10 Ide Permainan Seru Bersama Anak di Rumah Aja

 29 April 2021/ 21.18 WIB

Pandemi oh pandemi, masih saja ada. Semoga setelah banyak yang vaksin. Virus ini semakin menjauh dan kembali ketempat asalnya ya. Amiin. Gimana nih Moms, masih betah di rumah aja? Masih seru PJJnya? Ada kabar akan ada  program percobaan anak-anak masuk sekolah lagi ya? Berdo'a saja nih aman, tapi jika ternyata membuat cluster baru, mau gak mau moms harus membantu anak untuk seimbang dalam belajar dan bermain di rumah. 

Anak-anak itu unik. Mereka sebenarnya juga belajar sambil bermain, sehingga dalam bermain anak-anak juga mempelajari hal-hal baru. Memang terkadang orang dewasa melihat kegiatan bermain dengan anak adalah hal yang sia-sia nih, tapi buat anak itu adalah hal yang paling bermanfaat untuk anak-anak. Karena dengan bermain semua sensori dan motoriknya akan terlatih dengan baik. 

Pe-er banget sih memang untuk para moms yang harus mengerjakan pekerjaan rumah sendiri dan memiliki anak lebih dari satu. Hmmm, tapi kalau moms sudah ketemu ritmenya bisa kok, pernah saya bahas di IGTV saya tentang Minimalist Parenting.  Untuk versi lengkapnya ada di channel Youtube di bawah ini :



Selain itu bisa juga mampir di blognya mba Duie Arum. Berikut ini aku share 10 ide permainan yang bisa dilakukan bersama anak di rumah. Insyaallah Moms jika menikmati permainan dan tahu tujuan untuk anak, akan melakukan permainan bersama anak atau anggota keluarga lainnya dengan bahagia.

10 Ide Permainan Seru Bersama Anak di Rumah Aja :

Tribun News



1. Main Lempar Bola Seru

Biasanya kita kalau ajak anak main bola, hanya untuk merangsang motoriknya aja kan ya? " Lempar balik Nak." terus aja lempar-lemaparan gitu tanpa faedah yang berarti. Padahal dalam mengajak anak bermain, sebaiknya sih ada hal yang bisa dipelajari. Main lempar bola bisa lebih seru dengan dua cara nih. Yang pertama membuat kotak atau keranjang yang dituliskan poin di kotak atau keranjangnya. Ajak anak untuk melempar ke point yang dia mau, nah setelah itu hitung berapa poin yang terkumpul dan bisa dituker dengan makan atau minuman yang dia inginkan, dalam hal ini anak juga belajar berhitung dan mengambil peluang, serta, mengetahui bahwa untuk mendapatkan apa yang diinginkan harus berusaha dengan baik. Motoriknya juga terlatih untuk mendapatkan yang sesuai dengan yang dia inginkan. Yang Kedua, bisa bolak balik melempar sambil mengurutkan angka 1-10, atau membunyikan Alfabet A-Z.

Pop Mama



2. Bola Kertas

Dari Bola aja bisa jadi banyak permainan nih Moms. Sebenarnya semuanya itu hanya butuh kreativitas dari kedua orang tuanya, terkhusus momsnya nih, oke sebenernya ide permainan ini adalah menggunakan bola tenis, tapi kalau ternyata tidak ada warung yang menjual bola tenis atau bola pingpong, Mom bisa membuat bola dari kertas. Kalau main tenis meja biasanya menggunakan meja tenis, nah kali ini bisa bermain kakak atau adik atau ayah dan anak, atau moms dan anak. Caranya mudah banget. Cari pola raket tenis meja, buat menggunakan karton, kemudian bolanya di gantung di kusen pintu. Pukul bola menggunakan raket tenis meja yang sudah dibuat menggunakan kardus. Hal ini bisa membuat anak menjadi lebih fokus dan sesuai target waktu memukul bola, bisa mengontrol emosi anak juga nih untuk lebih sabar, jika bolanya gak kena raket tenisnya.

3. Bermain petak Umpet

Permainan favorit nih untuk orang tua yang lahir di tahun 80-an kaya aku nih. Falsh back ya, jaman aku umuran se-SD, tiap malam minggu pasti keluar rumah main sama anak-anak komplek. Mainnya gak cuma Petak umpet sih, ada Tak Jongkok, Gobak Sodor, seru deh. Karena sekarang pandemi, di komplek rumah ku malam minggu juga jadi berasanya sepi aja. Anak-anak sekarang juga udah lebih mengenal game dari gadget ya, sedih motoriknya gak terlatih.
Nah, selama pandemi ini kita tetap bisa seru-seruan bermain petak umpet sama anak nih. Karena bisa dilakukan oleh 2 orang atau lebih, bisa dilakukan seluruh anggota keluarga dan pembantu yang ada di rumah. Seru nih. Untuk yang rumahnya tidak luas, bisa menggunakan cara dengan mematikan lampu dan menutupi pintu atau jendela.
Dalam permainan ini anak belajar strategi, supaya menang dan melatih motoriknya untuk bergerak, gak mager seperti anak bermain gadget. Pastikan anak mengetahui beberapa tempat yang tidak diperbolehkan untuk petak umpet seperti, dapur  misalnya.

