Pameran Virtual Kilau Digital Permata Flobamora

 19 juni 2021/ 22.27

Tas ini dibuat dengan kain khas Makassar


"Abi, kita belum pernah jalan -jalan ke NTT nih, nabung yuk supaya bisa main ke sana!"

"Emangnya ada apa disana?"

"Banyak Bi, ada Labuan Bajo, Pulau Alor, Folres, Sumba Timor,  kain khas NTTnya juga keren-keren loh, ayo dong ke sana, adik sama Ibu aku udah pernah loh."

"Oke nabung dulu kalo gitu ya."

" Gak usah Bi, mampir aja ke webnya, lagi ada pameran virtualnya nih, kita bisa belanja virtual dan lihat dstinasi wisata secara online." 

Obrolan suami istri yang rindu liburan tapi pandeminya masih ada. Biasanya kalau malam kita suka nonton TV bareng nih, pas lagi iseng klik klik Channel eh ada iklan soal Flobamora, langsung deh kita pantengin pagi-pagi nonton acara Kilau Digital Flobamora di TVRI pagi-pagi. Indonesia itu kaya dan indah banget. Aku pernah punya cita-cita untuk bisa keliling Indonesia dimulai dari kilometer 0 alias dari Sabang sampai Merauke, tapi masih loncat-loncat daerah yang ku kunjungi. Itupun bukan karena memang diniatin, tapi karena ada event dan diajak sama Ibuku. Sekarang udah keburu pandemi deh, jadi tambah dibatasin pergi ke beberapa daerah di Indonesia. 

Mengenal Flobamora ( Flores,Sumba, Timor dan Alor)

Setelah melihat tayangan Kilau Digital Flobamora keinginan traveling aku lumayan terobati nih, bisa belanja secara virtual juga di pameran virtual Kilau Digital Flobamora dari tanggal 9 Juni -9 Juli 2021. Happy banget kan. Keren banget nih program Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. 

Dalam acara Kilau Digital Flobamora ini ada beberapa program digital  yang baru saja di launching, seperti JP Hub, BumdesMart, Pi Kampung, dan GO NTT.  Membuka aplikasi online ini seperti wisata secara online ih. Sebelum aku ceritain program-program yang baru saja launching, aku ceritakan soalan Pameran Virtual Kilau Digital Flobamora dulu ya. Eh iya sampai kelupaan kasih tahu singkatan dari Flobamora ini adalah singkatan dari 4 pulau besar di NTT (Nusa Tenggara Timur) Flores , Sumba, Timor dan Alor

Pameran produk UMKM hasil dari kerajinan tangan, fashion dan makanan ciri khas dari Nusa Tenggara Timurnya secara virtual. PAmeran secara virtual ini dikarenakan pandemi yang masih melanda dan juga pengenalan masyarakat NTT tentang digitalisasi. Selain itu diharapkan pameran produk UMKM secara online ini dapat merangsang pembelian masayarakat Indonesia dan luar negri.

Pameran virtual Kilau Digital Permata Flobamora melibatkan kolaborasi kurator bersama Telkom, Bank Indonesia, BPOLDF, IDEA dan Market place ( PadiUMKM, Desa Liang Andara,Tokopedia, Buka Lapak,Blibi,dan Shopee). Proses  kurasi dimulai sejak tanggal 14 Maret 2021 melalui kegiatan FGD (Forum Grup Diskusi),Pelatihan dan Talkshow kerjasama Kementerian Kominfo, Bank Indonesia, Telkom, Kementerian Koperasi,serta PEMDA terkait di beberapa tempat. 

Dari 1000 UMKM di Flobamora setelah dikurasi menjadi 100 UMKM yang dapat bergabung dalam pameran virtual Kilau Digitassl Pemata Flobamora. Ada Fashion, Kraft,serta Food and Beverages. Pameran virtual ini berlangsung selama 1 bulan dari 9Juni- 9 Juli 2021. Selain pameran secara virtual juga ada webinar dan Help desk yang membantu UMKM dalam menjalankan pameran ini.

Untuk pembayaran produk yang dibeli dari pameran virtual Kilau Digital Permata Flobamora bekerjasama dengan Bank Indonesia menggunakan pembayaran QR, yang bekerjasama dengan Grab, Link Aja, Dana, Gopay, Ovo dan lain-lain. 

