Ketahui Niche Blog Melalui Stiffin

20 November 2019 10.45

Bareng member Kumpulan Emak Blogger

Pernah gak ngerasa bingung mau punya niche blog kaya apa? Paling kalau udah bingung biasanya bilang aja Life style Blogger,iya gak? Toss lah sama,aku juga gitu. Tapi setelah ikutan acara Blogger Gathering di SMKN 57 Senin, 18 November 2019 kemarin,aku mulai memahami diriku dan mengetahui niche yang cocok untukku.

Sempet norak karena gak tahu Ragoon itu dimana. Ragoon tempat acara diadakan ternyata ada di dalam SMKN 57,duh kurang banyak main nih. Atau sebenernya udah pernah tapi lupa. Gitu deh aku mah,kalau sesuatu itu gak berhubungan sama perasaan pasti aku jadi gak inget. Langsung tuh awalnya nebak2 kalo aku termasuk orang yang mwmiliki mesin kecerdasan Feeling. Sotoy.

Dijalan ketemu sama mba Hanni,lega deh gak bakalan nyasar,driver ojolnya ku minta untuk ngikutin mba Hanni. Hahaha,masalah arah tuh aku mah suka gitu,makanya kadang suka engkel-engkelan sama suami,tapi udahannya ngekek,karena biasa aku suka salah kasih arah,harusnya belok kanan bilangnya belok kiri,ngeselin kan yak.

Pas masuk ketemu Mba Irena,Mba Fika,Grandys,Afril,Mba Elisa,Mpok Ratna dan banyak lagi yang lainnya. Beberapa blogger ini aku ingat karena beberapa kali ikut event yang sama dan beberapa kali membaca postingan blog mereka. Seru kalo udah ketemu,semua hal bisa jadi bahasan sersan (serius santai) yang bermakna. Baru kenalan sama Mba Ida yang duduk semeja. Yang lainnya aku kenal tapi belum hafal nama2nya,maafkan ya. Next time aku akan berusaha menghafalkan nama2nya.

Sebelum acara dimulai,ada sajian sehat nih dari acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Stiffin Depok dan Kumpulan Emak Blogger. Ada buah naga,mangga dan pisang yang diberi chia seed,infuse water,kacang arab dan kurma.

Ibu Dhey Shanti sebagai pemilik Stiffin Depok sangat menjunjung nilai agama,sehingga sajian yang diberikan mengikuti Jurus Sehat Rasulullah. Gak ada kopi atau teh pagi hari. Dan kudapan kacang arab serta kurma dan buah2an tadi,sehat sekali. Ibu Dhey juga menekankan di awal acara untuk mengingatkan jika sudah adzan zuhur akan berhenti dulu untuk shalat kemudian dilanjutkan.

Setelah asyik melahap snack,mulai deh antri untuk mencari tahu siapa aku,melalui garis tanganku,hehe. Kami antri di depan alat kecil berwarna hijau untuk di analisis oleh mesin. Semua ujung jari kita ditempelkan disana dan setelah lengkap 10 jari,voila keluar lah hasilnya. Tahun 2011 sudah pernah  tes Stiffin  kali aja setelah 8 tahun berubah,ternyata sama dong gak ada perubahan sedikit pun.

Alat tesnya cuma sekecil itu. Semua jari di tempelkan ke alat tersebut,kemudian alatnya akan mendeteksi mesin kecerdasan kita.
Jadi ternyata tes Stiffin nih bukan tes genetik atau tes psikotes. Tapi ini tes fenotip gabungan tes genetika dan tes psikotes,diulang beberapa kalipun hasilnya akan sama. Sebab sidik jari kan gak akan berubah,setiap orang juga sidik jarinya gak sama,orang kembar sekalipun. Bahkan suami dan istri ataupun anak pasti beda sidik jarinya.