Line Today



4.Heads Up

Ini adalah permainan seru yang modalnya sedikit. Melalui permainan ini anggota keluarga dirumah dapat meningkatkan skill dalam mendeskripsikan sesuatu, seperti judul film atau sebuah benda, sehingga orang yang pegang kata benda atau judul film di kepalanya bisa menbak sesuai dari deskripsi lawan mainnya. Bisa di bagi menjadi dua atau tiga grup tergantung jumlah anggota keluarganya. Ada yang jadi host dan juri juga. Setiap anggota keluarga selain meningkatkan kemampuan mendeskripsikan judul film atau kata benda, mereka juga bisa belajar bertanggung jawab, dan mengetaui tugas-tugas host  dan juri.

5. Tebak Lagu

Bisa pasang lagu dari Spotify atau aplikasi khusus musik anak.  Kita setel lagunya dan anak-anak kita menjawab judul lagunya. Anak belajar tentang aturan main, dan mengasah kognitif anak dalam menghapal judul atau lirik lagu.

6. Berburu Harta Karun

Ini adalah permainan yang seru nih, karena dengan permainan berburu harta karun anak jadi tahu seluk beluk rumahnya, mengetahui benda-benda apa saja yang terdapat dalam ruangan tersebut.  Taruh hadiah di tempat-tempat tersembunyi, berikan petunjuk sampai hadiahnya ditemukan.

7. Menceritakan Dongeng Pada Anak

Membacakan dongen untuk anak itu efeknya dahsyat loh. Sebaiknya orangtua tidak malas untuk menceritakan dongen pada anak, karena lewat dongeng atau membacakan buku cerita, anak belajar banyak kosa kata, sehingga kosa katanya banyak dan anak bisa berbicara dengan jelas. Menurut pengalaman saya, ada anak murid di kelas TK B bahasa Inggrisnya sudah jago, waktu terima raport saya tanya apa yang dilakukan orangtua tersebut. Ternyata mamanya rajin membacakan buku apalagi dengan dua bahasa. Salah satunya membacakan cerita menggunakan bahasa Inggris, dan itu ternyata masuk ke alam bawah sadarnya, sebab anak kecil itu otaknya menyerap dengan baik, kan ada pepatah anak usia 0- 8 tahun adalah golden Age. Maksudnya adalah usia dimana anak-anak bisa menyerap apa yang diberikan orangtuanya dengan baik dan cepat.

The Asian Parent Indonesia



8. Memancing Ikan di Bak Mandi

Ini pasti seru banget bat anak-anak usia 3 tahun. Biasanya mainan seperti ini ada nih di abang-abang pasar kaget , bayar seribu dapet sejam buat pancing ikan. Kita bisa buat sendiri nih di rumah, bermodalkan magnet,benang, tongkat dan cetakan ikan. 

9. Badminton Menggunakan Balon

Tentukan daerah anak dan daerah lawan. Gunakan piring kertas sebagai raket dan balon sebagai bolanya. Lempar balon ketas menggunakan piring kertas tidak boleh sampai jatuh ke lantai daerah lawan. Seru nih, bisa mengajarkan anak untuk menerima kekalahan dan bersikap baik jika anak menang.

Pop Mama



10. Perosotan Anak dari Pipa Atau Kardus

Alih-alih bermain perosotan diluar. Orangtua bisa membuat perosotan di dalam rumah, menggunakan pipa yang diberi bantalan atau selimut sehingga anak bisa berseluncur di perosotan, atau pipa bisa diganti dengan kardus keras dan diletakkan dengan posisi miring. 

Semoga dari sepuluh ide permainan ini bisa membantu moms untuk gak bosen nih ngedekem di rumah karena pandemi, gak stres juga karena ketemunya Lu lagi, Lu lagi, heheha. Dengan enjoy ikut bermain bersama anak dan seluruh anggota keluarga juga dapat meningkatkan keakraban antar sesama anggota keluarga. Kalau ada ide permainan lain yang bisa di lakukan di rumah, boleh di share di komen ya.






Komentar