belain nonton sampe selesai di episode ke 20.

Ini film lama guys. Film ini diproduksi berdasarkan serial komik yang di publikasikan di serial telivisi tahun 1975-1977 oleh Ko-Woo Young.  Cerita ini berdasarkan cerita rakyat Tiongkok pada saat dinasti Ming yang mirip dengan Robin Hood pada era Joseon. Cek di sini lebih lengkapnya.

Aku emang suka banget sama film-film yang berhubungan dengan cerita kerajaan guys, karena aku gak mengalami kali ya, kan kita udah tinggal di jaman modern, selain itu suka senang banget lihat ornamen -ornamen istana dan baju yang mereka pakai sebagai pegawai kerajaan, seru aja lihatnya. Sama pengen tahu seperti apa sih kegiatan dalam istana, gitu aja sih, hehe, aku suka pengen tahu soalnya.

Genre film ini kalau menurutku romantis, sedih, dan kekuasaan, pengkhianatan dan persahabatan, juga karma. Banyak ya, oke aku mau bahas satu persatu ya guys. Sebelum aku review berdasarkan genrenya aku ceritakan dulu ya filmnya secara garis besar.

Iljimae ini adalah sebutan untuk Lee Ah Gyeom seorang anak bangsawan yang mengalami kejadian tragis, sehingga dia memutuskan untuk membalaskan dendam ayahnya dengan cara dia sendiri. Dia melihat ketidak adilan yang dilakukan oleh pemerintahan maka dia memutuskan untuk merampok para bangsawan yang namanya tertulis dalam kelompok Persaudaraan Langit.

Lee Ah Gyeom ini anak yang sangat baik hati, dia juga cerdas. Lee Ah Gyom menolong seorang anak bernama Ja Dol yang dituduh mencuri hiasan milik ayahnya oleh anak dari salah satu bangsawan Lee  Byun. Lee Won Hoo adalah sahabat terdekat Raja, semua bangsawan segan pada Lee won Hoo. Tapi yang namanya gila kekuasaan sahabat pun sampai anaknya rela dibunuh oleh sang Raja demi mempertahankan tahtanya, parah kan.

Suatu hari Raja mendapatkan laporan dari punggawanya bahwa akan ada dua matahari di dinasti Ming, dia menganggap kalau matahari itu adalah Lee Won Hoo, sehingga raja menganggap bahwa kekuasaannya akan diambil oleh sahabatnya, di utuslah Lee Byun untuk menaruh surat palsu yang berisi pemberontakan. Lee Byun meminta Seo Dol ayah angkat Ja Dol untuk menaruh kertas tersebut di bawah rumah Lee Won Hoo, tapi dia menolak sehingga di penjara dan akan di potong tangannya. Kejadian itu dilihat oleh Ja Dol, demi menolong ayahnya Ja Dol mengiyakan permintaan Lee Byun menaruh surat di bawah rumah Lee Won Hoo.

Kejadian demi kejadian tragis di mulai sejak surat itu di taruh di bawah rumah lee Won Hoo. Kehidupan Lee Ah Gyom berubah 100 persen, dia tidak lagi menjadi anak bangsawan, tapi menjadi rakyat jelata yang harus bertahan hidup karena nyawanya di pertaruhkan pihak kerajaan menganggap dia adalah saksi dari kematian ayahnya saat itu. 

Setelah kejadian ayahnya (Lee Won Hoo) dibunuh oleh Raja, Lee Ah Gyom di sembunyikan ayahnya di dalam lemari yang tengahnya bolong, sehingga dia bisa melihat dengan jelas apa yang terjadi di halaman rumahnya, hanya saja Lee Ah Gyom hanya melihat logo yang terdapat di pedang yang membunuh ayahnya. Hampir ketahuan tapi ada satu punggawa yang menolong Lee Ah Gyom dengan mengatakan tidak ada seorang pun di dalam lemari.

Setelah Seo Dol dibebaskan dari penjara karena Ja Dol sudah menaruh kertas di bawah rumah tersebut, Seo Dol segera kembali ke rumah yang akan di taruh kertas tapi dia menolak, disana Lee WonHo sudah tergelatak meninggal dengan sayatan pedang, dan tidak lama datang pegawai kerajaan memeriksa. Seo Dol mencuri lemari itu dan mengangkat Lee Ah Gyom menjadi anaknya. 

Keesokan paginya Lee Ah Gyom kabur berusaha mencari ayahnya, dan sangat memilukan sekali hari itu ayahnya di bagi empat menggunakan kuda yang saling ditarik ke empat penjuru yang berbeda, jahat banget kan ya. Selain itu karena dianggap pemberontak, Ibu Lee Ah Gyom dan kakaknya dijadikan pelayan di istana. Hampir saja ketahuan kalau itu ibu Lee Ah GYom dan Lee Ah Gyom akan dibunuh, tapi mereka bersandiwara , Lee Ah Gyeom melemparkan batu ke kepala ibunya. 

