Pengalaman Anak Rantau Ngekos dan Ngontrak.

25-5-2020/ 03.15 / 2 Syawal 1441H

Alhamdulillah sudah masuk ke bulan Syawal, walaupun sedih karena ditinggal Ramadhan dan berasa gak puas dengan ibadahnya yang di rumah aja, karena gak ada ke mesjid, silaturahmi virtual, tapi insyaallah ini adalah salah satu hal terbaik yang dilakukan saat pandemi, mengurangi penyebaran virus Covid-19. Alhamdulillah juga, karena lokasi rumah kontrakanku masih dekat dengan orangtuaku, jadi kami bisa melaksanakan shalat Idul Fitri berjamaah.

Lebaran kali ini, beda sekali, biasanya tamu berseliweran gak henti, sekarang ponsel yang gak henti video call, zoom , google meet dan beberapa aplikasi lain yang initinya bisa saling menatap satu sama lain, setelah sekian purnama tak bertemu. Sebagai orang yang dulunya biasa merantau, dan sekarang bisa tinggal deket sama orangtua itu, rasanya, bahagia bukan main. Karena kalau laper tinggal ke rumah ibu, hehe, gak ding. Semoga sih aku bisa tinggal deket orangtuaku selamanya dan juga adik-adikku kelak saat suda menikah.

Kalau mau Flashback, aku ini termasuk anak rantau dibandingkan dengan kedua adikku. Setiap tinggal di lokasi baru, alhamdulillah selalu dipertemukan dengan orang-orang yang baik. Sampai-sampai Ibuku bilang kalau aku mau ditaruh dibelahan dunia manapun pasti bertahan hidup dan punya banyak temen. Iya, aku memang seperti itu, alhamdulillah diberi kemudahan beradaptasi dengan banyak orang alias supel.

Sekolah SD dan TKku, belum merantau nih, masih sekolah di Depok dan tinggal bareng sama Bapak dan Ibu. Mulai memasuki SMP, Bpak mendaftarkanku di Pesantren yang ada di garut. Perjalanan sebagai anak rantau di mulai. Sedih awal-awal, aku nangis terus, kangen sama ibu, apalagi pas lagi ngaji, suaraku agak mirip sama ibu. Di pesantren tidurnya sekamar bisa 10-20 orang, kasur kami atas bawah, alhamdulillah ada tempat tidurnya, gak kaya pesantren adikku di Solo yang tidak ada tempat tidurnya. Kasur di Pesantrenku atas dan bawah, kadang aku dapat kasur di atas, kadang di bawah, sesuai pembagian ibu asrama, pasrah.

Di Pesantren semuanya di sediakan, eh, tapi sudah mulai cuci baju sendiri nih. Kalau masalah makanan, ada ruang makan besar tempat kita berkumpul, inget deh, setiap pagi aku tuh sama teman-teman sarapannya caprukdog (Kecap, kerupuk, ndog) itu pasti. Udah gitu, kita harus ngantri gitu sambil bawa piring dan sendok masing-masing, seru. Oh iya dan makan siang kesayangan adalah hari Selasa, dimana menunya selalu sama, sayur Kacang merah dan ikan asin plus kerupuk dan nasi, nikmat.

Mulai di Pesantren ini juga sudah diwajibkan piket pembersihan kamar mandi. Belum bisa pilih lokasi, karena di pesantren semua sudah serba ada nih. Terbiasa berkumpul dengan banyak teman. Ada kejadian seru nih waktu di Pesantren di Garut. Saat itu lagi heboh jurig Pongek berkeliaran arti jurig pongek ( setan gak ada hidung). Nah, ceritanya kan kita suka dengerin radio Ardan setiap malam Jum'at ya. Satu kamar gitu kompak, eh gak lama jurig pongek muncul, korek-korek tempat sampah depan kamar kita, langsung deh semua orang ngerapetin kasur, jadilah malam itu kita tidur umpel-umpelan, hehe.

Usut punya usut, ternyata jurig pongek itu adalah sebutan untuk orang yang punya penyakit kusta, sampai kehilangan hidung, pertanyaannya kenapa bapak-bapak itu bisa masuk ke kawasan putri ya, ah entahlah itu sudah berlalu belasan tahun lalu.

SMA aku kembali sekolah di Depok, tinggal kembali bersama kedua orangtuaku. Saat kuliah tadinya aku tidak berniat merantau, sudah daftar di Gunadarma Depok. Sudah lulus jurusan IT juga. Tapi di saat yang bersaaan aku mendaftarkan diri di SPMB. Aku bertekad jika lolos SPMB, eh dulu jamanku namanya UMPTN, aku bakalan ambil tuh. Jaman dulu aku ikut bimbel Nurul Fikri, yang bisa bikin prediksi akurat, kira-kira aku bisa lulus di universitas mana saja.

