Tetap Sehat Walaupun Di Rumah Aja

29 Juni 2020 13.38 WIB

Gak terasa kita di rumah aja sudah hampir 3 bulan. Biasanya pergi-pergian untuk event atau silaturahmi ke rumah saudara/ teman atau sekedar hangout di pusat perbelanjaan, sekarang kehidupan kita berkutat di rumah. Kalau perlu sekali baru pergi ke supermarket untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Itupun pergi ke Supermarketnya dengan perasaan sedikit was-was dan melakukan protokol kesehatan yang diberlakukan. Kepala kita di  cek suhu bahkan juga harus melakukan barcode setiap mau masuk supermarket, mall, bahkan tempat ibadah, dicek suhu jika melebihi 37,5 derajat celcius maka dilarang masuk.
Cek suhu setiap masuk ke tempat fasilitas umum, seperti mall, tempat ibadah, dan layanan seperti bank,dll.

Pengunjung yang datang menggunakan barcode, guna memudahkan pelacakan jika ada yang terjangkit Covid-19

Sekarang kita sedang ada di era new normal, era dimana kita transisi dari era pandemi ke era normal. Covid-19 nya belum benar-benar pergi. Masih berkeliaran, tapi karena roda perekonomian juga harus berputar, maka sebagian orang sudah kembali beraktivitas seperti biasa, tapi dengan menggunakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer, membersihkan tangan meminimalisir dari penyebaran virus, atau bahkan membawa sabun cuci tangan, agar tangan lebih bersih. Selain itu juga sebaiknya menggunakan sarung tangan, karena virus ini bisa bertahan cukup lama di benda-benda sekitaran kita yang sudah terkena covid-19. Gak mau kan pulang ke rumah bawa-bawa virus.

Sekarang pun, dihimbau untuk masyarakat tidak pergi ke rumah sakit, jika hanya berobat penyakit-penyakit ringan yang bisa disembuhkan menggunakan obat warung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kenaikan angka penderita covid-19. Kebayangkan kalau kalian sakit diare, kekebalan tubuh sedang menurun, kemudian ke rumah sakit, yang disana banyak orang OTG (Orang Tanpa Gejala), apa yang akan terjadi? bisa -bisa kita ikutan ketularan.

Untungnya sekarang semuanya serba canggih nih, dengan telunjuk semua terselesaikan. Kemarin pas lagi ngobrol sama temenku via WA, dia kasih tahu aku aplikasi yang bisa bantu kita tetap sehat walaupun di rumah aja. Nama aplikasinya Aido Health. Penasaran dong, aku coba search webnya, ternyata ini adalah aplikasi Layanan Kesehatan yang bisa di datangkan ke rumah kita, dan 24 jam. Untuk bisa menggunakan aplikasinya, dapat di download di Play Store atau Google Play dan App Store.


Bisa dihubungi  24 jam rumah sakit yang online (aido health).

Aplikasi ini memiliki fitur baru seperti konsultasi rawat jalan dan pengantaran obat. Ini masalah yang biasanya dihadapi nih. Orangtua kita yang biasanya memiliki penyakit degeneratif biasanya akan mengalami kesulitan saat rawat jalan. Jika masih bisa beraktivitas seperti biasa ini menjadi lebih mudah, hanya saja berat di ongkos. Belum lagi saat menunggu obat di farmasi lumayan memakan waktu cukup lama, karena biasanya dalam satu rumah sakit hanya ada satu farmasi.

Keadaan seperti ini bisa membuat orangtua jadi lebih sensitif dan lumayan memakan biaya perjalanan dan penghabisan waktu nih. Tapi  Aplikasi Aido Health memiliki fitur baru yang sangat membantu bagi orangtua ataupun pasien yang akan melakukan rawat jalan atau pengambilan obat bisa menggunakan aplikasi ini, sehingga memangkas biaya dan pasien pun tidak kelelahan harus menunggu obat dalam waktu lama. Selain itu pengantar pasien juga dapat beraktivitas seperti biasa, karena aplikasi ini bisa diakses secara online selama 24 jam. 

Lebih Sehat dan Lebih Nyaman dengan aplikasi Aido Health, Orangtua, pasien, pengantar pasien menjadi lebih nyaman dengan aplikasi ini. Rumah Sakit yang bekerja sama adalah Siloam dan Bethsaida Hospital. Beberapa rumah sakit lain yang ada naungan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) yang memiliki layanan online juga bisa dihubungi.