Sejak itu Lee Ah Gyom tinggal bersama Seo Dol dan karena shock yang berat dia jadi lupa ingatan. Ibu Bapaknya ya Seo Dol dan Dan EE. Padahal sebenarnya bukan. Oh iya Dan EE ini adalah wanita simpanan yang mengandung anaknya Lee Won Hoo, Jadol dan Lee Ah Gyom sebenarnya bersaudara 1 bapak, tapi Dan EE merahasiakan itu karena dia kesal dengan Lee Won Hoo yang membuang dan ingin membunuhnya, tapi diselamatkan oleh Seo Dol.

Mungkin kejadian tragis yang dialami oleh keluarga Lee Won Hoo adalah pengabulan doa dari Dan EE. Pada saat Dan EE mengandung Jadol, dia memberikan dirinya pada Lee Byun. Atas dasar apanya kurang jelas nih.Kalau yang aku tangkep karena Lee Byun menginginkan Dan EE akhirnya Dan EE yang sedang mengandung Ja Dol anak Lee Won Hoo melakukan hubungan intim dengan Lee Byun.

Berdasarkan alasan itu, Dan EE mengatakan bahwa Ja Dol adalah anak Lee Byun. Sehingga Ja Dol diangkat oleh Lee byun menjadi anaknya dan diberi pendidikan layaknya para bangsawan pada umumnya. Tapi Ja Dol tidak merasa bahagia. Dia berusaha dipandang oleh ayahnya Lee Byun dengan belajar giat dan mendapatkan nilai terbaik saat lulus ujian, tapi itu sia-sia saja. Bahkan sampai Ja Dol membunuh kakak kandung Lee Ah Gyom.

Saat Lee Ah Gyom lupa ingatan Seo Dol memberi nama Yong yang artinya naga. Seo Dol ini adalah seorang pencuri kelas kakap yang tidak pernah gagal membobol rumah. Sekarang Seo Dol insaf dan menjadi tukang kunci, dia bekerja keras agar Yong bisa menikmati pendidikan seperti layaknya bangsawan, karena dia tahu benar siapa Yong.

Kasih sayang Seo Dol ke Ja dol dan Yong itu melebihi apapun dia rela jiwa dan raga untuk anak-anak angkatnya. Padahal Lee Ah Gyom selalu di bully oleh anak bangsawan sampai hampir mati. Anak Lee Byun pertama yang dulu menuduh Ja Dol sebagai pencuri tumbuh besar dengan suka meremehkan orang lain, bermain judi dan wanita. Sampai pada satu titik ulah dari anak pertama Lee Byun, yang menyebabkan Lee Ah Gyom dan Jadol berkelahi demi mempertahankan tangan ayah angkat mereka Seo Dol. Lee Ah Gyom kembali mengingat kejadian saat pembunuhan ayahnya dan meminta Seo Dol untuk mengajarinya menjadi pencuri kelas kakap. 

Disinilah Yong (nama yang diberikan oleh Seo Doll dan Dan EE untuk Lee Ah Gyom)  mulai dipanggil Iljimae. Karena sejak kecil dia menyukai bunga Iljimae yang selalu tumbuh di musim dingin. Lee Ah Gyom menyukai bunga ini karena warnanya yang indah dan memiliki filosofi tersendiri untuknya. Yong memulai aksi pencuriannya dengan memberikan tanda pada orang-orang yang akan di curinya dengan mengirimkan gambar bunga Iljimae sehingga dia dikenal dengan Iljimae. 

Yong mencuri di rumah para bangsawan yang tergabung dalam persaudaraaan langit.  Dia mengirimkan gambar Iljimae sebelum melakukan pencurian, tapi tetap saja para bangsawan itu kebobolan. Tujuan Iljimae mencuri adalah untuk mencari tahu siapakah pembunuh ayahnya. Setelah semua orang yang ada dalam daftar bangsawan persaudaraan langit dicuri dan di lihat pedangnya bukan pedang yang membunuh ayahnya, tibalah di nama terakhir, sang Raja. Ternyata benar rajalah yang membunuh ayahnya karena takut kekuasaannya akan di rebut oleh Lee Won Hoo.  Tapi Yong tidak membunuh sang Raja, dia membebaskan Raja dan berharap Raja akan sadar dan memberikan tahtanya pada orang yang membutuhkan. 

Empat tahun berlalu Raja masih berkuasa tapi mulai linglung, masyarakat menganggap Iljimae sebagai pahlawan mereka karena membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Iljimae terus menjadi Iljimae, sementara yang lainnya hidup berbahagia dengan pasangannya masing-masing.

