Jadi Konten Kreator Ala Edo Zell

 12 Maret 2021/ 12.42

Anak-anak sekarang kalau ditanya mau jadi apa, jawabnya mau jadi youtuber. Belum tahu dia ternyata untuk jadi sekeren Atta Halilintar, Edho Zell dan beberapa konten kreator lainnya itu gak mudah loh. Menjadi konten kreator,  sebutan untuk penggiat sosial media seperti youtube, blog, podcast, dan banyak lainnya tidak semudah yang dibayangkan anak-anak saat mengucap cita-cita menjadi konten kreator, dibutuhkan banyak hal.

Pengguna internet di Indonesia di tahun 2010 sudah mencapai 132 juta penduduk Indonesia. Apalagi tahun 2020-2021 ini pengguaan internet semakin meningkat. Belajar dari rumah menggunakan internet, browsing resep menggunakan internet. Kalau sinyal internet bisa kelihatan, kayanya langit kita tuh penuh dengan sinyal deh, hehe.

Aku ikutan acara Kemkominfo  3 tahun yang lalu, waktu lagi bongkar-bongkar barang dari Bandung, ketemu catatan waktu ikutan acara "Flash Vlogging" bersama Blogger Bandung dan Kemkominfo. Rasanya sayang kalau ilmu dari Edho Zell ini gak di share ke sahabat Wijayastuti, hanya tersimpan di notes saya saja. Karena acara sosialisasi dari Kemkominfo bekerjasama dengan Blogger Bandung di Harris hotel 23 Februari 2018 waktu itu, aku jadi punya channel Youtube sendiri, Wijayastuti Vlog Channel, mampir ya.

Senang sekali bisa ikutan acara bareng Blogger bandung di Harris Hotel ini, karena aku jadi bisa ketemu sama Ali Muakhir penulis buku anak. Al Muhtadi salah satu pemain di film serial "Brata". Bangga juga terpilih untuk ikut ke acara ini dengan orang-orang yang sudah pakar di dunianya, sudah punya channel sendiri juga. Jadi kami semeja isinya ada 5 orang. Setiap ada event aku memang jarang cari tempat yang isi satu meja orang yang sudah ku kenal, maksimal satu orang yang dikenal, selebihnya biasanya aku cari orang baru untuk menambah networking. 

Kami diminta untuk membuat video menceritakan keseruan acara Kemkominfo dan dijadikan  sebagai lomba, waktu itu diajarkan editnya menggunakan Kinemaster, alhamdulillah aku pembelajar yang baik, jadi langsung bisa deh, pas edit. Saat itu aku kehabisan waktu mengirim video sehingga tidak menang deh, sayang sekali yah, karena benar-benar baru paham cara edit video, kalau sekarang aku pakai inshoot untuk mengedit videoku. Sempat menggunakan Film Ora dan sekarang tampilan dan toolsnya menjadi kurang bersahabat buat aku yang suka edit di ponsel dan males bikin efek2 aneh, hehe, jangan ditiru ya.

Ini video pertamaku setelah mengikuti acara di Harris Hotel,  ada teh Santi dan teman bloggerku yang lain, juga teman-teman satu meja. Selanjutnya aku jadi keranjingan bikin video, walaupun pergerakannya lumayan lambat nih. Judul Vlog pertamaku "Jokowi" intinya di dalam video itu aku mau kasih lihat kalau Pak Jokowi itu gak Java sentris tapi Indonesia Sentris seperti yang digaungkan Kemkominfo dalam acara sosialisasi pendaftaran nomer ponsel menggunakan KTP.  Sejak tahun 2018, ada peraturan kalau setiap orang hanya boleh memiliki maksimal 3 nomer ponsel terdaftar untuk 1 KTPnya. Jika tidak mendaftarkan nomer ponselnya ke angka 4444 maka akan diblokir, selama 2 minggu pertama tidak bisa mengirim pesan, dua minggu selanjutnya jika tidak diurus akan diblokir untuk bisa menelpon.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Hoax. Hukuman untuk penyebar Hoax adalah 6 bulan penjara dan denda 1 miliar. 