Dari tes ini bisa banyak yang dipetakan nih, seperti Finansial,Suri Rumah,Couple,Human Resources,Jomblo,Proffesion,Health,
Spiritual,Anak Berkebutuhan Khusus,Leadership,Politik ,Teaching,Learning,Parenting,Bisnis. Banyak sekali yang dipetakan dari tes Stiffin ini,selain itu hasil tes Siffin bisa juga digunakan untuk memetakan mode/lifestyle,desain,interior rumah,branding,cara menghafal Al-Qur'an,cara membangun karakter,menulis buku,public speaking, properti dan lain-lain.

Selain yang disebutkan di atas,acara Blogger Gathering tanggal 18 November 2019 membantu blogger untuk mengetahui nichenya melalui tes Stiffin. 

Sebelum dikasih bocoran niche blogger sesuai dengan mesin kecerdasannyabersama Mba Mira Sahid. Bu Dhey menjelaskan secara detil perbedaan mesin kecerdasan yang ada. Ku coba tulis secara holistik ya.

Mesin Kecerdasan Manusia itu ada 5:

1. SENSING

Bagian kecerdasan otaknya ada di limbik kiri. Semua hal akan dikaitkan dengan uang bagi pemilik mesin kecerdasan Sensing. Buat orang2 yang memiliki kecerdasan Sensing,dalam perjanjian kerja harus jelas terlebih dahulu biaya yang akan di bayarkan. Dalam mengerjakan tugas biasanya orang Sensing akan mencontoh tulisan orang Feeling atau Intuitive,menambahkan menjadi karya baru.

Dalam membuat karya,orang2 dengan mesin kecerdasan Sensing membutuhkan panutan yang bisa ditiru. Mereka konkrit dan praktis. Baterenya gak pernah habis,beda dengan orang Intuitive yang mudah lelah. Orang dengan mesin kecerdasan ini seperti tak pernah habis tenaganya. Tapi dalam mengejar target dan mewujudkan impian orang2 yang memiliki kecerdasan mesin yang satu ini juaranya.

Untuk anak2 yang terlampau aktif dan memiliki mesin kecerdasan Sensing bisa di ajak bermain dulu atau kegiatan yang menghabiskan energinya baru mulai belajar.

Nah untuk hal yang berhubungan dengan penulisan orang yang memiliki mesin kecerdasan ini diarahkan untuk menuliskan tentang non fiksi,jurnalis,dan biografi.


A. SENSING  INTROVERT

Gambar diambil dari bagian boardgame pancarona
B. SENSING EKSTROVERT

Gambar diambil dari boardgame Pancarona

2. FEELING

Orang yang memiliki mesin kecerdasan Feeling menggunakan perasaannya untuk memahami diri dan orang 2 di sekitarnya. Pandai memahami perasaan orang lain. Memiliki persahabatan sejati dan selalu menyentuh hati lawan bicaranya. Gaya bahasanya selalu tentang cinta. Agak sulit memafkan jika sudah tersakiti,tapi termasuk sahabat dan pendengar yang baik nih,orang 2 dengan mesin kecerdasan feeling. Dalam menulis mereka biasanya menggunakan bahasa story telling yang menyentuh.  Terkadang telihat sedikit lebay,tapi begitulah caranya mengapresiasikan perasaannya.

Nah untuk hal yang berhubungan dengan penulisan orang yang memiliki mesin kecerdasan ini diarahkan untuk menuliskan tentang gosip,story telling dan biografi.

A.FEELING INTROVERT

Gambar diambil dari kartu boardgame pancarona

B. FEELING EKSTROVERT
Gambar diambil dari kartubdinboardgame pancarona

3. THINKING
Orang2 dengan mesin kecerdasan ini menggunakan logikanya 80% dibanding perasaannya. Kebalikan dengan orang2 yang memiliki mesin kecerdasannya  Feeling.  Mereka biasanya menjadi konseptor dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam memutuskan suatu hal. Kurang cocok kalau ketemu orang  yang mempunyai mesin kecerdasanFeeling,karena  pola pikir mereka berbeda 100 persen. Dalam menulis,orang dengan kecerdasan Thinking sangat menggunakan data. Mereka bisa menulis dengan detil semua informasi yang ada. Dapat mengatur keuangan dan segala-galanya dengan baik. Untuk orang yang meiliki kecerdasan Thinking merasa sia2 untuk meluapkan emosinya berlebihan. Kalau buat orang feeling move on dari mantan butuh bertahun2 orang2 dengan mesin kecerdasan Thinking hanya butuh waktu 1 minggu. Mereka sangat menyukai tantangan dan merasa puas jika bisa menyelesaikan  permasalahannya.