Ada beberapa momen yang aku kelompokkan ke dalam : 

Saat Dan EE akan menikah dengan Seo Dol


1. Momen Romantis

Film Iljimae dari awal tuh menyajikan banyak keromantisan antara Lee Woon Ho salah satu anggota Persaudaraan langit dengan istri dan anak-anaknya juga simpanannya ibunya Jadol. Momen romantis ini tercipta, waktu Lee Ah Gyom menceritakan kisah Iljimae di atas phon Iljimae dengan putrinya Lee Byun yang cerdas dan baik hati. 

Selain itu ada momen romantis saat Seo Dol menyelamatkan Dan EE dari kematian dan menjaga Dan EE serta anak dalam kandungannya  Dan EE, sepenuh hati, begitupula menjaga Yong seperti layaknya anaknya sendiri. Seo Dol sampai rela tidak menyentuh Dan EE. Sayang dan cintanya Seo Dol begitu besar kepada Dan EE, Jadol dan anak Lee Won Hoo ( Yong) karena mencurahkan jiwa dan raganya untuk mereka. Sampai akhirnya sebelum akhir hayatnya mereka sempat menikah dan Seo Dol bisa menyentuh Dan EE dan di akhir cerita Dan EE memiliki seorang anak dari Seo Dol. Sebenarnya Dan EE juga menunggu waktu-waktu disahkannya pernikahan mereka, sampai-sampai Dan EE sudah mengumpulkan uang untuk perayaan pernikahannya. Saling cinta tapi malu-malu ya. Cinta dalam diam.

Saat bertemu kembali di pohon Iljimae setelah remaja


2. Momen Sedih

Saat Lee Ah Gyom melihat ayahnya dibunuh dan dibagi empat menggunakan kuda yang berlari ke empat arah berdeda. Saat Lee Ah Gyeom memukul kepala ibunya dengan batu agar tidak dikira Lee Ah Gyom. Saat Lee Ah Gyom remaja dan lebih dikenal dengan nama Yong satu penjara dengan kakak perempuannya tapi tidak menyadarinya, smpai akhirnya kakaknya di hukum gantung untuk memancing Lee Ah Gyom keluar dari persembunyiannya. Saat Ja Dol tahu kalau Seo Dol bukan orangtua kandungnya, dan saat dia tahu kalau ayah kandungnya ada Lee Won Hoo, dan keluarga Lee Won Hoo yang sudah menolongnya saat di pasar dari tuduhan mencuri menjadi terbunuh dan tercerai berai karena dia menaruh kertas yang berusi tuduhan pemberontakan di bawah rumah Lee Won Hoo.

Raja yang haus kekuasaan


3.Momen Kekuasaan

Demi menjaga tahtanya Raja rela membunuh anaknya sendiri dan membunuh sahabatnya. Pejabat tinggi memandang masalah rakyatnya sebelah mata. Saat rakyat berdemo meminta keadilan para pejabat main bola bersama Raja. Raja tidak diberi tahu bahwa rakyat mengalami kesulitan. Raja memang tidak berniat membuat rakyatnya bahagia, hanya karena akan diajak perang oleh dinasti lain, maka beliau mencoba berbaik hati kepada masyarakatnya untuk mendapatkan dukungan. 

Mereka lah kunci dari pengkhianatan


4. Momen Pengkhianatan 

Saat Raja membunuh Lee Won Ho karena ramalan dari seorang ahli nujum yang buta. Pencopotan jabatan Lee Byun dan diiusir ke pulau Jeju, karena dianggap membahayakan tahta raja.

Saat sahabat Young akan dihukum mati


5. Momen Persahabatan

Saat Yong bersama teman-temannya bisa membobol istana. Kerjasama ketua Genk Ajik saat mencari kakak kandung Yong.

Anak yang diurus sejak lama setelah tahu ayahnya jahat ingin membalas dendam


6. Momen Karma.

Saat akhirnya Lee Won Hoo meninggal dibunuh oleh raja karena anaknya dari Dan EE wanita simpanannya menaruh tullisan tentang sebagai pemberontak di bawah rumah Lee Won Hoo. Selain itu Ja Dol juga membunuh kakak beda ibunya, karena ingin dianggap berjasa melaporkan orang yang sedang dicari oleh punggawa istana sehingga kakak Lee Ah Gyom di hukum gantung.

Nonton film ini tuh hatinya dibikin kaya roller coaster emosi dibuat naik turun, antara suka, sedih, kesel dan kok bisa gitu ya? Seru sih. Moral of The Storynya berbuat baiklah dalam hal apapun dalam keadaan apapun, karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, roda kehidupan selalu berputar. Jangan pernah sekalipun menyakiti hati orang lain, karena tanpa di sadari do'a mereka yang tersakiti bisa membuat kehidupan kita berputar 180 derajat.

Komentar