Jadi Keluarga Jempolan di Tengah Pandemi Bersama Blogger Crony

 21 Maret 2021/ 08.25

Acara Seru Blogger Daynya Blogger Crony Community 6 Maret 2021


Happy Anniversay
yang ke- 6 Blogger Crony Community. Tanggal 6 Maret kemarin Blogger Cronny merayakan hari jadi komunitas Blogger yang ke-6. Blogger Crony memang selalu memiliki ide brilian dalam membangun semangat positif para member dan orang-orang di sekitar yang mungkin hanya selintas mampir di akun instagram komunitas ini.

Bergabung dengan Blogger Crony sejak dua tahun yang lalu, aura positifnya dapet banget, gak ada acara sensi-sensian, kita bahas supaya semua sama-sama merasa tidak dirugikan. Ownernya dua Raji selalu membawa kebahagiaan kepada para member, gak cuma hadiah-hadiah dan acara-acara besar dan serius kadang acara receh kaya nge-zoom kuis tuh selalu bisa rame. Jujur sebagai member yang baru saja bergabung tuh rasanya seneng banget mengenal mereka, suami istri yang kompak membangun komuitas blogger sehingga dapat meng-influence banyak orang untuk berlaku positif. 

Mereka awalnya bekerja di salah satu media ternama di indonesia, berbekal dari pengalaman menulis dan rekanannya, mereka membuat komunitas ini. Setiap merayakan ulang tahunnya di tanggal 6 Maret biasanya Blogger Cronny akan membuat acara yang di sebut Blogger Day, acara ini awalnya offline pertemuan para blogger seluruh Indonesia di sebuah kota. Tapi dikarenakan pandemi maka acara offlinenya dibatalkan. Blogger Day dilakukan secara online. Selama bergabung saya baru dua kali mengikuti acara Blogger Day, acaranya berkembang terus dari seru makin jadi seru dan terus seru, hehe.

Tahun kemarin, hanya share saja di instagram untuk meramaikan acara blogger day. Tahun ini acaranya semakin seru. Ada zoom selama 7 jam dari jam 10-17 yang melibatkan banyak narasumber dan sponsor. Sponsor yang membuat acara ini berlangsung pun berasal dari member blogger crony yang tergabung dalam blogger preneur.

Sebelum saya menceritakan keseruan blogger Day 6 Maret, mau kasih tahu nih, program-program seru yang ada di Blogger Cony. Ada 4 program jempolan di Blogger Cronny:

1. Blogger HangOut

Ajang kopi darat santai berbobot ala Blogger Crony, jadi kegiatannya iasanya kumpul di suatu tempat atas biaya pribadi atau swadaya membahas seputar blogging. Tujuannya untuk menngkatkan, mengembangkan, meg-upgrade kemampuan blogging, menulis juga sharing tentang dunia blogger. Melalui program ini BCC Squad (sebutan untuk para member blogger crony) belajar bersama, saling berbagi pengetahuan agar blogger makin naik kelas dan memiliki karakter khas pembeda dalam tulisan-tulisannya. Program ini akan melibatkan orang ketiga  atau narasumber dari luar member komunitas,seperti ahli bahasa, profesional dan praktisi yang berhubungan dalam tulis menulis.

2. Blogger Care

Program ini dilakukan oleh komunitas blogger cronny untuk membantu member komunitas yang sedang mengalami kesulitan atau orang-orang yang mengalami bencana alam di seluruh Indonesia. Donasi didapatkan dari para member yang akan dibelikan keperluan oleh Blogger crony kepada yang membutuhkan.

3. BloggerPreneur

Komunitas blogger crony mendorong membernya untuk berdikari dalam membangun usahanya. Memberika pelatihan dan kesempatan untuk mempromosikan barang dagangannya. Blogger crony juga mengajak blogger preneur untuk menjadi sponsor dalam acara blogger day dan timbalan baliknya mempromosikan akun sosmednya.

4. Blogger View

Program ini adalah program kerjasama dengan orang ketiga yang mengadakan acara. Komunitas Blogger Crony diikutsertakan untuk mensosialisasikan program dari pemerintah atau dari perussahaan swasta.

Banyak dan seru-seru kan kegiatan programnya, di komunitas Blogger Crony dijamin jadi akan lebih pintar dan kreatif serta mencintai dunia literasi.

Kembali ke acara blogger day. Tanggal 6 Maret di ulang tahunnya komunitas blogger cronny ini mengadakan acara virtual zoom selama 7 jam dari jam 10-17, itupun peserta nya masih berasa kurang. Aku termasuk salah satu bloggerpreneur yang memberikan sponsor. Saya usaha Fashion lagi belajar jadi produsen masker kain tiga lapis nama akun instagramnya @hennahijab_collection awalnya gak yakin, tapi mba Wawa meyakinkan kalau harus berani promosi, jadi bismillah aku ikutan jadi sponsor.

Salah satu masker kain tiga lapis produksi @hennahijab_collection

Hari itu sebenernya hari yang berbahagia nih buat adik sepupuku Ammar Ibrahim dan Nurma Larasati. Mereka melangsungkan pernikahan sederhananya di rumah mempelai wanita, jadi dari pagi hari aku sudah berada di Bekasi untuk menghadiri pernikahannya. Orangtua dan saudaraku sudah heboh nih aku bawa laptop dan tas gede waktu acara, hehe, gak ingin melewatkan acara blogger day dari awal sampai akhir kan. Jadi sambil dengerin adik sepupuku ijab qabul, kau mojok deket kipas angin nonton acara blogger day dari awal.

