Mengatasi Kulit Kepala kering

7 Juni 2020 /10.02

Kulit Kepala kering dari Tribun News


Udah mulai New Normal nih. Bakalan kena panas matahari menyengat dan aktifitas full lagi nih Senin nanti. Ada yang punya masalah dengan kulit kepalanya? Dulu aku pikir ketombe itu disebabkan karena kulit kepala yang kering, ternyata gak tuh. Ada banyak perbedaan antara kulit kepala kering dan ketombean. Gara-gara iklan di televisi kita tahunya kalau ada serpihan putih turun dari rambut, yah itu namanya ketombe, tapi ternyata tidak sama saudara-saudara, anatara kulit kering dan ketombe itu beda banget.

Aku mau bahas kulit kering dulu nih. Kulit kepala yang kering, penyebabnya bermacam-macam, ada karena disebabkan sinar matahari, dehidrasi, pola makan yang tidak sehat dan kurang sayur serta buah-buahan.Kulit kepala kering ini gak boleh dibiarin aja nih, karena bisa menyebabkan banyak hal yang memperburuk keadaan, bukan saja tidak enak dilihat tapi sangat mengganggu kita dalam beraktifitas, gak mau kan garuk2 kepala terus baru awal masuk kerja atau aktifitas lainnya.

Menurut Dove kulit kepala kering ini, karena sering terpapar sinar matahari, sehingga sinar ultravioletnya merusak rambut kita sampai ke akar-akarnya. Selain itu karena kemungkinan kita jarang keramas atau mengguyur kepala kita saat mandi sehingga kulit kepala kurang terhidrasi. Perhatikan jua pola makan dan minummu. Minum 2 liter perhari dapat membantu kamu mencukupi asupan air dalam tubuh, juga kulit kepala kamu menjadi tetap lembab. Menurut artikel Alodokter kulit kepala yang kering bisa memicu timbulnya ketombe. Ketombe disebabkan karena jamur malassezia yang menyerang saat kulit kepala kering , stress dan kekebalan tubuh yang menurun. jamur malassezia ini menghasilkan bongkahan yang lebih besar daripada serpihan kulit kering.

Berikut ini adalah makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengembalikan kulit keringmu menjadi kulit yang sehat.

1. Makan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, setiap hari satu porsi.
2. Perbanyak makan ragam jamur, karena didalamnya terdapat banyak mineral yang baik untuk kulit kepala.
3.Sayuran hijau yang mengandung vitamin A dan C, selain memiliki serat yang juga baik untuk metabolisme tubuhmu.
4.Daging merah memiliki zat besi yang dapat melindungi folikel rambutmu dengan baik.

Selain dengan makanan hal-hal berikut ini dapat dilakukan untuk membuat kulit kepala yang kering kembali sehat.

1. Gunakan Minyak Zaitun
Kandungan asam lemak dalam minyak zaitun mudah diserap kulit dan batang rambut yang kering, sehingga dapat membantu rambut menjadi lebih lentur. Caranya taruh 1 sdt minyak zaitun di tangan gunakan tipis2 dikulit kepala, diambkan 20 menit sebelum keramas.

2.Gunakan Lidah buaya
Lidah buaya mengandung zat allantoin yang berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga baik dalam memperbaiki tekstur kulit. Di dalam lidah buaya juga terdapat anti oksidan, antimikroba dan anti bakteri yang baik dalam mengatasi masalah kulit kering pada kepala.
Jika memeiliki gel lidah buaya, oleskan di kulit kepala diamkan selama 15 menit setiap hari untuk melembabkan, tapi kalau meiliki tanaman lidah buaya tinggal ambil daging buahnya usapkan ke kulit rambut. Setelah 15 menit, bilas dengan air hangat.

3. Gunakan Lemon
Supaya lebih aman, gunakan lemon dengan bahan campuran lainnya, karena tidak semua orang cocok dengan keasaman lemon. Biasanya campuran lemon yang baik adalah, gel lidah buaya, madu dan putih telur. Usap di kulit kepala diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Gunakan Cuka Apel
Cuka apel dicampur dengan air mineral kemudian usapkan dikulit kepala, atau diguyurkan setelah keramas.

5.Gunakan teh hijau
Teh hijau mengandung vitamin E dan antioksidan. Seduh teh hijau setelah hangat bisa diguyurkan ke rambut setelah keramas dan menggunakan conditioner

6. Ganti Gaya Rambut dan gunakan Aksesories
Jika kamu termasuk orang yang memiliki aktifitas yang terpapar sinar matahari ganti gaya rambut, sehingga rambut dapat menutupi kulit kepala. Gunakan topi, syal atau hijab saat harus bekerja dibawah paparan sinar matahari, sehingga kulit kepala aman dari sinar UV.

7. Cuci Rambut
Untuk kulit berminyak disarankan keramas setiap hari untuk menghindari ketombe yang berasal dari jamur malassezia dan minyak yang dihasilkan kelenjar rambut. Untuk kulit kepala kering cuci rambutnya dua hari sekali. Untuk kulit kepala normal cuci rambut minimal dua kali seminggu.Disarankan untuk menggunakan Dove Volume Nourishment dengan formula Oxyfusion Technology untuk menutrisi rambut tanpa membuatnya lepek atau kering. Suntikan oksigen dari Oxyfusion Technology membuat nutrisi dalam sampo terserap sempurna, sehingga dapat langsung larut dalam helai rambut dan bervolume.

Dove Noirishment dari www.dove.com


Yuk jaga kesehatan kulit rambutmu, sebelum akhirnya datang penyakit lain di kulit kepala seperti kebotakan, psoriasis dan eksim. Buat seorang wanita, bahkan wanita berhijab pun, rambut adalah mahkota yang harus dijaga.



Komentar