Nah untuk hal yang berhubungan dengan penulisan orang yang memiliki mesin kecerdasan ini diarahkan untuk menuliskan tentang sesuatu yang ilmiah dan berdasarkan data.


A.THINKING INTROVERT
Gambar diambil dari boardgam pancarona
B.THINKING EKSROVERT
Gambar diambil dari pancarona board game

4. INTUITING
Orang2 dengan mesin kecerdasan ini menggunakan keahlian kata-kata dan imajinasinya untuk berkarya. Mereka memiliki imajinasi tinggi.

Nah untuk hal yang berhubungan dengan penulisan orang yang memiliki mesin kecerdasan ini diarahkan untuk menuliskan tentang  fiksi,novel,dan sastra.


A. INTUITING INTROVERT

B. INTUITING EKSTROVERT



5. INSTING
Orang dengan mesin kecerdasan Insting memiliki segalanya. Orang yang memiliki mesin kecerdasan ini tuh seperti malaikat,sngat baik hati,tapi jika sudah tersakiti,agak lama lupanya. Aku termasuk yang Insting nih. Dulu aku suka mikir kenapa ya,apapun yang berhubungan sama perasaanku aku akan lebih mudah mengingatnya,dan aku tuh merasa bisa melakukan apapun,mudah beradaptasi tapi selalu bingung mau jadi apa,mau mulai datimana. Terapi yang kulakukan akhirnya aku menuliskan what to do,tapi jeleknya kalau list nomer 1 belum selesai aku gak akan beranjak ke list nomer 2. Gak fleksibel ya.

Tapi untuk yang memiliki mesin kecerdasan Insting,sebaiknya berteman dengan Sensing,karena akan diarahkan ke yang lebih baik. Orang dengan kecerdasan Instung mudah terpengaruh,sehingga harus bisa memilah mana teman yang baik dan kurang baik. Jiwa menolong nya sangat tinggi. Pada otaknya tidak ada lapisan pemisah otak kanan dan kiri,sehingga terkadang dia bisa menjadi cenayang,karena nalurinya sangat kuat. Temannya banyak tapi gak ada yang ajeg kaya Feeling. Dalam berteman dia sangat loyal,tapi tidak begitu dengan teman2nya. Kalau kasih oleh2 orang dengan mesin kecerdasan ini swmua harus kebagian,harus bahagia,sementara kebahagiaan dirinya nomer sekian. Hehe.

Gambar diambil dari kartu boardgame pancarona

Nah untuk hal yang berhubungan dengan penulisan,orang yang memiliki mesin kecerdasan ini diarahkan untuk menuliskan tentang hikmah,tips,Kiat2,life hack,Resep dan Menu.

Beda Introvert dan Ekstrovert adalah terletak pada diri sendiri dan pengaruh orang lain. Jika mesin kecerdasaanmu salah satu dari keempat mesin kecerdasan selain insting yang di embel-embeli dengan ekstrovert dan introvert bedanya adalah jika introvert setiap apa yang dikerjakan berdasarkan dari dorongan atau kemauan diri sendiri,sedangkan untuk yang ekstrovert harus ada dukungan dari orang lain baru bisa maju.

Sudah sesuai belum gaya penulisan kamu dengan mesin kecerdasan yang dimiliki? Eh belum ya,kan belum tes Stiffin. Kalau mau tes Stiffin bisa hubungi :

Ibu Dhey
081511371446
YouTube channel STIFIn Studio Inc
http://stifinloyalis.com/
Instagram @stifinstudio dan @stifindepok

Kalau berminat jadi promotor yang memberi pelatihan swpwrti Bu Dhey juga bisa nih,hubungi nomor diatas ya buat tanya2.

Yang minat jadi promotor bisa ikutan acaranya nih.
Gak harus datang  ke Depok guys karena Ibu Dhey bisa dateng ke tempat kamu. Biayanya sekitar 350 ribu rupiah.

