Menggunakan Madu Untuk Menjaga Kecantikan dan Kesehatan

 7 Maret 2021/15.41

" Udah minum madu belum Mi?"

"Ayo Mi minum madu dulu supaya sehat."

Scrub alami madu dan oat meal

Sering di suruh seperti ini gak sama suaminya saat pandemi? tandanya suami  sayang nih sama kita.  Waktu awal pandemi suamiku ngingetinnya udah kaya jaman pedekate telpon kaya minum obat tiga kali sehari , hehe, kalau sekarang malah suamiku komennya, "Ummi beli madu terus", hehe.

Siapa sih yang gak tahu khasiat dari madu? Siapa juga yang gak doyan madu? rasanya yang manis pasti disukai sama semua jenis usia, bahkan serangga, beruang dan musang  pun menyukai madu, sepertinya hampir semua makhluk di muka bumi ini menyukai madu.

Madu juga enak loh untuk dijadikan campuran minuman dan makanan. Madu juga  bisa menjadi pengganti gula.  Gula  diklaim, jika terlalu banyak mengkonsumsinya akan terkena diabetes, sedangkan madu tidak. Kenapa madu manis tapi gak membuat orang yang meminumnya diabetes? Apa iya madu bisa digunakan sebagai penunjang kecantikan? Apa saja sih yang terkandung di dalam madu? Bagaimana caranya madu bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kita? Kapan waktu yang tepat menggunakan madu? Darimana madu berasal?

Banyak yah pertanyaan seputar madu yang berkecamuk di pikiran kita. Madu adalah hasil hutan non kayu atau yang bukan kayu. Madu berasal dari lebah. Lebah dibagi menjadi tiga macam dalam satu sarang.  Lebah betina pekerja yang pergi mencari nektar,membersihkan sarang dan menjaga para bayi lebah, para lebah pekerja ini hanya bisa hidup kurang lebih 3 bulan. Ada juga  ratu lebah yang memimpin dan menghasilkan telur, bentuk badannya paling besar diantara lebah yang lainnya. Pada musim kawin ratu lebah akan terbang tinggi kemudian lebah pejantan berlomba-lomba untuk bisa menarik hati Ratu lebah dan pejantan yang berhasil membuahi ratu lebah sesaat setelah testisnya lepas dan tertinggal di dalam perut ratu lebah, maka lebah jantan akan mati. 

Ratu lebah yang aktif dapat bertelur 2000 telur perhari. Ratu lebah dapat bertahan hidup selama 3 tahun. Jika ratu lebah menurun reproduksinya maka lebah betina pekerja akan bertelur tanpa dibuahi dan menghasilkan lebah jantan. Lebah jantan itu berasal dari lebah betina pekerja yang tidak dibuahi oleh lebah jantan. Jadi kita gak akan kehilangan madu nih, karena proses perubahan madu dalam perut lebah sama saja dalam lebah jantan maupun betina, hanya pembagian kerjanya saja yang berbeda.

Kenapa lebah menghasilkan madu? Asal mulanya, supaya madu memiliki cadangan makanan saat musim dingin di Eropa atau musim hujan di Indonesia. Madu juga digunakan untuk makanan larva dan pupa.  Sebelum musim itu tiba, lebah pekerja akan mencari nektar atau madu dari bunga dan menyimpannya di dalam perutnya. Selama proses tersimpan di dalam perut lebah pekerja, ada enzim yang mengubah komposisi kimia  dan pH atau keasaman nektar yang diambil dari bunga menjadi madu. 

Sesampainya di sarang lebah, lebah pekerja   akan memuntahkan madu ke dalam sarang .Saat ditaruh dalam sarang bentuknya masih seperti cairan  kemudian dilakukan proses penguapan agar kandungan air dalam madu hilang, caranya dengan mensegel sarang dengan sekresi cairan dari perutnya sehingga menjadi keras, seperti yang kita ketahui sebagai cairan lilin. Madu ini akan tahan puluhan bahkan berabad-abad lamanya karena tidak akan ada bakteri atau jamur yang mengganggu kualitas madu.Hati-hati dengan madu berwarna hijau, madu ini belum matang karena belum mendapatkan cairan sekresi dari lebah, madu berwarna hijau rentan terhadap bakteri dan jamur.