Pameran virtual ini menampilkan 1000 produk lokal pilihan dari 100 UMKM yang terpilih melalui kurator. Untuk melihat pameran secara virtual ini bisa menggunakan PC, Laptop atau Smart Phone. Cara mengikuti pameran virtual ini adalah dengan cara:

1. Masuk ke website kilaudigitalflobamora.id

2. Lakukan registrasi denganklik Pameran Virtual kemudian  masukkan nama, nomer ponsel dan email lalu klik daftar.

3.Ada dua program yang dapat dipilih di loby pameran virtual, bisa memilih exhibition untuk melihat pameran dan berbelanja, bisa memilih auditorium untuk mengikuti webinar atau live streaming. 

4. Untuk berkomunikasi dengan admin untuk mengetahui seputar pemeran di meja informasi, bisa melalui Live Chat atau melalui Email.

 5. Pada Exhibition Hall, pengunjung dapat memilih dari 4 kategori UMKM (Food 1, Food 2, Fashion and Craftt). 

6. Setelah memilih salah satu kategori pengunjung akan masuk ke dalam pameran. Dalam halaman ini kamu bisa memilih akun chat ntuk berkomunikasi dengan penjual atau langsung ke e-commerce untuk membeli. 

7. Kemudian pilih barangnya, isi alamat, metode pembayaran dan jenis pengiriman. 

8. Setelah memilih metode pembayaran pesanan akan masuk ke penjual, sehingga barang akan disiapkan oleh penjual dan dikirim.Yuk Belanja Produk Lokal untuk membantu UMKM Indonesia, 

Mudah kan berbelanja di pameran virtual ini. Bangga Buatan Indonesia. Tunjukkan kecintaanmu pada produk Indonesai dengan mengikuti pameran virtual Kilau Digital Permata Flobamora. Yuk, cintai dan kenali produk Indonesia nih jangan sampe kita lebih tahu budaya luar negeri daripada negeri kita sendiri nih.

Kilau Digital Flobamora ini adalah acara puncak yang menggabungkan beberapa pulau di Nusa Tenggara Timur seperti Flores, Sumba, Timor dan Alor. Acara ini menggabungkan banyak pihak pemerintah pusat dan lokal serta beberapa aplikasi online dan Bank Indonesia dalam melancarkan acara Kilau Digital Flobamora " Bangga Buatan Indonesia" 2021. Ada beberapa kementerian yang tergabung dalam projek ini. 

Acara dimulai dengan tarian penyambutan tamu  yang bernama Teba Meka tarian khas Manggarai Barat yang artinya tarian penyambutan tamu dengan tangan terbuka, tarian asli dari NTT.  Setelah tarian penyambutan tamu ini, menteri dan lembaga yang bekerjasama memberikan semangat dan dukungan dalam terciptanya ekonomi digital dan UMKM digital di Flobamora NTT.

Ada kurang lebih 6 kementerian yang bekerjasama dalam Pameran vitual Kilau Dihgital Flobamora. Dalam acar puncak yang diadakan tanggal 18 Juni 2021 di Puncak Caringin Labuan Bajo berjalan lancar dengan kurang lebuih 2000 orang yang mengikuti acra ini secara online. 

Beberapa kementerian yang bekerjasama dalam Pameran Virtual Kilau Digital Flobamora ini adalah :

1.  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman  dan Investasi Republik Indonesia Bapak Luhut Binsar Panjaitan.

2. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bapak Jhony Gerard Plate.

Bapak Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya dari Makassar.

3.  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Bapak Sandiaga Uno

4. Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Bapak Halim Iskandar

5. Kementerian Koperasi Bapak Teten Masduki

6. Kementerian BUMN Bapak Erick Tohir

7. Kementerian Dalam Negeri Bapak Tito Karnavian 

Para menteri tersebut bersinergi dengan Bank Indonesia, platform belanja (Shopee, Tokopedia, Bibli, Buka Lapak, etc) untuk pembayarannya menggunakan Qrs bekerja sama dengan pembayaran virtual (Grab, Dana, Link Aja) .

Acara Kilau Digital Flobamora ini diadakan untuk melaunching virtual expo Flobamora, launching Aplikasi JP HUb Pariwisata melalui penayangan video, Launching Desa Adat dari Bank Indonesia, dan Launching aplikasi pemanfaatn toko online Bumdes dan UMKM Lokal NTT melalui experience belanja melalui toko online. Acara ini di tayangkan di beberapa stasiun televisi seperti TVRI, Metro TV dan i News TV. Kalau ingin menonton siaran ulangnya bisa dilihat di sini (masukin link youtubenya).