Aku mencoba untuk download aplikasi Aido Health.  Ada bukti bahwa aplikasi ini memiliki  Official Partner Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia. Di Slide pertama akan ada Gambar Ibu, Ayah dan anak yang menjelaskan bahwa aplikasi ini dapat menggunakan layanan dokter, perawat dan fisioterapis ke rumahmu. Slide ke-2 ada keterangan bahwa aplikasi ini memberlakukan gratis ongkir untuk pesan antar obat se Jabodetabek. Slide ke -3 menjelasakan bahwa dalam aplikasi ini kita bisa melakukan konsultasi dengan dokter handal yang berada di rumah sakit Siloam, Bethesda atau rumah sakit lain yang memiliki layanan online.
Tampilan depan aplikasi Aido Health

Slide 1 Aplikasi Aido Health

Slide 2 Aplikasi Aido Health

Slide 3 Aplikasi Aido Health

Untuk melakukan kegiatan seperti dijelaskan di slide 1-3. Langkah selanjutnya setelah men-download adalah membuat akun. , Kita akan diminta untuk memasukkan nomer ponsel yang biasa kita gunakan, kemudian Aplikasi Aido Health akan memberikan nomer verifikasi yang hanya dapat dimiliki dan diketahui oleh kita saja, rahasia. Setelah itu, masukkan nama, Email, tanggal lahir, Jenis Kelamin dan kode referral jika ada. Untuk aplikasi ini, usia minimal untuk mendaftar adalah 13 tahun. Beda ya dengan di sosial media, pesertanya harus minimal 18 tahun. Setelah masuk ke dalam aplikasi kamu akan disapa oleh dua orang dokter dalam bentuk kartun.
Daftarkan nomer telpon anda di Aido Health

Masukkan Kode Verifikasi yang disampaikan melalui message dari aplikasi Aido Health

Isi data diri, untuk membuat akun di aplikasi Aido Health

Voila, kamu akan disambut oleh dokter wanita dan laki-laki dalam bentuk kartun.
Ada beragam paket perawatan yang bisa kamu gunakan seperti Covid-19. Jika kamu mengklik maka akan ada beberapa pertanyaan dan kemudian aplikasi Aido Health akan memberitahukan harga perpax rapid test untuk keluarga anda. Begitu pula untuk Wound Care, Fisioterapi, Vaksinasi dan Paliatif Onkologi. Setelah menjawab beberapa pertanyaan maka aplikasi ini akan memberitahukan kisaran biaya untuk mendapatkan hal yang dibutuhkan oleh pasien.

Ada assessment untuk Covid-19, Wound Care dan fisioterapi. Assessment dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh Pasien di aplikasi  Aido Health.

Ada Vaksinasi dan palatif onkologi juga di aplikasi Aido Health

Selain beberapa fitur baru yang dimiliki oleh aplikasi Aido Health ada beberapa artikel kesehatan yang dapat dijadikan referensi untuk kita hidup sehat walaupun di rumah saja.

Kemudian aku mencoba untuk membuka fitur rawat jalan online disana terdapat pilihan dua rumah sakit Siloam dan Bethsaida, jika rumah sakit tempat kontrol atau rawat jalanmu memiliki layanan online bisa di cari di search engine nya. Saya coba untuk klik Siloam. Setelah itu ada pilihan jenis spesialis dari spesialis paru, penyakit dalam, saraf, jantung, mata, THT, anak, dan lainnya. Ada pilihan RS. Siloam terdekat. Saya coba klik spesialis dokter mata, karena suami kan pakai kacamata, mau cek apakah harus sudah ganti kacamata atau belum. Ada beberapa pilihan dokter disana, Saya pilih yang paling atas dr. Dion Oscar Iskandar, SpM , biasanya kalau paling atas kalau di google kan paling bagus yah, hehe. Selain itu dokternya laki-laki, jadi paksu lebih nyaman. Di halaman itu dijelaskan tentang dokternya lulusan dari universitas apa, praktek di RS. Siloam mana dan pastinya langsung ada biayanya. 

Saya mencoba masuk ke Rawat Jalan Online di Aplikasi Aido Health

Ada pilihan rumah sakit terdekat dan spesialis yang dibutuhkan untuk berkonsultasi online di aplikasi Aido Health.