Boardgame Pancarona. Ada lebih dari 5 permainan edukasi berkaitan dengan stiffin.
Selain itu ada boardgame Pancarona yang bisa digunakan anak-anak atau bermain dengan selurih anggota keluarga. Ada banyak macam cara permainan salah satunya yang aku dan teman2 yang semeja denganku lakukan. Kartu yang berisi penjelasan semua mesin kecerdasan di kocok. 6 kartu diletakkan di samping kanan dan kiri papan permainan ,masing2 3 buah.

Ka-ki: Mba Ida,Aku,Teh hanni dan Bun Elis 
Pemain melakukan hompimpa,setelah di dapat pemain pertama,maka pemain terakhir  berhak menaruh pion(berbentuk orang) di kotak yang dia inginkan. Pemain pertama mulai mengocok dua dadu. Setelah keluar angkanya, pemain pertama bisa menjalankan pion ke arah kanan atau kiri. Jika pion berada di kotak yang ada tulisan sesuai dengan kartu yang terbuka di bagian kanan dan kiri papan bermain, itu menjadi milik pemain yang pionnya berada di kotak yang tulisannya sesuai dengan kartunya bisa 1 ,2 kartu atau lebih. Begitu seterusnya sampai habis kartunya. Pemain yang mendapatkan kartu paling banyak,dialah pemenangnya. Seru kan.

Lihat kan ada tanda panahnya? Nah itu berarti saling bisa menaklukan,atau kalau bersinergi akan baik. Contoh : Orang Sensing dapat bekerjasama dengan baik dengan orang Insting.


Yang serunya lagi dengan Stiffin,kita gak jadi baperan karena sudah tahu gaya teman2 kita,selain itu kita jadi tahu bagaimana harus bersikap pada teman ataupun pada pasangan hidup kita. Kita juga bisa mengarahkan bakat anak kita nih,kalau sudah tahu hasil tes Stiffinnya.


Komentar

  1. Hai mbak, apa kabar nih? Oalaaaa baru ngeh kalo ternyata kita barengan Tes STIFIn yaaa wkwkwkwk... Cie2 yang Intuiting.. 😍 Kreatif pisan otangnya nih. Kalau aku Sensing introvert hihihi. Seru banget ya kita ada permainan kartunya ala board game gitu. Btw, senang ya kita bisa tau potensj diri dan masih bisa menggali bakat terpendam dengan tes ini 😊

    BalasHapus
  2. Menarik banget Stiffin ini, kayak MBTI ya, Mbak. Tapi, ada game serunya. Kayaknya emg kebutuhan utk mengenali personality diri ini penting, spy hidup makin produktif dan nggak salah arah :)

    BalasHapus
  3. Setelah ikut tes STIFIn bisa langsung tau niche blog kita cocok apa, ya? Rp350 ribu itu hitungan per orang, kan? Kira-kira ada minimal orang yang ikutan gak supaya bis aikutan? Saya banyak nanya karena penasaran hehehe

    BalasHapus
  4. Baru tahu bisa buat menentukan niche blog, taunya cuma buat menentukan potensi anak2. Mksh bgt infonya mb.

    BalasHapus
  5. Wau seru ya mbak, jadi pingin ikut tes Stiffin biar tau niche blog, selama ini taunya niche gado2 wkwk

    Kayaknya saya cocoknya di mesin kecerdasan Feeling, trimakasih penjelasanya mbak jadi lebih bisa memahami diri sendiri :)

    BalasHapus
  6. Wow... saya tipikal feeling Ekstrovert sepertinya tapi yang introvert juga ada sedikit.

    BalasHapus
  7. aku dong feeling introvert... orang yang berpengaruh gitu deh hahaha

    BalasHapus
  8. Asyik nih bisa hadir dalam acara gathering blogger dan bertemu blogger lainnya. Apalagi acaranya juga seru ya, karena ada tes stiffin-nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Insyaallah saya akan berkunjung balik. Silahkan berkomentar dengan sopan, dan berbagi tips untuk sesama pembaca.