Camilan Untuk Bayi

8 Juni 2020 10.50

Hari ini hari ultahnya salah satu geng aku waktu kuliah nih, tapi belum ngucapin, hihi. Tadi waktu lagi scrol-scrol Facebook, lihat postingannya Melanie Heidi temen jalan-jalan sama salah satu travel Organizer Kili-Kili Adventure kalao gak salah namanya. Dia nanya sama netizen makanan camilan bayi apa nih yang cocok, karena beberapa merek biskuit ditolak sama anaknya.

Kupikir sekalian belajar nih, jadi nanti pas dikasih amanah anak sama allah udah tahu kasih camilan apa nih sama anakku nanti. Contoh aku tuh minim sekali soalnya. Adikku udah ada anak, tapi tinggalnya gak deket sama aku, jadi gak bisa setiap hari nanya juga. Terjawablah semua keingin tahuan aku di website ini. Jadi anak bayi ini tuh perkembangannya bertahap, jadi camilan yang dikasih sama dia jangan langsung based on iklan atau kemauan kita aja nih. Pernah waktu Ojil- ponakanku umur 7 bulan gitu aku beliin dia camilan biskuit, di lepeh, yaiyalah, biskuit macam itu ternyata bagus dikasih pas usia dia udah  9 bulanan keatas.

Usia 6 bulan, selain masih minum ASI, bayi mulai dikenalkan dengan makanan selain ASI untuk membantu bayi tidak merasa kaget saat usia 12 bulan alias 1 tahun. Banyak resep beredar di internet untuk makanan pendamping ASI, tapi untuk camilan, gak banyak nih, atau sebenarnya MPASI bisa juga dijadikan camilan untuk bayi. Karena dari namanya camilan, maka artinya adalah makanan selingan yang diberikan diantara makanan utama. Bisa diberikan satu-tiga kali atau tidak ada camilan sama sekali.

Apa yang harus diperhatikan dalam memberikan camilan pada bayi? Perhatikan usianya. Untuk bayi dengan usia 6-8 bulan, camilan yang diberikan sebaiknya lembut dan dilumatkan, seperti tahu, bubur, smoothie. Untuk bayi berusia 9-11 bulan bisa menggunakan camilan finger food, atau yang sudah bertekstir seperti buah-buahan dan sayuran utuh. Buah-buahan seperti stroberi, bluberi, alpukat, yang masih lunak, dan sayuran kukus. Untuk makanan lain bisa dicincang agak kasar. Di usia ini bayi mulai belajar tekstur.  Usia bayi 1 tahun ke atas, menu camilan bisa disamakan dengan orang dewasa.

Harga camilan instan anak-anak tuh gak murah yah, kalau lihat di placemarket, harganya lumayan, tapi kalau bagi orang dewasa rasanya kok gak puguh ya. Ternyata kalau dilihat dalam kandungan camilan-camilan instan itu, MSG nya tidak banyak. Hmmm, bisa jadi kalau anak menolak dikarenakan dia sudah terbiasa makan camilan instan yang mengandung banyak MSG. Anak jadi memiliki kecenderungan memilih rasa seperti makanan yang kuat MSGnya. Jauhkan anak-anak dari minuman yang banyak mengandung kafein dan gula tinggi anak bias mengalami obesitas dan ginjalnya bisa tidak berfungsi dengan baik. Gak mau kan? Jaga asupan makanan anaknya ya moms.

Yang harus dipahami oleh Mos, anak-anak itu terlahir belum tahu semua jenis dan rasa makanan. Saat didalam rahim, walaupun nebeng lumayan lama, tapi inderanya belum berfungsi dengan baik, saat dilahirkan sampai dengan usia 6 bulan, bayi mengecap rasa air susu saja, sesekali air putih, baru di usia 6 bulan bayi diperbolehkan mencicipi beragam makanan, persiapan untuk makan seperti orang dewasa di usia 12 bulan.

Untuk Bayi usia 6-9 bulan, camilan yang disarankan adalah:

1. Bubur Biskuit atau biskuit yang diberikan campuran air. Setidaknya anak paham rasa biskuit itu manis dan sedikit asin, juga gurih.

2. Jus buah atau smoothie, anak mulai belajar rasa asam dan manis.

3. Jus sayuran satu warna, selain belajar rasa anak juga belajar perbedaan warna.

4. Tahu atau tempe atau ikan yang dilumatkan bersama bubur.

Niatkan untuk mengetahui rasa terlebih dahulu di usia 6-9 bulan.

Saat usia bayi beranjak 9-11 bulan, bayi mulai belajar tekstur makanan, keras dan lunak. Berikan jenis seperti saat usia 6 bulan, dalam bentuk utuh atau sudah di rebbus. Hindari memberikan garam berlebih dan minuman yang mengandung kafein.

Usia 12 tahun ke atas anak boleh makan sesuai dengan makanan yang dimakan oleh orang dewasa, tapi tetapmakan-makanan yang sehat ya.

Untuk para Moms yang membaca artikel ini, berbagi dong, kalau di rumah babynya diberi camilan apa dan sekarang bayinya sudah usia berapa bulan?

Selamat Menjalani hari New Normal dengan bahagia, jaga jarak, gunakan maske, sering mencuci tangan dan lakukan pola hidup sehat dan bersih.





Komentar