Kemiripan Wajah yang Membawa Keberuntungan

 20/11-2020 05.31

Weleh, jedanya jauh nih dari nulis terakhir, maafkan yah, mood nulisnya masih naik turun belum konsisten, payah deh yah. "Doain dan komen yang banyak gitu biar semangat nulis, jangan lupa follow ya". Familiar gak sama kalimatku barusan, yang aku kasih tanda kutip? Hehe, iyes para Vlogger, Selebgram, kayanya kata-kata tersebut itu udah di luar kepala ya.

Jaman dulu, waktu media sosial belum ada yang paling berjaya yah selebriti yang wara wiri di televisi, sekarang ada sebutan lain seperti Selebgram, Vlogger, Blogger dan banyak yang lainnya. 

Eh, tapi yang agak mirip selebriti sama selebgram nih. Apa yah bedanya? Selebriti menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah orang masyhur yang terkenal biasanya dikaitkan dengan artis (seniman atau seniwati seperti pemain film, penyanyi, pelukis, dll). Bedanya kalau selebgram nih sebutan untuk selebriti di instagram (sosial media yang paling tren dan penggunanya paling banyak dibandingkan media sosial lainnya.)

Ups, ralat, berdasarkan data ternyata media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia adalah Youtube, cek linknya di sini . Sebutannya untuk pengisi konten youtube adalah konten Kreator atau Vlogger. Berbeda dengan Instagram platform sosial media Youtube banyak berisi tentang tutorial dan menceritakan sebuah tempat wisata, atau review barang elektronik dan Make-up, atau hanya menceritakan tentang keseharian, atau rekomendasi restoran dan hotel yang bagus-bagus atau tips-tips cara berolahraga dan banyak ragamnya. Mungkin karena keragaman dan durasinya yang cukup panjang untuk upload video, platform ini digemari oleh orang Indonesia dan bisa menggantikan program acara televisi, karena bisa menonton menggunakan ponsel yang mudah dibawa kemana-mana, kita bisa memilih apa yang mau ditonton atau tidak. Bisa menyimpan tayangan yang di sukai dan kembali menontonnya saat ingin menonton. Beda dengan tayangan di televisis yang tidak ada siaran ulangnya. Bahkan sekarang siaran televisis pun juga ikutan membuat channel Youtube, seakan membuat album tayangan -tayanagn yang pernah di siarlan sebelumnya. Serunya lagi lewat Youtube bisa mendapatkan banyak penghasilan jika viewer atau yang melihat dan yang subscribe channelnya banyak. Subscribe yah channel WijayastutiVlogChannel

Kalau selebgram adalah sebutan untuk selebriti di aplikasi instagram. Beda sosial media youtube dan intagram adalah, biasanya orang menggunakan instagram untuk pemuasan mata, awalnya hanya bisa beberapa foto, tapi lama kelamaan berkembang ada instagram stories dan bisa video durasi 50 detik dan sekarang ada ig tv yang bisa memuat video maksimal 1 jam. Lebih banyak ragam di instagram dan relatif mudah dalam menggunakannya.

Wah, jadi ngomongin media sosial ya. Eh tapi sesuai judul yang mau dibahas nih. Kemiripan Wajah bawa keberuntungan. Darimana tahunya pada mirip yah dari mana lagi kalau bukan dari media sosial nih, akhirnya kemiripan wajah mereka membawa keberuntungan.

Beberapa waktu lalu saat masih langsing, hiya. Aku pernah loh ditarik tasnya sama ibu-ibu diajakin foto karena katanya wajahku mirip Sulis, penyanyi Ummi, gak cuma sekali tapi sampe tiga kali, nanti ku kasih foto aku dibandingin sama Sulis ya.

Belakangan ini juga lagi marak wajah netizen yang mirip dengan artis atau selebgram. Sebut saja Raffi Ahmad dan Dimass yang sudah seperti adik kakak, tapi gak sedarah. Atau viralnya foto penjaga warung yang mirip dengan Anya Geraldine. Bahkan di luar negeri pun ada yang mirip dengan pemain Harry Potter Emma Watson. Penasaran deh, karena pernah denger gak, kalau di muka bumi ini tuh ada 7 orang yang wajahnya mirip sama kita. Browsing deh cari-cari di internet, aku tuh orangnya logis, kalo gak ada dasar ilmunya ya gak akan percaya.

Kemiripan dengan artis atau selebgram ini, memberikan banyak keberuntungan nih seperti Dimas yang  mirip dengan Raffi Ahmad aslinya jualan bakso ikan sekarang jadi laris dagangannya. Intan yang mirip Anya Geraldine penjaga warung kelontong, sekarang dagangannya jadi laris dan banyak anak muda yang datang untuk beli atau sekadar foto. Atau Elli Parton yang mirip dengan Emma Watson, menjadi sasaran peggemarnya dan dimintai tanda tangan saat berkjalan sendirian, dia pun menggunakan kesempatan ini untuk lomba cosplay gaya Emma Watson. 

Voila ketemu nih sebutan untuk kemiripan orang yang gak ada hubungan darah seperti kemiripan artis, selebgram dengan netijen. Sebutannya Doppelganger atau orang yang mirip tapi tidak memiliki hubungan darah. Terserah yah, mau percaya dengan statement ada 7 orang yang memiliki wajah sama dengan kita atau gak. Kalau dari artikel yang aku baca dari BBC News. sebenarnya tidak ada manusia yang benar-benar mirip, walaupun mereka saudara kembar sekalipun. Allah itu hebat sekali dalam menciptakan manusia. Coba cek sidik jari anak kembar pasti berbeda. Itulah kenapa kepolisian harus bernafas lega, karena gak akan salah tangkap sebab semirip-miripnya orang, pasti sidik jarinya berbeda, anak kembar sekalipun.

Bagaimana penjelasan untuk Doppelganger? Mata manusia memiliki keterbatasan dalam mengidentifikasikan kemiripan. Mata merekam hal yang familiar sering dilihat berulang kali, jadi saat melihat orang dengan wajah mirip atau gesture yang mirip, maka diputuskan bahwa itu kembarannya. Jika disandingkan, maka akan terlihat perbedaan jarak mata, bentuk hidung, bentuk mulut hanya salah satunya saja yang sama. Jadi ada kemungkinan kamu mirip dengan orang lain karena pandangan mata saja, bukan secara keseluruhan, karena di muka bumi ii tidak ada manusai yang benar-benar sama atau serupa.

Jadi sih, mungkin saja ada 7 orang lainnya yang mirip dengan kita, bisa matanya saja, hidungnya saja,gerak-geriknya saja, bibirnya saja, suaranya saja, telinganya saja, bentuk wajahnya saja. Fix jadi kesamaan itu pasti ada tapi hanya salah satunya, karena Allah tidak menciptakan manusia sama dan serupa, jalan pikiran dan hati adik sama kakak anak kembar aja gak sama, iya kan?

Nah, kalau kamu ketemu sama kembaran kamu beda ayah, beda ibu, apa yang mau kamu lakukan dengannya?

Komentar