Lebih Baik Sakit Gigi daripada Sakit Hati, Yakin?

9 Juni 2020/ 9.00

Siapa yang gak tahu sama lagunya Megi Z nih, semua penggemar lagu dangdut pasi suka dan tahu banget nih sama lagu ini. PAdahal sih kalau menurutku gak ada yang enak tuh, sakit gigi maupun sakit hati, hehe. Dua-duanya sama-sama menyakitkan.

Aku termasuk memiliki banyak gigi berlubang dengan beragam tambalan dan gak mau gonta ganti dokter gigi. Di tempat tinggalku ada satu dokter yang paling laris nih, drg. Antonio, beliau punya praktek sendiri, tapi yah, memang pengobatan gigi itu lebih mahal dari pengobatan penyakit ringan lainnya nih. Dokter gigi kesayanganku ini bukanya sore, jadi kalau gak daftar dari jauh-jauh hari jam 11 malam masih nunggu antrian, wagelaseh. Dokter ini pengeraannya teliti dan gak gegabah, makanya tambalanku awet nih. Sudah bertahun-tahun, cuma bolak balik dan dokunya nih yang gak kuat. Sekali dateng kita harus merogoho kocek sebesar 150 ribu rupiah dan dijadwalkan datang 6x berturut-turut, karena sebelum di tambal, drg. Antonio akan mensterilkan akar gigi. Dia gak akan semena-mena cabut gigi yang rusak tuh, jadi walaupun udah separuh bakalan dioertahankan sama beliau, hanya saja saat beralih ke dokter gigi lain, minta dibongkar pada nyerah gengs, karena bahan dan struktur yang dibuat beda dan unik juga harus dikerjkan sangat hati-hati.

Masalah gigi aku nih awalnya dari makan es teler 77 nih, gak tahu gimana ceritanya tetiba ngilu, buat wudhu waktu kumur-kumur juga ngilu banget. Ternyata gigiku itu emailnya tipis. Tambalan gigiku ada di geraham kanan  dan kiri bawah, serta kanan atas, banyak kan?
Makanya aku sekarang paling kesel kalau udah makan daging, suka nyelip dan susah keluarin sisa makanannya. Kadang sudah disikat pun giginya dengan cara yang menurutku benar, masih saja nyangkut.

Aku pernah sekali bersihin karang gigi, karena awalnya tambalan gigiku yang sakit, ternyata menurut dokter giginya itu disebabkan karang gigiku yang sudah menumpuk di atas gusi. Jadi deh aku membersihkan karang gigi, gigi bawah.  Rasanya saat dilakukan pembersiahan karang gigi ngilu gitu, udahannya juga kalo makan masih sakit jadi deh males makan, hehe.

Parahnya, aku suka lupa sikat gigi sebelum tidur, ini fatal sih karena bisa menyebabkan hal yang lebih parah seperti tambalanku bolong dan lain-lain. Ssekarang sih karena gak mau ngerasain sakit gigi lagi aku rajin setelah makan pasti sikat gigi, cuma berasa belum keset nih giginya, apa harus ganti sikat gigi kali ya?

Oke, kali ini aku mau share beberapa tips untuk mengobati sakit gigi nih, biar ebih enak daripada sakit hati ya, yakin?

1.Kompres pakai Es Batu

Kadang ada yang saking parahnya sakit giginya sampe bengkak nih pipinya. Bengkak pipi bisa di minimalisir menggunakan beberapa bongkahan es batu yang dikompreskan ke pipi supaya tidak bengkak lagi. Bengkak biasanya disebabkan karena adanya peradangan gusi. Kompres dengan air es diharapkan dapat meminimalisir bengkak di pipi.

2. Kumur air Garam
Ini ampuh nih, air garamnya di seduh menggunakan air hangat, kumur2 dibagian yang sakit giginya, kemdian di buang yah, jangan ditelan. Garam menyebabkan kelembapan pada mulut sehingga membunuh bakteri pada gigi. Selain itu garam dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Sebaiknya keluarkan dulu sisa makanan yang tertinggal atau nyelip digigi menggunakan tusuk gigi atau flossing ( alat seperti benang tapi lunak dan aman digunakan di sela-sela gigi).

3. Gunakan Obat-obatan Pereda Nyeri
Kalau saja masih senat senut gunakan beberapa obat pereda nyeri dibawah ini, seperti : Ibuprofen, Naproxen, dekongestan, Benzocaine,dan Paracetamol. Selain itu bisa juga berkumur dengan Hidrogen Peroksida 3 %.

4.Kompres Gigi Dengan Minyak Cengkeh
Minyak Cegkeh mengandung senyawa Eugenol yang dapat membantu meredakan sakit. Caranya teteskan pada kapas kemudian tempelkan di gigi yang sakit atau di gusi. Karena zat tersebut adalah zat alami yang digunakan untuk mematikan saraf sementara. Setelah 5 menit berkumur lah untuk menghilangkan minyak cengkeh dari area mulut kita.

5. Rebus Daun Jambu Biji
Daun jambu biji ini mengandung senyawa antiradang dan analgesik alami. Cara mudahnya rebus daun jambu, campurkan dengan garam kemudian kumur-kumur seperti kumur-kumur menggunakan garam.

6. Gunakan Cuka Apel
Eits jangan langsung dipake berkumur yah, karena bisa menyebabkan email gigi menjadi tipis nih, tapi campurkan 1/2 sdt cuka apel dengan segelas air. tahan di bagian yang sakit 30 detik, kemudian buang.

Untuk lebih lengkapnya dapat di cek di link ini.

Untuk menyikat gigi ternyata ada teknik-tekniknya loh. Kalau sudah mulai aware setelah makan sikat gigi, please jeda dulu 30 menit supaya email giginya tetap aman, dan gak ada karies gigi. Teknik sikat gigi juga ada nih posisikan 45 derajat dari gusi, lalu maju dan mundurkan secara lembut dengan gerakan pendek. Gunakan ujung sikat gigi untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Sikat lidah dengan lenbut untuk menghilangkan bakteri dan menjaga nafas tetap segar. Cek penjelasan lebih detailnya di sini

Setelah menyikat gigi untuk kebersihan dan kesegaran sempurna pada gigi gunakan floss dan mouthwash. Nafas segar, gigipun sehat, jadi pede deh, gak sakit hati, gak sakit gigi juga, jadi enak deh dua-duanya.

Kamu pernah punya pengalaman sakit gigi? Terus apa yang kamu lakukan?


Komentar