Saya memilih dr. Dion SpM, untuk berkonsultasi di aplikasi Aido Health

Langsung tertera biaya konsultasi dan supaya pasien yakin, ada keterangan mengenai dokter spesialinya di aplikasi Aido Health.

Cara Konsultasi onlinenya, dengan mengklik jadwal dokter tersebut dan menuliskan keluhan kita, kemudian dokter akan menjawab 1x 24 jam, setelah itu pasien dapat membayar menggunakan voucher atau asuransi swasta, atau pembayaran melalui transfer bisa juga melalui aplikasi OVO.
Kamu bisa pilih jadwal praktek beliau di aplikasi AIDO Health.

Isi kolom keluhan dengan semua pertanyaan yang ingin disampaikan, melalu aplikasi Aido Health


Pembayaran dapat menggunakan asuransi Lippo atau voucher dan aplikasi Ovo.
Perawatan di rumah, bisa dilakukan untuk permintaan dokter, perawat atau fsioterapi datang ke rumah. Caranya kurang lebih sama, silahkan pilih dua klinik yang sudah tersedia NK Health dan Klinik Medifarma atau klinik lain yang memiliki layanan online untuk perawatan di rumah, dapat di search di engine. Untuk NK Health tersedia hanya Fisioterapis, kita bisa memilih dari harga terendah sampai tertinggi. Sementara untuk Klinik Medifarma ada layanan dokter dan perawat ke rumah, juga pesan antar obat gratis ongkir se-jabodetabek.
NK Health menyediakan Fisioterapi  yang bisa datang kerumah dari aplikasi Aido Health

Dua klinik ini menyediakan perawatan ke rumah. Untuk NK Health hanya fiioterapi saja. Untuk Klinik & Apotek Medifarma menyediakan jasa dokter, perawat dan pengantaran pesanan obat. dari aplikasi Aido Health.

Beberapa pilihan fisioterapi yang bisa membantu datang kerumah, bisa di klasifikasi dari harga terendah sampai tertinggi atau sebaliknya.

Saya coba pilih YAnuar, teknisnya hampir sama dengan rawat jalan online, hanya saja bedanya bisa request jadwal di aplikasi Aido Health fitur perawatan ke rumah.


Untuk fitur yang klinki dan apotek medifarma, jadwal bisa disesuaikan untuk dokter dan perawat yang datang ke rumah dari aplikasi Aido Health,

Untuk layanan pemesanan obat bisa memilih profil pasien, alamat pasien dan meng-upload foto resep dan menambahkan catatan yang dibutuhkan seperti misalnya, mau tebus setengah dulu atau hal lainnya.

Untuk pemesanan obat secara online, gratis ongkir sejabodetabek melalui aplikasi Aido Health.

Keren sih aplikasi Aido Health ini, karena bisa menghubungkan antara pasien dengan dokter, perawat dan fidioterapis juga apoteker. Selain itu melalui aplikasi ini kita akan menjadi lebih mudah bertransaksi dan memangkas biaya perjalanan serta menghilangkan was-was terjangkit Covid-19 di rumah sakit tempat pasien melakukan rawat jalan.  Smart digital solution banget nih buat keadaan pandemi seperti sekarang ini. Walaupun sudah memasuki era new normal, tetapi masih transisi menuju ke arah normal, sehingga transformasi kesehatan di dunia digital sangat membantu masyarakat tetap menjaga kesehatan walaupun di rumah saja.

Sekarang di era digital kali ini treatment kesehatan sudah memasuki ranah online, kalau ada yang lebih mudah kenapa cari yang sulit dan membahayakan kesehatan? Selama transisi ini kurangi pergi ke rumah sakit, lakukan rawat jalan online dari rumah, atau perawatan luka, fisioterapi dari rumah, sekarang dokter, perawat dan fisioterapi akan membantu menjaga kesehatanmu dari rumah. Selain itu obat yang harus di tebus di apotek juga dapat diambil secara online. Dengan satu jari semua masalah beres. 

Yuk, download aplikasi Aido Health , bisa rawat jalan online, datengin dokter, perawat dan fisoterapi ke rumah, juga pemesanan obat secara online sesuai resep dokter. Mangkas biaya dan waktu banget loh.





Komentar