Proses mendapatkan madu sampai disimpan dalam kemasan pun tidak mudah. Jika kalian membeli madu jangan dimakan ya sarangnya , karena sarang lebah mengandung lilin yang biasanya digunakan untuk campuran kosmetik. Selain itu juga terdapat propolis yang juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan.

Lebah yang digunakan untuk beternak lebah dan memanen madu adalah apis melifera atau lebah asal Eropa yang konon lebih jinak sehingga saat diambil madunya tidak terlalu agresif menyerang. Madu sebelum dikemas akan di saring dengan cara dipanaskan suam-suam kuku atau diperas untuk memisahkan madu dengan lapisan lilinnya. Cara lainnya bisa dengan di blender sampai halus kemudian dipisahkan madunya, atau dengan diperas sehingga hanya tinggal maunya saja.  Lapisan lilinnya biasanya akan dijadikan campuran untuk membuat pelembab, lipstik, dan lain sebagainya.

Di desa Jerora Raya kabupaten Sintang, Kalimantan Barat memiliki hasil madu yang lumayan berlimpah. Ada peternakan madu di sini. Petaninya diberi pelatihan cara menjadi petani madu. Menjadi petani madu berarti mengembang biakan lebah di dalam sarang. Biasanya para petani lebah akan memberikan makan lebah dengan menggunakan air gula, sirup atau bubuk susu tercampur yang mirip dengan serbuk sari. Awalnya aku berpikir berarti madu sama saja dengan gula, ternyata berbeda. Karena air gula  disimpan dalam perut lebah kemudian menjadi madu setelah mengalami proses kimia dalam perut lebah sehingga terjadi perubahan bentuk (lebih kental, berwarna coklat) dan rasanya manis.

Madu mengandung Kalori, Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin C, Niacin, Folat,Panthotenic Acid, Cholaine Betain,Kalsium, Zat besi,Magnesium, Fosfor, Potasium, Sodium, Zinc, Mangan, Selenium, Polifenol,Luoride, Fruktosa, Glukosa,Maltosa, Sukrosa, Air, Gula, Antioksidan dan Mineral lainnya. Kegunaan madu dalam setiap produk kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi, bahkan ada loh sabun mandi yang menggunakan bahannya berupa madu. Madu bikin cantik.

Khasiat madu bagi kesehatan yaitu:

1. Dapat menurunkan kolesterol

Madu mengandung antioksidan yang dapat membantu mengikis kolesterol LDL sehingga penyumbatan darah yang disebabkan oleh radikal bebas bisa ditangani oleh madu.

2. Mencegah kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak dapat dikontrol. Setiap orang memiliki sel kanker, tetapi apakah sel kanker akan berkembang itu kembali pada cara orang tersebut melakukan pola hidupnya. Dengan mengkonsumsi madu, berarti menghambat pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

3. Membantu Program Diet

Musuh utama orang yang sedang diet adalah gula, selanjutnya tepung-tepungan dan gorengan. Madu memiliki manis yang cocok nih, untuk membuat rasa pada makanan diet. No Sugar and No feeling Gulty. Selain itu 100 gram madu sudah lengkap antara karbohidrat, protein dan lemak. Madu akan meningkatkan metabolismu tubuh  dan energi tubuh.

4. Baik untuk kesehatan Jantung

Penggunaan madu setiap hari juga dapat mempengaruhi kinerja jantung. Kenapa? karena madu mengandung antioksidan. Madu membantu peredaran darah penderita sakit jantung lebih lancar.

5. Baik Untuk Mempertahankan Daya Ingat

Madu mengandung senyawa polifenol yang dapat meningkatkan fungsi otak. Sehingga madu baik diminu oleh segala usia.

6. Mengobati Penyakit Lambung

madu adalah salah satu zat yang mengandung vitamin, mineral, enzim dan asam amino. Sejumlah penelitian juga menyebutkan, madu bisa memberantas bakteri Helicobacter pylori, biang tukak lambung. Beberapa penelitian lain di atas mengungkap manfaat potensial madu buat asam lambung. Sejumlah orang juga menyebut madu bisa meredakan asam lambung seperti heartburn sampai tenggorokan tak nyaman.