Tema yang diusung oleh blogger crony dalam acara blogger day adalah keluarga jempolan, karena acara yang ditampilkan selama 7 jam diharapkan bisa merekatkan keluarga bukan jadi malah diomelin sama suaminya atau jadi gak perhatian sama anak-anakanya karena acaranya lama banget, hehe. Kreatif sih 7 jam itu masih di rasa sebentar buat para peserta.

Awal acara dibuka oleh kak Sato, Kak Wawa dan Kak Gita yang menceritakan tentang bloggercrony dan rasa terimakasih atas terselenggaranya acara Blogger day di anniversay yang ke 6. Kemudian acara dilanjutkan dengan virtual Trip, ke berbagai negara seperti New York, kebun binatang dan perhelatan di beberapa negara di bebebrapa benua, para peserta dapat menontonacara virtual trip ini bersama anak dan suaminya, atau bahakan nenek dan kakek, karena sudah benar-benar seperti jalan-jalan dan ada disana, kak @idfipancani membawakan acaranya dengan sangat menarik, diselingi kuis bertabur hadiah.

Menurutku peletakan susunan acaranya juga bagus nih, karena meletakkan hal yang paling ditungu oleh ibu-ibu diakhir acara. Tentang pembelajaran jarak jauh yang membuat senewen para ibu, apalagi para ibu yang merangkap sebagai guru di sekolah. 

Virtual Trip bersama kak @idfipancani

Setelah acara virtual trip yang menyenangkan, peserta diperbolehkan istirahat dari jam 12-13. Jam 13 peserta di harapkan masuk kembali ke link zoom untuk mendengarkan nara sumber kece untuk berbagi hal yang sangat spektakuler dan dibutuhkan oleh para konten kreator seperti para blogger.

Ada @kangmaman1965 yang menceritakan seluk beluk di dunia media dan bagaimana cara cuitannya di twitter menjadi trending dan di retweet banyak orang. Menurut beliau sebagai pejuang literasi kita harus punya pendirian tidak hanya mengikuti saja, kalau menurut kita hal itu baik lakukan tapi kalau menurut kita buruk jangan. Jangan melakukan kebaikan hanya karena uang. Misalnya ada suatu brand yang akan mengajak kerjasama kita, tapi kita sebenrnya tahu brand ini tuh gak baik ingredientnya atau efeknya alau banyak yang beli bisa bikin bodo masyarakat, ya udah gak usah di terima. Jangan cuma karena bayarannya gede langsung di terima. Jangan sampai keluar dari faedah literasi dan keluar dari harga diri dan tidak mengikuti hati nurani, karena jika itu semua dilanggar kita bisa saja disebut sebai blogger bayaran atau buzzer bayaran.

Ada juga @shafiqpontoh yang menceritakan 5-10 tahun ke depan konten kreator seperti apa yang akan bertahan. Jadi menurut kak Shafiq dalam membuat konten akan lebih bertahan jka konten tersebut spesifik, kalau isinya gado-gado orang akan malas melihatnya, tapi kalau isinya serupa maka akan mudah dicari oleh orang yang penasaran dengan hal yang sama. Selain itu algoritma youtube juga akan membaca dengan mudah dan akan naik di time line orang yang serupa atau yang meiliki konten serupa dengan kita. Sehingga viewer kita akan lebih banyak dan bertahan nih. Mulai dari sekarang buatlah konten lebih spesifik dan yang banyak orang cari.

Narasumber terakhir nih yang bikin para peserta merasa kurang nih, ada kak ifa_h.misbach , beliau meceritakan tentang bagaimana menyikapi pembeajaran Jarak Jauh. Selama ini pasti banyak orangtua yang pusing, padahal sebenarnya gak cuma orangtua saja yang pusing, guru yang sekaligus menjadi orangtua juga merasa lebih pusing karena harus bisa memberikan materi pada muridnya dan membantu anaknya belajar dari rumah juga, kebayang kan pusingnya seperti apa?

Bagian terseru saat Blogger Day.

Mba Ifa memberitahukan para peserta blogger, bahwa sebelum membantu anak melakukan pembelajaran Jarak jauh, kita harus tahu dulu kelebihan anak dimana, apakah audio, visual atau kinestetik, sehingga bisa membantu anak memahami materi dengan cara yang sesuai dengan anaknya, sehingga dipastikan orangtua tidak mengalami stres. Kebayang kan kalau orangtua atau guru melakukan pembelajaranpada anaknya gak ada yang kasih like, belum kalau suaminya juga dominan minta dilayani karena sedang WFH, kebayang yah rudetnya. Sepertinya ini dulu nih yang harus di tepa salira kan, selanjutnya bagaiana kita mengajarkan anak sesuai dengan kemampuannya apakah visual, kinestetik atau audio. Dengan begitu para orangtua akan menikmati pembelajaran Jarak Jauh maupun anaknya. 

Obrolan terakhir dari mba Ifa membuat para ibu2 ber "ooo" ria karean seperti dapat jawaban atas apa yang menjadi biq question dalam hidup mereka selama ini.

Kalau ada blogger day lagi aku mau ikutan ah tahun depan. Kepoin websitenya www.bloggercrony.com atau instagramnya @bloggercrony


Komentar