Menurut Bupati Manggarai Barat Bapak Edistasius Endy ,NTT berupaya membuat masyarakat Indonesia untuk mengenal kebudayaan khas Nusa Tenggara Timur melalui produk karya khas NTT. Selain masyarakat Indonesia tujuannya juga untuk mengenalkan budaya dan khas buatan pproduk NTT ke seluruh dunia, melalui aplikasi bernama "GO NTT (Gerbang Online Nusa Tenggara Timur)." 

Siapapun bisa berbelanja produk -produk khas dari NTT seperti kain tenun dan makanan khasnya, jugamengunjungi  tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur, sehingga masyarakat Indonesia lebih mengenal budaya di NTT , bahkan seluruh dunia dapat melihat kebudayaan di NTT, melaui produk-produk yang di jual di "Go NTT" dan juga bisa mengetahui pariwisata apa saja yang bisa didatangi di Nusa Tenggara Timur.

Pak Jhony G Plate  dari Kementerian Informatika dan komunikasi Republik Indonesia, mendukung program ini dengan terus mendukung perbaikan internet dan melakukan sentra digitalisasi. Selain pengembangan pada internet tapi juga perbaikan Sumber Daya Manusianya sehingga beralihnya ke dunia digital ini bermanfaat dengan baik dan optimal. KemkomInfo berusaha mendorong UMKM di Indonesia, untuk lebih maju dan bisa memanfaatkan digitalisasi ini. Krena UMKM merupakan penyumbang yang cukup baik untuk keuangan negara, mencapai 60%. Diharapkan UMKM di Selain itu diharapkan agar data yang tersimpan dalam digital dapat terjaga dan tidak bocor. Indonesia membutuhkan 600 ribu digital talent pertahun. Dengan seperti itu Indonesia akan berkembang dengan baik.Sehingga selalin membantu UMKM juga membantu start up sehingga digital talent terpenuhi dan UMKM terus berkembang. Seklain UMKM tiap daerah maju, destinasi wisatanya juga bisa menjadi tujuan masyarakat Indonesia (wisatawan domestik) dan wisatawan mancanegara. Indonesia sudah menggunakan fiber optik untuk pengiriman data, beberapa provider seperti Indosat dan Telkom juga sudah menggunakan 5 G yang artinya kecepatan dalam penggunaan internet akan meningkat. Gunakan sebaik-baiknya untuk berkarya,bukan hanya untuk menonton saja, tapi bisa berkarya dalam memajukan UMKM.

Tahun 2022 di Bulan November akan diadakan J21 di Labuan Bajo, sehingga selayaknya apa yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat dijaga dengan baik.UMKM On Borarding  targetnya sudah mencapai 30 juta unit di tahun 2023, sehingga Kemkominfo sebaiknya menambah BTS untuk keperluan internet dari UMKM. Sistem kebersihan juga harus dijaga dengan baik sebagai daya tarik wisatawan, karena kalau bersih maka wisatawan akan datang.

Bapak Ma'ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia tidak dapat hadir ke Nusa Tenggara Timur, sehingga melakukan rekaman video dari Jakarta. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) ini sudah dimulai dari 14 Mei 2020.Program ini diharapkan agar masyarakat Indonesia bangga menggunakan produk buatan Indonesia dan menggunakan dengan baik, serta bisa mengunjungi destinasi wisatanya. 

Kementerian Dalam Negeri Indonesia, Bapak Tito Karnavian memberikan apresiasi pada launchingnya program -program di Kilau Digital Flobamora ini sehingga Indonesia juga memiliki daya jual yang baik. 