7. Menangkal Radikal Bebas

Senyawa fitonutrien yang berasal dari nektar bunga dan sejumlah vitamin pada madu merupakan penangkal antioksidan alami. Madu berkhasiat mencegah kerusakan jaringan sel tubuh, memperkuat sel imun, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, mencegah diabetes, jantung  hingga kanker. 

Madu itu memang benar-benar paket lengkap sekali, ini baru soalan menunjang kesehatan tubuh, seperti saya bahas sebelumnya jika dalam sarang lebah terdapat lilin yang biasanya digunakan sebagai campuran kosmetik untuk menjaga kesehatan kulit dan pastinya juga menjaga kecantikan kulit kita. Madu juga merupakan komoditas lokal yang harus dibantu dalam pemberdayaannya sebagai komoditas hutan.

Khasiat madu dalam menjaga kecantikan kulit Yaitu:

1. Mencerahkan Kulit

Madu memiliki zat anti peradangan, sehingga jika digabungkan dengan beberapa bahan ini akan membantu madu dalam mengoptimalkan cerahnya kulit. Campurkan madu dengan lemon dan yoghurt dapat membantu wajah menjadi lebih cerah.

2. Mengurangi keriput, flek hitam  dan menambahkan kekenyalan pada kulit

Dalam 100 gram madu mengandung 0,5 mg vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk mengurangi flek hitam dan menambah kekenyalan pada kulit. Gunakan secara tipis-tipis 3 hari sekali setelah membersihkan wajah.

3. Melembutkan Bibir

Bagi penderita kanker yang telah melewati masa kemoterapi dan radiasi biasanya bibirnya akan kering, atau bagi yang suka lupa minum air atau yang sedang panas dalam, maka bibirnya akan kering atau bagi yang tidak cocok dengan bahan lipstik yang digunakana maka bibirnya bisa menjadi kering. Solusinya bisa menggunakan madu, carilah lipstik atau kosmetik yang mengandung madu sebab ini bisa membantu untuk melembabkan dan melembutkan  bibir kita.

4. Mengatasi Jerawat

Madu mengandung zat antiinflamasi atau zat ati peradangan sehingga bisa digunakan untuk mngobati jerawat yang meradang. Gunakan bersama dengan kunyit, maka hasilnya akan menjadi lebih optimal.

5. Mengecilkan Pori-pori

Wah ternyata pori-pori yang besar selain membuat wajah terlihat berminyak juga bisa terlihat kusam. Salah satu cara mengecilkan pori-pori adalah dengan rutin menggunakan madu sebagi masker wajah 3 hari sekali, sehingga wajah terlihat lebih cerah dan mulis karena pori-porinya mengecil.

6. Mengangkat Kulit Mati

Kalau ada kulit bagian tubuhmu yang mengering, bisa diangkat menggunakan madu. Madu juga bisa menjadi scrub nih. Caranya dengan mencampurkan madu dengan oat meal. Usapkan pada kulit mati dan akan terjadi eksfoliasi.

7. Masker Rambut

Dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini pergi ke salon jadi agak parno gimana gitu ya, nah bisa coba gunakan madu sebagai masker rambut, sehingga rambut kita tetap sehat walaupun tidak melakukan perawatan di salon. Caranya sangat mudah, campurkan madu dengan olive oil dan oleskan pada rambut sampai ke akar dan kulit kepala kita. Tutup rambut dengan shower cap, setelah itu bisa dibilas, rambut kita akan kembali hitam berkilau dan sehat alami.

Fungsi madu sangat banyak sekali ya, fungsi madu juga bisa lebih optimal dengan menggunakan beberapa bahan alami yang bisa kita temui di dapur. Sepertinya mulai sekarang kita  bisa mengganti beberapa kosmetik yang berdampak negatif pada lingkungan dengan menggunakan madu dan beberapa bahan campuran alaminya nih.

Gaya hidup kita sebaiknya lebih sustainable dengan memperhatikan dampak negatif pada lingkungan dari kosmetik kita. Coba cek, seberapa banyak kosmetik di meja riasmu? Yuk mulai dikurangi, gunakan bahan baku lokal seperti madu. Kita juga bisa membantu petani madu untuk meningkatkan penghasilannya dan menjaga ekosistem alam. 