Hukuman penyebar hoax dari indonesiabank.id


Setelah beberapa pemaparan dari Kemkominfo, tampil Edho Zell yang sedang viral youtubenya, kalau mengikuti videonya, isinya keseharian Edho Zell dan keluarganya nih. Ada beberapa tips dari Edho Zell jika kamu ingin jadi konten kreator yang sukses  seperti dia.

Tips dari Edho Zell menjadi konten kreator yang sukses:

1. Kreatif, buat konten yang menarik dan tidak membosankan, cek deh, kira-kira netizen Indonesai suka melihat video kreatif yang seperti apa?riset dulu ya.

2. Lihat hal atau kejadian yang sedang ramai di perbincangkan khalayak ramai. Buat video edukasinya atau sekedar menghibur sesuai dengan permasalahan yang sedang diperbincangkan.

3. Utarakan pendapat dari sudut pandang kita, karena vlog atau konten kreator di youtube itu lebih menarik jika mengungkapkan sudut pandang kita dari permasalahan yang sedang berlangsung di Indonesia, tapi tidak menyinggung SARA ya.

4. Sebagai apa kita di Youtube juga harus di perjelas, alias harus di spesifikasi nih, sehingga penonton kita akan mencari channel kita karena spesifikasi kita. Misalnya Fashion Vlogger, berarti membahas tentang Fashion yang berhubungan dengan pandemi misalnya, atau Food Vlogger yang bahas tentang usaha makanan. Semakin spesifik subscribernya akan lebih banyak, karena orang jadi lebih fokus. Tapi kalau artis gak masalah nih, mau apa aja, bahkan menceritakan tentang keluarganya , bisa menjadi hal-hal yang ditunggu -tunggu oleh netizen.

5. Durasi di Youtube harus di perhatikan. Durasi di youtube ini berhubungan dengan berapa ribu kali atau juga berapa ribu menit di tonton oleh subscriber atau penonton yang tidak subsscribe. Optimal ada di 10 menit.boleh juga lebih jika mengejar jumlah menit orang yang menonton, tapi apakah ada yang sampai selesai menonton youtube kita? jika iya, maka jumlah menit yang banyak itu akan membantu  channel kita di monetasi.

Dalam membuat akun youtube ini sangat mudah, selama memiliki akun gmail, maka akan mudah untuk membuat akun youtube. Sebagai konten kreator kunci utamanya adalah harus KONSISTEN. Ini yang masih pe-er untuk channelku nih, karena kontennya gak konsisten dan belum spesifik, huhu, masih suka-suka aja bikinnya, alhamdulillah sudah 599 subscriber tapi jauh dari dapet iklan euy karena jam tayangnya masih sedikit.

Kalau menurut Edho Zell sebaiknya dalam meng- upload konten seharusnya konsisten, seperti yang dilakukan oleh Edho Zell dalam meng-upload. Dia meng-upload videonya setiap hari Senin, Rabu dan Jumat setiap jam 16.00 WIB. Isi vlog akun youtube Edho Zell kegiatan sehari-hari seputar keluarganya, dia, istrinya dan anaknya, tentunya karena sudah dapat penghasilan dari sini, dia sudah punya pegawai khusus cameramen dan editing ya. (Ngetiknya sambil nonton videonya yang Gong Xi Fat Cai, hmmm sederhana tapi banyak penontonnya).

Dalam kesempatan waktu itu Edho Zell juga memberikan bocoran jam-jam prime time untuk upload. Jam 16.00 WIB biasanya akan banyak anak remaja yang menonton. Sementara jam 19.00 WIB akan di dominasi oleh orang dewasa yang menonton, tentukan segmennya ya. 