Setelah tes, hasil tesku itu bisa masuk ke UNHAS jurusan Kedokteran atau UNSOED Biologi, tapi gebetanku masuk ITB jurusan IT. Jadi aku putuskan untuk mendaftar di ITB untuk jurusan pertama, dan di pilihan kedua aku galau nih. Cari tahu ternyata UNHAS itu jauh di Makassar, untuk kesana harus naik pesawat, duh gak tega deh bebanin orangtuaku dengan biaya pesawatnya, lagipula kedokteran, aku kan orangnya teledor, hehe. Dapat informasi kalau UNSOED ini deket sama rumah mba kakung dari Bapak, dan ada sepupu yang kuliah di jurusan sama. Langsung deh tanya-tanya lengkap sampai biaya kuliahnya,  tapi aku luput dengan biaya kos-kosannya.

Dengan semangat, aku buat di selembar  karton  besar perbandingan kuliah di Gunadarma dan di UNSOED. HAsilnya lebih banyak biaya kuliah di Gunadarma, tapi kalau dihitung ulang dengan biaya kosan dan pulang pergi Bapak sama Ibu ke UNSOED jatuhnya jadi sama, hehe. Hari kedua setelah menyerahkan rincian perhitungan Bapak ajak aku untuk cari kosan, wah bahagia dong.

Mulai deh milih-milih lokasi kos yang aku sreg. Pertama yang aku lihat saat memilih tempat tinggal adalah kamar mandinya. Baru setelah itu bentuk kamar , ibu kos dan lokasinya. Kalau pas lihat kamar mandinya aku udah gak sreg, aku gak lanjut lihat-lihat lokasinya. Ada 5 kosan dan pilihanku jatuh di kosan BU Masngad pinggir jalan, jualan warteg juga.Selama di Purwokerto aku ganti kosan cuma dua kali nih alhamdulillah.

Kosan di Purwokerto tuh murah-murah , kisaran 100 ribu sebulan, tapi itu dulu ya, tahun 2001. Tapi gitu deh, kamar mandinya rame-rame. Ada sih kamar yang kamar mandinya di dalem kaya hotel ada ACnya juga, tapi waktu itu pikirnya kan gak mau repotin orangtua jadi carinya yang murah aja. Di Kosan BU Masngad sampe akhir tahun kedua nih, kalau gak salah. Gegara ada temen kosku yang bikin ulah, nyolong dan pacarannya udah malesin, pulangnya sampe larut banget. Ternyata setelah tahu temen kos ku ini klepto. Ibu Kos berdiskusi dengan kita dengan alasan mau bangun kosannya, jadi kita diminta untuk cari kosan baru. Padahal sebenarnya kita di usir secara halus, Ibu kos sempat bilang sama aku supaya kembali ngekos disini setelah dibangun, tapi aku kadung betah di kosan baru. Di kosan BU Masngad ini seru sebenernya udah kaya orangtua sendiri, kalau Ramadhan pasti kita di bangunin, sahur bareng di warungnya, walaupun bayar sih, tapi gak usah repot cari-cari makanan lagi kan. Terus shalat taraweh berjamaah Islami banget, makanya pas ada yang aneh-aneh gitu, pacaran dan nyolong, mending dibubarin deh, gitu kali yah pikir Bu Masngad.

Proses pencarian kos selanjutnya gak mudah nih, ada kamar kos yang udah sreg, eh aku malah kesetrum pas nyalain lampu kamar, kebayang kan kalau jadi ngekos disitu, duh, bisa mati kesetrum deh. Alhamdulillah Mba Arum, salah satu temen kos di Bu Masngad, sudah menemukan kosan baru, letaknya dekat perbatasan jalan menuju Purbalingga. Kosan yang ini isinya lebih banyak dan anak-anaknya beragam, Ibu kosnya ada dirumah terpisah masih dalam satu lingkup, tapi gak terlalu ngurusin ita gitu, cuma sesekali ngecek, disini pacaran bebas, sampe masuk kamar juga ada. Ibu kosnya gampang di sogok gitu. Tempatnya juga cenderung horor, pernah ada kejadian yang gimana-gimana gitu dan belakangnya kebun. Selama ngekos disitu, aku sempet lihat ular dua kali di kamar mandi. Isi penghuninya lumayan banyak nih ada 20 orang kurang lebih. Kenapa ya akhirnya aku disini? Karena ada Mba Arum deh kayanya, aku percaya kalau sama Mba Arum akan selalu deket kebaikan, halah.

YAng lucunya kamar kos kita itu tetanggaan sama kamar tetangga, jadi kalau kita lagi pengen seseruan gak bisa sampe malem banget bakalan dilempar batu, hahah. Pernah waktu lagi liga dunia, kita nonton bareng di ruang TV, semuanya pada bawa bantal masing-masing supaya nutupin mulut pas teriak Gooooooollll, hahaha, seru sih di kosan ini. Banyak anak Jakarta dan seru ada penggojlogannya untuk anak baru, alhamdulillah sih aku gak termasuk di gojlog nih, malah ngegojlog, hehe. Sempet dapet kerjaan jadi penyiar juga nih. Lokasi stasiun radionya persis di depan kosan, jadi deh sering kebagian buka stasiun radio, alias siaran pagi, hehe.