Gubernur Bank Indonesia, Bapak Fery Warjiyo   menyatakan bahwa Digitalisasi UMKM pembayarannya menggunakan QRs. Gunakan produk-produk UMKM dalam negeri, sehingga kita bangga menggunakan buatan UMKM di NTT Indonesia. Apresiasi kepada Kemkominfo yang mendukung Digitalisasi UMKM, Pariwisata dan pendidikan, sehingga berkilau di seluruh dunia. Tenun ikat, makanan olahan dan kerajinan yang ada di NTT. Bekerjasama dengan pihak terkait. Bank Indonesia menyediakan pojok nusantara, yang berisi produk UMKM dari pulau Kalimantan (Barat, Tengah, Selatan dan Timur). QRs Indonesia standar menjadi sebagai dgitalisasi UMKM, memudahkan pembayaran UMKM, aman dan handal. GBBI adalah kebangkitan untuk UMKM. Gunakan teknologi digital untuk bangkit dan naik kelas. 

Bapak Teten Masduki dari Kementerian Koperasi dan UKM  Republik Indonesia. Mari kita dukung Gernas BBI. UKM maju Indonesia maju.

Bapak Sandiaga Uno dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. raja dangdut haji roma irama, lagunya melegenda di sukaisegala usia, mari dukung Kilau Digital  Flobamora promosikan produk lokal agar masyarakat NTT sejahtera . Kalau abis jadian maunya ketemuan, kalau gak ketemu kangennnya ampun2an. Kilau Flobamora dipromosikan, agar produk-produknya diperhitungkan. Desa Adat dan Desa wisata,bersama Flobamora kita maju bersama. Salah satu destinasi di  unggulan di NTT adalah danau kalimutu. Destinasinya indah pasti banyak yang setuju.Bapak ibu mari tingkatkan kolaborasi dan bersatu.Bangkitkan Parekraf ahr ekonomi Indonesia semakin maju.

Bapak A. Halim Iskandar, dari Kementerian Desa Pembangunan Pembangunan Daerah Tertingga dan Transmigrasi. Bum Desa Bersama ( Bahan Usaha Desa milik bersama). Syarat berdirinya BUMDESA untuk kesejahteraan masyarakat. Tidak boleh melaksanakan unit usaha yang sudah dilakukan oleh masyarakat. Jadi pekerjaannya sebagai distribusi barang dan mencarikan pasar untuk produk warga. Pemanfaatan dana desa digunakan untuk pelaihan digitalisasi. Apa saja itu untuk pertumnbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia, maka dana desa boleh digunakan oleh siapa saja sesuai dengan kebutuhna yang berlaku. 

BUMN , Bapak Erick Tohir , kehadiran digitalisasi bisa menjadi energi agar permata-permata yang tersembunyi di Flobamora yang aksesnya terbatas sekarang bisa diketahui, Gerakan Nasiona Bangga Buatan Indonesia, Kilau Digital Permata Flobamora. Untuk mendorong minat belanja produk lokal. Dukung permata flobamra berkilau menjadi milik Indonesia dan dunia. 

Setelah Apresiasi dari para menteri yang bekerjasama dalam pameran virtula ini, acara dibuka dengan Tarian Caci khas dari NTT. Acara di buka oleh Pecutan kehormatan dari Bapak Luhut Binsar Panjaitan, Bapak Jhony G Plate dan bapak Bupati Manggarai Barat Bapak Edi.pada perisai yang dipegang oleh salah satu penari. Pecutan ini menandakan acara Pameran Virtual Kilau Digital Permata Flobamora di buka.  Pecutan ini juga diartikan penyemangat pada UMKM untuk melejitkan hasil kerjanya dan memperkenalkan produknya sampai ke seluruh dunia,

Dalam acara Kilau Digital Permata Flobamora ini juga ada launching JP Hub dari  kerjasama antara kementerian Pariwisata, Kemkominfo dan Telkom melalui platform Wonder In,id untuk melakukan digitalisasi desa wisata di Indonesia, sehingga bangga berwisata di Indoensai saja. yang menyasar pada 5 destinasi utama yaitu :, Borobudur, labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba dan Likupang. Selain itu ini juga bekerjasama dengan agen perjalanan yang konvensioanl ataupun yang online, juga dipromosikan di Indonesia. travel milik kementerian Pariwisata. Tujuannya agar desa wisata makin dikenal publik dan pemasarannya semakin meluas.

Ini kerjasama yang unik sehingga tercipta kolaborasi antara manusia,alam dan budaya.