Beberapa bahan yang ada dalam kosmetik dan skincare yang merusak lingkungan, perhatikan apakah bahan-bahan berikut ini ada dalam kosmetik atau skin care kamu?

1. BHT dan BHA4

Bahan kosmetik ini dpat meracuni ekosistem laut, tumbuhan dan amfibi. Mungkin kamu berpikir bagaimana bisa sampai kelaut, kan kita tinggal jauh dari laut. Tapi tahukah kamu, kalau semua perairan mengarahnya ke laut, dari selokan rumah kita ke kali atau sungai kemudian bermuara di laut. Ekosistem laut akan terkena imbasnya karea bahan kosmetik ini tidak terurai saat perjalannannya dari kamar mandi rumahmu menuju laut.

2. Exfoliating Microbeads

Biasanya terkandung dalam produk skincare yang dpat mengangkat kulit mati, aman sih buat ulit, tapi bahaya untuk lingkungan. bahan ini digunakan untuk membuat skin care atau kosmetik menjadi lebih creamy. Biasanya ada di pasta gigi, lip gloss dan eye liner. Coba cek dan lihat-lihat dulu ya, jika kosmetik, skin care ini mengandung microbeads, ada tulisan di kemasan seperti ini " with microbeads", Polypropylene", " Polyethylene", "with microabrasive" sebaiknya tidak dibeli gunakan bahan yang alami.

3. Triclosan

Bahan ini sering kita temukan pada pasta gigi dan deodoran. Fungsinya yang anti bakteri, ternyata jika dilepas di lingkungan, tidak mampu terurai dan jika sudah menumpuk, maka bisa bereaksi dengan senyawa lain membentuk senyawa baru yang lebih berbahaya.

4. Oxybenzone dan Octinoxate

Bahan ini biasanya ada di tabir surya. bayangkan jika ini digunakan oleh orang-orang yang akan masuk ke dalam pantai maka kandungan Oxybenzone dan Octinoxate nya akan menghancurkan terumbu karang.

Saatnya kembali ke bahan alami ya, karena jika ekosistem alam sudah tidak lagi seimbang maka akan terjadi anomali alam. Saat pandemi seperti sekarang saja, kita secara tidak langsung dipaksa untuk berdiam biri di rumah sudah sampai 1 tahun lebih. Mungkin ini cara alam memperbaiki dirinya. Tapi dengan bijak menggunakan produk kesehatan dan kecantikan juga bisa membantu bumi untuk pulih dalam waktu cepat dan alam akan terus memberikan banyak kebaikan untuk kita.

Mulai hindari produk kecantikan dan kesehatan yang dapat merusak lingkungan, beralih pada komoditas alam seperti madu. Sudah minum madu hari ini, atau sudah menggunakan masker madu hari ini? Minum madu dan menggunakannya untuk menjaga kecantikan beauty inside out

Berikut ini adalah video dari Lingkar Temu Kabupaten Lestari yang bisa mengugah kamu untuk mau melestarikan lingkungan dengan menggunakan produk kosmetik dan kesehatan yang baik untuk lingkungan.


Artikel ini diikut sertakan dalam Kompetisi Blog #Lestarikan Cantikmu bersama Blogger perempuan dan Lingkar Temu Kabupaten Lestari.  

Sumber Artikel 

https://www.alodokter.com/manfaat-madu-ditinjau-dari-sisi-medis

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/health/read/2020/07/08/193400368/10-manfaat-madu-untuk-kesehatan-tubuh

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3390900/manfaat-madu-untuk-kesehatan-tubuh

https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/life/fashion-and-beauty/sittah-husnul-khotimah/cantik-alami-ini-manfaat-madu-untuk-kulit-dan-kecantikan-perempuan

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-madu-untuk-kulit/

https://m.merdeka.com/jatim/manfaat-madu-untuk-wajah-membuat-kulit-tampak-cerah-alami-kln.html

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/women/amp/indah-shaliha/kandungan-kosmetik-ini-dapat-merusak-lingkungan-c1c2















Komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Insyaallah saya akan berkunjung balik. Silahkan berkomentar dengan sopan, dan berbagi tips untuk sesama pembaca.