Senang dan Bahagia itu Beda

4 Oktober 2019 09.20

Lactogrow susu untuk usia 1 tahun ke atas dengan rasa plain, vanila dan madu
Tanggal 25 September kemarin, Lactogrow mengadakan workshop "Grow Happy Parenting' di Pand'Or Jakarta Selatan. Perjalanan menuju kesananya lumayan seru nih. Kata temanku turunnya di stasiun Duren Kalibata, kata Bapakku stasiun Sudirman, kata Driver Ojolnya turun di Stasiun Cawang, duh akhirnya waktu berangkat lihat peta ternyata lebih dekat dari stasiun Sudirman, bismillah ke stasiun Sudirman, qodarullah sinyal ponselku eror, tapi alhmadulillah akhirnya sampai juga walaupun agak sedikit telat.

Mewah sekali restorannya. harus di pencet dulu tombolnya baru bisa terbuka, waaktu masuk, lihat restorannya langsung berada di era 80-an. Sebenarnya aku sering ke daerah ini kalau cek program hamil di Sammarie Health and family, tapi kalau kesana kan dianterin sama suami naik motor, hehe.
Tiba di lantai 2 , acara sudah mulai. Tema workshop kali ini adalah Happy From The Inside Out. Brand Executive Nestle Lactogrow Pramudita Sarastri mengatakan , " Setelah setahun lalu kita bersama-sama memahami pentingnya kebahagiann keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak, tahun ini, Nestle Lactogrow mengajak orangtua untuk mendukung anak tumbuh bahagia dengan mengejar rangkain workshop " Grow Happy Parenting : Happy From The Inside Out" di delapan kota Indonesia. Tema ini dipilih karena Nestle percaya, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak.

Dokter cantik ini sudah doktor loh. Penampilannya elegan, brilian juga, keren.
Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, salah satu langkah  yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pencernaannya dalam kondisi sehat. Dokter spesialis anak Dr.dr.Ariani Dewi Widodo,Sp.A(K) mengatakan kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Karena usus berkembang sesuai dengan pertumbuhan usianya, sehingga makanan yang diberikan pun harus disesuaikan. Oleh karena itu penting bagi orangtua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik, Lactobacillus reuteri yang merupakan salah satu jenis bakteri yang teruji klinisaman dan beranfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang di fermentasi seperti tempe, yogurt, kimchi, kombucha dan kefir.

Menggunakan wenti meter dokternya menjelaskan alasan anak-anak bahkan orang dewasa membutuhkan probiotik
Kenapa harus probiotik?
Karena probiotik adalah makanan yang dapat membantu anak-anak dan orang dewasa memperbaiki sistem pencernaan makanannya. Berikut manfaat probiotik untuk sistem pencernaan.

1. Pemberian probiotik dapat mengurangi diare akut. Jangka waktu diarenya jadi lebih cepat.
2. Pemberian probiotik dapat mengurangi konstipasi, sehingga BAB lebih teratur.
3. Pemberian Probiotik dapat mengurangi kolik sehingga dapat buang angin, jika ada gas berlebih.
4. Pemberian probiotik dapat menambah kecerdasan , karena dapat membentuk vitamin B12 yang berfungsi untuk pembentukan otak dan sel darah merah, juga membantu pembentukan vitamin K
5. Pemberian probiotik bisa menambahkan mood, jadi kalau lagi gak enak hati, perbanyak minum probiotik, jadi happy lagi deh.

Psikolog yang satu ini selain seorang psikolog dia juga instruktur Yoga, jadwalnya padat banget.
Selain asupan nutrisi yang harus diperhatikan adalah kematangan emosi anak. Psikolog Elizabeth Santosa M. Psi, Psi, SFP,ACC mengatakan, " Kematanga emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif, misalnya dengan menhgajarkan kebiasaan bersyukur. Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi danlebih bahagia. Orangtua juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak, misalnya berolahraga bersama, karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologi dan fisik.