JP HUB bisa mempromosikan produk wisata dan daerah wisata secara efektif. Dengan cara bergabung dengan HUB Jaringan Pariwisata atau disingkat JP HUB.  Melalui JP HUb bisa mmepromosikan produk dan layanan wisata di JP Hub. Semua travel dan tempat wisatanya bersertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability). JP Hub akan menginventarisir pariwisata milik pemerintah daerah dan desa wisata yang digabungkan dalam akomodasi dan travel indonesia terintegrasi milik kemenparekraft, dibuat paket yang bisa dinikmati oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Cara gabung di JP Hub:

1. Kunjungi wonderin .id (indonesia digital travel and tourism platform).

2. Isi form nama, data pribadi.

3. Klik daftar

4.  Klik pengaturan inventori

5. Kemudian aktifkan dan siap untuk dipasarkan.

Mudah banget kan guys. 

Betapa kerennya Indonesia di semua alamnya,jadi aplikasi PiKampung juga bisa jadi solusi mengetahui Indonesia.

Selain Aplikasi JP Hub kerjasama antara Kemkominfo dan kemenParekratft , Bank Indonesia membuat aplikasi Pikampung yang berisi tentang Kampung Adat yang  dijadikan desa wisata oleh  Bank Indonesia. Program ini berfokus relasi antara manusia, alam,dan budaya. Aplikasi ini membantu orang untuk bisa melihat kampung-kanpung adat di NTT atau mengunjungi  kampung adat di NTT. Cara downloadnya gunakan play store untuk mendownload aplikasi Pi Kampung.

Toko Online BumDesMArt adalah inovasi dari Badan Usaha bersama milik desa dengan UMKM tingkat Kabupaten hasil kerjasama Kementeria Desa Pembangunan daerah Tertinggal dan transmigrasi dengan Kemkominfo. Ditargetkan ada 30 BUm Des dan UMKM di tahun 2021. Kerjasama dengan Bakti (Badan Asesibilitas Telekomunikasi dan Informasi).

Bank Indonesia dan gubernur NTT bekerjasama membuat GO NTT (Gerbang Online NTT)

Ada aplikasi bernama GO (Gerbang online) NTT kerjasama Bank Daerah NTT. Tujuannya untuk meningkatkan UMKM dan menciptakan lowongan pekerjaan. Aplikasi ini adalah ide dari Gubernur  Nusa Tenggara Timur Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bupati Manggarai Barat Bapak Edi dengan bank daerah NTT membuat aplikasi ini untuk membantu pelaku UMKM memasarkan produknya secara online.

Dalam acara puncak ini para menteri juga ikut langsung berbelanja di Pameran virtual Kilau Digital Permata Flobamora. PAra Menteri juga mencoba aplikasi BumDesMArt. Dalam aplikasi ini  ada Hadekawa.id yang menjual hasil laut yang terkenal dengan terinya. , Ada juga  Pasar Flores.id yang menjual sayuran dan bumbu dapur yang melayani daerah Ende, Maumere-Sikka,Mbay-Nagekeo,Kota Sabe- Sabu Raijua.

Setelah puas berbelanja para menteri dan beberapa wartawan yang hadir dalam acara tersebut secara offline diberikan hiburan yang membuat kita makin cinta sama produk Indonesia. Mata pengunjung Online maupun offline makin bangga dengan produk Indonesia.

Acara pameran nya nih,mantab jatuh cinta deh sama kain khas masyarakat.

Erwin Yuan dari Bank Indonesia merancang baju khas NTT menjadi cardigan. Grab berharapiterasi, harus paham dengan Akuisisi secara onboard dengan cepatP ower teknologi yang ada, secara kuantitas maupun kualitas. dengan analisis tool , Grab percaya didgitalisasi bisa membantu lompatan UMKM di Indonesia.

Foto dari para petinggi yang bekerjasama dengan Kilau digital Flobamora

Direktur Link Aja, program yang dirterapkan untuk mendigil\talisasi pariwisata di Indonesia, edukasi dnegan literasi keuangan digital.  Dana melakukan digitalisasi UMKM. Dalam pandemi ini harus sudah melek teknologi. Dana melihat bahwa UMKM menjadi peranan sangat penting, jadi Dana membantu ibu 2 di desa untuk membantu bisnisnya melalui digital, beriusaha membantu literasi untuk melek digital. Dana bekerjasama dengan habitat, melakukan penggalanagan dana melalui aplikasi Dana. Tokopedia , mencetak talent didital, ada digital enterpreneur ship academy. 

Mari kunjungi pameran virtual Kilau Digital Permata Flobamora. 

Komentar