Review Film "Protege"

 23 September 2020/ 17.17




Assalammualaikum guys, pas banget nih kayaknya sore-sore gini ngeblog, ngerelease hati yang sakit abis diomelin mertua gegara mesin air, kesel banget sih, karena emang judulnya aku kelupaan matiin air, tapi menurutku gak seharusnya sampai teriak histeris marah-marah kaya gitu, suer bete banget. Kan bisa yah ngomong pelan-pelan, atau tinggal dimatiin aja kan ada bertiga di rumah, ya siapa yang sempat aja, iya kan? Lagian doi gak ikutan bayar listrik juga kali. Pengen banget bales nyautin , tapi karena aku orangnya males ribut, jadi aja aku cuma bisa elus dada, pantesan kadang anaknya juga suka kaya gitu, huhu. HIks, beri kesabaran hamba ya Allah. 

Ada yang tinggal sama mertua ngerasain kaya gitu juga? Udah banyak kesepakatan sama suami soalan gak usah teriak-teriak kalo ngomong, terus mertua kaya gitu tuh rasanya kesel banget kan ya. Hmmmm, mau gimana lagi yahkudu dijalanin, walaupun sekarang aku masih kesel banget dan gak pengen lihat muka mertua ku sama sekali, nyebelin, kayaknya auranya negatif banget gitu. Keinget banget dia bilang, kalo aku bisa gak matiin air , mama juga boleh dong, lah, kok gak make sense yah, ucapannya. Maunya sih dibahas untuk gak kaya gitu, tapi pasti semuanya dianggap angin lalu, semoga gak bertumpuk2 dan akhirnya meledak ya.

Hmmm, baiklah saudara-saudara, mau review film kok malah ngedumel yak.

Dua hari yang lalu, sebelum tidur aku nonton film di Viu  nih, jangan dicontoh ya, harusnya kan kalau mau tidur itu berwudhu, baca do'a, dan baca ayat kursi sama 3 surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, sama Surat Al-Fatihah. Hehe, biar ada tausiyahnya dikit lah yaw.

Filmnya judulnya Protege, awalnya gak ngeh sih artinya apa, barusan aja nih dikasih tahu mbah google kalau ini bahasa Spanyol yang artinya Perlindungan. Jangan harap pemainnya orang bule, kan kalau film-film di Viu, biasanya isinya orang Asia. Nah, berhubung pemerannya ganteng dan awalnya udah bikin aku penasaran, jadilah lanjutin nonton filmnya.

Adegan awal diawali dengan seorang wanita yang kecanduan narkotika. Dia sedang menyuntikan heroin ke tangannya. Sebenernya gak terlalu ngeh sih sama macam-macam narkotika, cuma tahu aja ada yang namanya ganja, sabu, opium, ekstasi dll. Cuma seberapa parahnya aku gak terlalu paham nih.

Film yang dibintangi oleh Andy Lau ini sebenarnya bukan menceritakan tentang wanita yang kecanduan narkoba seperti di adegan awal. Film ini menceritakan tentang  bagaimana Nick seorang polisi yang menyamar menjadi seorang pengedar yang bekerjasama dengan polisi dalam membongkar jaringan Narkoba selama 7 tahun. Nick bekerja pada Quinn (Andy Lau) di bagian Transportasi.

Gila sih, jaringan ini rapih banget, karena kalau sampai ada ketahuan penyusup maka siap-siap menerima ajal deh, bakalan langsung di tempak di tempat. Untungnya Nick jago banget ambil hati si Quinn.

Nick tinggal di apartemen kumuh, setting cerita ini menceritakan masyarakat Hongkong, karena bahasa yang dipakai bahasa Mandarin. Diseberang jendela apartemennya tinggalalh seorang wanita dan anaknya bernama Fang2. Wanita ini sudah berusaha mencari kerja kemanapun, tapi belum mendapatkannya. Setiap hari dia pergi ke pasar  untuk mendapatkan belas kasihan dari orang-orang. Banyak lelaki yang meremehkannya dengan mengajaknya tidur, karena memang Fang2 ini cantik. FAng2 selalu menolak, ternyata sebelumnya suami fang2 selalu manawarkan istrinya untuk tidur bersamanya, ya Ampun tega banget yah suamiku.

Kalau lihat film kaya gini jadi banyak-banyak bersyukur karena suamiku gak gini-gini amat, kalau marah yang ngeselin iya sih, tapi kalau sampe ngejual istrinya sih, naudubillahimindzalik, ini sih namanya sudah dzolim.