Edho Zell juga bocorin gimana cara youtube kita bisa trending page, ternyata cukup sulit guys. Video kita harus bisa ditonton sebanyak 2000 viewer dalam 1 jam pertama selepas di upload, luar biasa kan? Kalau sudah 40.000 orang yang menonton baru bisa masuk trending page

Salah satu cara untuk menjadi trending page dengan cara konsisten dan mempromosikannya ke sosial media yang kita miliki. Cantumkan sosial media kita juga di youtube channel kita.

Bagaimana cara memulai membuat akun youtube?

1. Tentukan dulu mau tema apa? spesifik channel youtubenya akan membahas masalah apa, atau fokus dengan tema apa, misalnya review makanan atau keluarga.

2. Mulai dengan alat sederhana saja dulu, dengan menggunakan kamera ponsel dan editing mandiri yang free. Kalau sudah 10000 subscriber baru deh d iseriusin, kameramen sendiri, editing sendiri, karena youtubenya sudah bisa menghasilkan dan bisa menggaji pegawai.

3. Mulai dari sekarang, jangan di tunda-tunda.

4. Text di bagian deskripsi, harus berisi hal-hal yang dicari banyak orang . Untuk judul 2-3 kata pertamanya di balik. Nama atau kejadian yang tenar dulu di netizen baru kata kerja.

5. Tujuan dibuatnya channel harus jelas. Misalnya channel yang mengenalkan keindahan alam Indonesia atau edukasi, sehingga orang yang menonton video youtube kita akan berterimakasih dan share video kita ke teman dan saudara-saudaranya, viral deh.

Kembali ke Edho Zell. Karena sudah termasuk trending page dan banyak mendapatkan penghasilan dari youtubenya, maka Edho Zell memiliki 5 orang pegawai dengan 2 orang freelancer, 2 orang editor dan 1 orang produser, sehingga Edho Zell dan keluarga tinggal shoot saja. Edho meng-upload sembilan video perminggu, dengan rincian 2 video di channel utama dan 7 video di channel sekunder.

Algoritma Youtube

1. Akan di share oleh youtube bakalan lewat di time line orang-orang jika sudah 40.000 view.

2. Durasi youtube ditonton 3-5 menit baru diperhitungkan oleh Youtube, jika kurang dari 3-5 menit tidak terdeteksi.

3. Sebaiknya di 15-30 detik pertama menceritakan apa isi keseluruhan video. kasih tahu dulu apa yang akan dibahas baru perkenalkan diri dan jangan lupa ajak penonton untuk subscribe. Pada waktu 15-30 detik ini dilarang men-shoot hal-hal yang tidak penting ya, karena pada detik ini penonton akan stay menonton atau left.

Harus bisa membedakan antara vlog dan webseries ya. Vlog ini adalah milik pribadi yang membahas sesuatu dari sudut pandang pemilik akun jadi harus memiliki karakter yang kuat sehingga orang akan kembali menonton lagi dan lagi. Sementara webseries biasanya promosi produk yang dibuat seperti mini series yang bertitik berat pada produk yang akan dijual.

Sekilas ilmu yang bemanfaat dari Edho Zell ini semoga bisa membuat para youtuber pemula lebih semangat dan menjadi viral channel youtubenya juga menginspirasi banyak orang ya.





 

Komentar

  1. Halo Mom Anisah, pas banget nih, postingan saya yang terbaru nyenggol content creator microblog di Instagram. Kayanya ini sudah jadi hobi baru yang bisa diseriusin ya sama emak-emak juga kaya kita? Saya masih belajar Mom, senang bisa kenalan dengan Mom Anisah bisa berdiskusi nih soal ide bikin microblog. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke blog saya. Saya juga sedang belajar untuk menjadi konten kreator yang baik,

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Insyaallah saya akan berkunjung balik. Silahkan berkomentar dengan sopan, dan berbagi tips untuk sesama pembaca.