Panjang yah nostalgianya. Lulus kuliah, kerja aku balik lagi nih tinggal sama Ibu dan Bapak, dapet pekerjaan sebagai guru di sekolah yang ada di Depok, setelah 5 tahun bekerja disana aku pindah ke sekolah yang ada di Jakarta Selatan, masih bolak-balik tuh ke ruah Ibu dan Bapak sampai akhirnya dapet mess, tapi seringan pulangnya sih.

Setelah menikah aku ikut suamiku ke Bandung. Kami mulai tinggal di kontrakan nih sampe sekarang. Sempet nih kami memutuskan untuk menyewa apartemen, tapi apartemen di Bandung gak sebagus Apartemen di Jakarta Barat. Di Bandung Apartemen yang deket suami kerja rata-rata belum lengkap furniturenya dan pilihannya gak banyak, kami memutuskan menyewa kosan di daerah DAgo. Awalnya kontrakannya gak banget di lantai dua, suamiku menyewa dua kamar, karena dia tinggal bersama 5 kucingnya, woh, selama 6 bulan itu aku merasa sangat tersiksa. Karena aku gak suka kucing. Alhamdulillah ada jalan tengah nih. Suamiku menyerahkan kucing-kucingnya untuk di adopsi, dan aku mulai cari kosan baru, yang sreg buat aku, bayangin di kosan ini gak ada wastafel, kegiatan mencuci semuanya di kamar mandi, pun mencuci piring, bukan style aku banget nih. Saat suamiku kerja ke kantor, aku keliling cari kosan yang aku sreg.

Alhamdulilllah ketemu deket pinggir jalan nih, semi apartemen gitu, kamar mandi dalam, ada wastafel, ada tempat buat masaknya, ada ventilasi cukup. Aku cukup suka tinggal disitu. Awalnya Ibu kosnya menolak kami nih, karena yang ngekos masih ada beberapa bulan gitu, tapi aku kekeuh minta nomer telepon ibu kos supaya diibungi kalau yang punya kamar kos berubah pikiran, alhamdulillah yang kos dikamarku ini dapat kerjaan di Jakarta, jadi kamar ini bisa digunakan. Alhamdulillah.

Kurang lebh 1,5 tahun di kosan ini,suami ke tempat kerjanya juga kepelset nyampe, paling lama 15 menit. Temen kantor suamiku menawarkan tinggal di kontrakan yang sekarang ditempati, karena baru saja beli rumah baru. Semangat banget nih suamiku. Karena akan membawa serta mamanya tinggal. Kebetulan rumah kontrakannya ada dua kamar. Dua tahun tinggal disana, sudah jadi anggota grup perumahan, banyak hal di lalui, alhamdulillah suamiku dapat pekerjaan dekat rumah orangtuaku, dapet deh kontrakan yang murah nih setahunnya 13,5 juta. Bisa dicicil lagi bayarnya, walaupun bentuk rumahnya beda dengan di bandung, tapi ada pintu dua, depan dan belakang seperti rumah Bapak dan Ibu yang dulu. Kepindahanku ke Depok berbarengan dengan kepindahan Bapak dan Ibu ke rumah Bru di Pancoran Mas Permai  Depok nih.

Tinggal merantau itu serunya adalah jadi punya banyak teman yang tinggal di berbagai wilayah. Karena pernah merasakan susah bareng biasanya lebih akrab, dan saat akan berkunjung ke lokasi tempat tinggal teman se kos biasanya akan lebih mudah nih, seperti wqktu itu aku pernah ke Wonosobo, tempatnya Anyun, lumayan dapet penginapan gratis di rumahnya. Jadi kalau mau pergi keluar kota, minimal ada yang nemenin jalan-jalan atau kasih penginapan dan oleh-oleh gratis, hehe.

Seru kan ngekos, mau kasih tahu nih, buat para perempuan yah, ada kosan bagus di daerah Jakarta Barat, cek deh di kost Jakarta Barat. Sekarang kan udah era New Normal ya? KAli aja udah pada mulai kerja atau keterima kerja lagi nih, daerahnya jauh dari rumah, cari kosan aja.

Tips cari kosan ala aku:

1. Lihat deh kebersihan kamar mandinya, karena bakalan bertahun-tahun tinggal disitu, kalu gak banget iyuh.

2. Cek Fasilitasnya, worth it gak sama harga yang ditawarkan.

3. Lokasinya deket sama kantor dan cari makanan gak? Kecuali memang kamu suka masak,

4. Perhatikan aturan kosannya sesuai sama kamu atau gak?

5. Perhatikan teman-temannya, kalau kosannya biasa dipakai untuk hal-hal yang negatif, banyak yang merokok, minuman keras, ngobat atau masukin pacar ke kamar, mendingan pindah deh.

Lumayan nih tipsnya, kalau dijalanin, bisa dapet bonus temen yang kasih gratisan penginapan, jadi guide dan gratis oleh-oleh pas keluar kota, hehe.

KAmu pernah jadi anak ranta yang Ngekos atau Ngontrak? ada pengalaman seru apa? ceritain di komen ya :).




Komentar