Awalnya Nick tidak mengetahui kalau Fang2 pecandu heroin. Nick menolong Fang2 dan anaknya, memberi makan dan memintanya berbelanja untuk mengisi kebutuhan rumah Nick. Malam itu Fang2 menawarkan memasakkan makanan untuk Nick. Nick bersedia, dan karena Fang2 ini terbiasa melacur, juga mulau sakaw. Fang2 melakukan aksinya, dia menggooda Nick dan meniupkan asap rokok yang berisi narkoba.

KArena Nick adalah seorang pengedar, dia tahu nih baunya. Sejak saat itu Nick bertekad untuk berhenti menolong Fang2. Fang2 memaksa, karena dia ingin sekali bisa berhenti dari kecanduannya. Dia bilang suaminya yang memaksa dia untuk menggunakan narkoba, dan dia ingin memberitahukan pada suaminya kalau dia dapat berhenti dari kecanduan. Fang2 meminta Nick untuk mengikatnya diatas kasur, supaya dia tidak menyuntikkan heroin, berhasil, akan tetapi Nick sudah bertekad untuk berhenti menolong Fang2.

Quinn sudah mulai sakit-sakitan. Ginjalnya harus ditransplantasi, tapi dia mau melakukannya di Amerika untuk operasi bersama dengan kelahiran anak ketiganya. Quinn berpenampilan sederhana, tapi dalam sebulan bisa menghasilkan uang sebanyak  300 juta dolar, waw. Koneksi Quinn hampir ada di seluruh belahan dunia. Quinn memiliki koneksi kebuun opium dan dapur narkoba sendiri. 

Quinn berencana mempercayakan semua usahanya pada Nick. Quinn mau pensiun dini. NIck hampir berhasil nih, perjuangan selama 7 tahun menyusup di jaringan narkoba kelihatannya mulai membuahkan hasil. tapi kenyataan berkata lain. Komandan pihak Bea cukai menginginkan posisi yang lebih tinggi untuk dipromosikan. Dia sangat bernafsu menangkap jaringan narkotika ini.

Nick sudah mengaku kalau dia adalah polisi pada pihak bea cukai, tapi tidak ada yang percaya. Nick di pukuli sampai babak belur dan dipaksa masuk ke dalam dapur pembuatan narkotika. Nick berusaha memberi tanda pada tim kepolisian narkotika yang juga mengincar, tapi pihak bea cukai bergerak lebih cepat. 

Terekam kamera saat Nick bergelantungan di gedung apartemen tepat dapur pembuatan narkotika.Salah seorang meninggal, dan dengan bantuan rekayasa polisi narkotika, berita yang tersebar, orang yang meninggal tersebut adalah mata-mata polisi. Quin tidak peraya begitu saja, tapi saat melihat banyak memar di badan Nick, Quinn mulai percaya.

Quinn dan keluarganya berlibur ke Thailand dan mengajak Nick serta. Adik ipar Quinn sangat menyukai Nick, Quinn meminta Nick untuk menerima adik iparnya, tapi Nick menolak karena gak tahu harus bilang kerja sebagai apa jika adik ipar Quinn menanyakannya. 

Mereka bersenang-senang di Thailand. Adik ipar Quinn tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini, dia berusaha mendekati Nick. Akhirnya malam itu Nick jatuh juga dipelukan si adik ipar. Keesokan paginya Quinn meminta Nick untuk mengikutinya, matanya di tutup. Diajaknya naik gajah, dan perjalanan mereka dikawal orang-orang seperti tentara. 

Sampai di suatu tenda, Quinn mengacungkan senjata ke arah Nick. Iya benar-benar ingin memastikan kalau Nick bukan penyusup. Untungnya apa yang dikatakan Nick sesuai dengan orang yang di telpon Quinn. Nick sudah sport jantung. 

Quinn akhirnya percaya pada Nick. Diberitahunya semua ladang miliknya, dan jaringan narkotikanya. Semua informasi di dapatkan oleh Nick. Hingga saat kembali dari Thailand, semuanya berubah.

Apa yang terjadi pada teman se-apartemen Nick yang kecanduan? Apakah Quinn akan tertangkap dan menjalani hukuman 30 tahun? Bagaimana kisah cinta Nick? Tonton sendiri aja ya, hehe. Ada di Viu atau tayangan Youtube.




Komentar