Mengenal Profesi Seorang Blogger

 10 Mei 2021/13.19

Gak terasa yah, lebaran tinggal menghitung hari, sedih karena sebagai wanita di hari terakhir jelang Idul Fitri aku kedatangan tamu bulanan, jadi gak bisa ibadah dengan khusyu. Bisa berdzikir saja semoga dapat ampunan dari Allah SWT. Amiin.

Hari ini aku mau share tentang profesi seorang blogger. Di masa pandemi banyak perusahaan yang mengurangi pegawai sehingga banyak yang terdampak. Banyak pengangguran baru. Tapi ada satu profesi yang tidak terdampak karena bekerja secara daring (dalam jaringan internet). Mungkin profesi yang satu ini termasuk profesi yang rawan dinyinyirin tetangga nih, karena, seperti gak kerja tapi pundi-pundi uang terus mengalir.

Dulu orang dikatakan bekerja jika pulang pergi ke kantor dan kantornya jelas, tapi sekarang banyak orang yang hanya di rumah saja dan dapat menghasilkan banyak uang dengan bekerja secara daring. Selain Blogger , ada profesi sebagai Vlogger, Selebgram, Penjual Online dan banyak lagi pekerjaan yang lainnya yang bisa dilakukan secara daring.

Sebenarnya Allah selalu memberikan jalan keluar pada setiap masalah hamba Nya, hanya saja kadang hamba Nya tidak paham atau gak ngeh akan jalan keluar itu. Coba deh, sejak pandemi, semuanya jadi online, belajar pun online, karena anak dilarang pergi ke sekolah, para pekerja banyak yang bekerja dari rumah. Kerja dari rumah, waktunya sama padat dengan kerja di kantor. Kerja di rumah, waktu bisa lebih di maksimalkan daripada kerja di kantor yang menghabiskan waktu dalam perjalanan. Semakin lama orang-orang makin menyadari hal itu, sehingga saat kasus babi ngepet mencuat di Depok, semua orang mengkritisi bahwa  hanya orang malas saja yang tidak produktif menghasilkan uang di era online seperti sekarang ini. 

Kembali ke profesi blogger. Awalnya blog digunakan untuk banyak orang untuk menulis diary dan tips. Seiring berkembangnya jaman, blog menjadi salah satu platform yang dapat mendatang kan uang. Blog digunakan sebagai alat untuk mempromosikan sebuah produk yang baru saja launching, atau program pemerintah yang membutuhkan sosialisasi lebih sehingga mengundang para blogger untuk meliput.

Blogger berbeda dengan pekerja di media. Media massa yang menulis hasil liputannya di suatu tempat menggunakan bahasa yang baku, sedangkan untuk seorang blogger mengunakan bahasa yang tidak baku dan lebih seperti opini, atau penulisnya menulis dari sudut pandang opini atau testimoni berdasarkan yang mereka lihat. Sementara penulisan media masa baku, penulisan pada blog cenderung tidak baku.

Dalam Blog, si pemilik bisa menuliskan banyak hal dengan gaya bahasanya sendiri. Penulis dapat menuliskan cerpen, atau fokus terhadap suatu hal. Tiap Blog memiliki niche tergantung pada ketertarikan penulisnya. Ada juga yang senang menulis banyak hal atau isinya campur-campur , bahasa kerennya blognya berisi Life Style. 

Awal penulisan blog juga beragam, ada yang memulainya dengan percakapan, atau juga bercerita, kembali lagi ke penulisnya masing-masing. Kenapa menulis di Blog? Blog ini lebih ringan bahasanya, lebih menceritakan pengalaman penulisnya, sehingga ringan dibaca pembacana dengan selipan informasi.

Dalam blog, banyak hal yang bisa dituliskan dan di share untuk pembacanya. Seperti Review Film, Buku dan produk. Sesantai apapun bahasanya, sebaiknya blog tetaplah harus menebarkan informasi naik. Atau bisa juga pengalaman saat anak sakit, persiapan pernikahan dan lain-lain, yang bisa membuat pembacanya mendapatkan informasi, walaupun sedikit.

Platform blog ini menurutku paket combo dibandingkan dengan platform lainnya seperti instagram, youtube ataupun podcast. Pada Platform instagram, dalam menuliskan caption cenderung terbatas, untuk seorang wanita atau seseorang yang suka menjelaskan secara detil, menulis di instagram akan terasa kurang, platform blog lebih cocok nih, karena di platform ini kita bisa menulis sebanyak-banyaknya, kemudian menyimpan foto ataupun video.  sementara pada platform Youtube, untuk memberikan caption di gambar tidak bisa menulis banyak hal, karena terbatas, sementara di podcast hanya dengan menggunakan suara, itulah kenapa blog ini saya sebut sebagai paket kombo, karena sudah super lengkap bisa menulis banyak, bisa pasang foto dan juga video.

Blogger itu adalah seseorang yang memiliki akun blog yang didaftarkan menggunakan email. Blog bisa berbayar dan gratis. Seorang blogger menuliskan opini dan pengalamannya di akun blognya. Isi blog bisa fokus pada satu hal. Blog bisa mendatangkan uang dengan bekerjasama dengan sebuah perusahaan, berdasarkan kekhususan isi blognya.

Beberapa platform menulis blog yang gratis seperti blogspot, wordpress, webly, ini bisa di coba. Jika akun blognya gratis, maka tulisannya www.wijayastuti.blogspot.com ada platformnya sebelum dot com. Sementara untuk yang berbayar, domainnya akan menjadi seperti ini www.wijayastuti.com , jika ingin memulai, mulai saja dulu dengan yang tidak berbayar, hanya saja beberapa persahaan akan mudah mengajak kerjasama bagi blog yang sudah berbayar domainnya. Untuk harga tergantung mendaftarnya dimana, ada Rumah Web, Qwords, dan JagoanServer. Aku menggunakan Qwords dan  akhirnya menjatuhkan pilihan pada blogspot, karena jauh lebih murah dibandingkan wordpress juga penyimpanannya lebih banyak dibandingkan wordpress. Hanya saja untuk terlihat oleh google artikel kita kurang efektif, wordpress lebih efektif. Kembali lagi ke pilihan kamu ya.

Semua orang pasti memiliki pengalaman, baik yang menyenangkan ataupun tidak menyenangkan. Setiap orang membutuhkan aktualisasi diri untuk membaut dirinya eksis. Blog gunanya seperti itu, karena percaya deh, dari tulisan kita, pasti ada 1-2 orang atau lebih yang mendapatkan manfaatnya. Bisa jadi pengalaman itu sepele untuk kita tapi tidak untuk orang lain. Tapi ingat tulisannya jangan yang mengandung SARA ya, dan pastikan kalau kamu menuils sumber penulisannya di bagian akhir blog kamu, atau memasang link tulisan yang kamu ambil.

Mulai yuk menulis untuk kebaikan dari blog yang belum berbayar dulu saja, buat domainnya, menulislah, sebarkan kebaikan dan tinggalkan jejakmu di dunia maya yang berguna untuk kehidupan di dunia sebelum kamu menuju akhirat.

Ternyata untuk menjadi seorang blogger itu mudah kan, menulis untuk kebermanfaatan intinya, yuk mulai dari sekarang, siapa tahu isi blog kamu bisa menjadi buku dan menginspirasi banyak orang. SElamat mulai menulis di blog dan menjadi blogger. 






Komentar