Orangtua adalah garda terdepan yang menentukan kebahagiaan seorang anak. Pola asuh dan pola makan adalah penagturan orang tua. Anak yang bahagia adalah anak yang terlibat, atau dilibatkan dalam segala aktifitas yag terjadi di dalam rumah, anak diajak untuk mengeksplorasi jawaban dari suatu permasalahan, tidak hanya dicekoki.

Psikolog Elizabeth memberikan tips agar anak bahagia:

1. Makan-makanan yang bergizi tepat waktu. Buatkan Bento, di Jepang para wanitanya membuat Bento bukan sekedar untuk gaya-gayaan saja, tapi sebagai bentuk rasa sayang dan penghargaan terhadap anak dan suami.

2. Waktu bermain dan eksplorasi, ajak anak untuk berpikir solusi dalam menyelesikan permasalahan , jangan langsung dikasih tahu, maka kelak jika anak mengalami hal serupa dia sudah tahu cara menghadapinya.

3. Ekspresi emosi postitif. Tersenyumlah, maka anakmu akan tersenyum. Jika ibunya jutek, maka anaknya akan sama, jika ibunya ramah, maka anaknya pun seperti itu.

4. Cukupi waktu tidurnya. Untuk anak 6-8 jam, bila kurang maka anak akan mudah marah atau uring-uringan.

5. Berikan Cinta tanpa syarat. Buat mereka merasa bahwa dirinya spesial. Berikan waktu khusus untuk tiap anak, sehingga tidak merasakan kecemburuan sosial.

6. Antusias saat mendengar atau Active Listening. Saat anak bercerita pandang dia, jangan sambi dengan kegiatan lain. Dengarkan dengan seksama keluhannya dan ajak dia untuk mencari solusinya bersama-sama.

Senang dan bahagia itu berbeda. Senang bisa terjadi sewaktu-waktu dan mudah berubah, detik ini senang , detik berikutnya sedih, detik berikutnya marah. Bahagia tidak seperti itu, bahagia adalah emosi yang stabil.

Emosi positif itu bisa dihadirkan. Tanyakan kebahagiaan anak/suami dalam 7 hari. Jika anak/ suami tidak tahu caranya, contohkan dengan kalimat " Hari ini aku bahagia, karena....." maka mereka akan mulai bercerita, lakukan ini dengan rutin, maka akan menyadari betapa banyak kebahagiaan yang kita dapati.

Setelah ilmu tentang perkembangan usus anak oleh dr. Anisa dibahas beserta cara membuat sistem pencernaan anak menjadi sehat sebagai pendukung emosi anak yang baik, juga cara menanggapi emosi anak bersama psikolog, kami di tantang untuk membuat menu sehat bagi anak.

Menu makanan buatan grupku nih, bareng melinda, mardiyah dan satu orang dari media. Dan gak menang, yang menang yang bikin bento, hehe.
Setelah acara selesai saatnya sesi foto bersama, oh iya banyak yang pulang bawa hadiah nih, karena bisa menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat. Senangnya dapat ilmu, pulang bawa hadiah juga.
Foto pemenang Bento Play dough


Nestle Lactogrow merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yang mengandung Lactobacillus reuteri, Omega 6, Omega 3, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral yang terdiri dari varian Plain, vanilla dan madu, Diforulasikan secara khusus oleh para ahli Nestle Research Centre, Switzerland, membantu tumbuh kembang si kecil yang bahagia.Grow Happy.

Nestle indonesia adalah anak perusahaan Nestle S>A, produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan. Nestle telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 189 negara dengan lebih dari 200 merek yang seluruhnya memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan kualitas hidupdan berkontribusi untuk masadepan yang lebih sehat.

Neste Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3,700 karyawan. Nestle Indonesia memiliki tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW ,MILO, NESCAFE, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEARBRAND , dll.  Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Debora Tjandrakusuma
Direktur
PT Nestle Indonesia
Tel: +622178836000; Fax:+62 21 78836001
Email : nestle.indonesia@id.nestle.com

Yuk, ajak anak mengenali emosi, bantu anak memiliki emosi yang baik dengan memberikan asupan gizi seimbang, cukup tidur dan libatkan anak dalam memutuskan banyak hal.



Komentar